«

»

May 30 2012

Tips Mempersiapkan Kehamilan Yang Sehat

hamil sehat, tips hamil sehatSetiap wanita pasti mendambakan kehamilan yang sehat. Waktu yang tepat dalam menyiapkan tubuh anda untuk hamil dengan sebaik-baiknya adalah jauh sebelum anda memutuskan untuk hamil. Beberapa petunjuk dibawah ini dapat membantu anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat:

Persiapan hamil sehat sebelum pernikahan

Memeriksakan kesehatan sebelum pernikahan perlu dilakukan. Sebelum anda hamil, lakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mengetahui faktor Rh dan kekebalan terhadap rubella. Jika hasil tes anda negatif, mungkin anda dapat langsung diimunisasi dan kemudian lakukan pencegahan kehamilan selama minimal 3 bulan.

Jika anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), epilepsi, penyakit jantung, anemia atau penyakit keturunan lainnya, berkonsultasilah dengan dokter sebelum hamil.

Makan makanan yang bergizi dan kaya dengan nutrisi yang berguna untuk ibu hamil. Jaga berat badan yang sehat. Mulailah berolah raga sekarang supaya dapat melanjutkan olah raga dalam jumlah sedang selama masa kehamilan. Jangan merokok dan minum alkohol, serta hindari mengkonsumsi obat-obatan apapun kecuali atas sepengetahuan dokter.

Jika ada kemungkinan pasangan atau anda sendiri menderita penyakit kelamin, lakukan tes sebelum hamil.

Kondisi kehamilan yang sehat setelah pembuahan

Setelah terjadi pembuahan, tubuh ibu mulai mengalami perubahan-perubahan dramatis sebagai hasil dari kombinasi hormon yang kuat. Sebagian wanita sangat sensitif terhadap perubahan hormon dalam tubuhnya dan akan mengalami gejala kehamilan lebih dini.

Pada beberapa minggu pertama kehamilan, terjadi pembentukan organ-organ tubuh yang utama, sehingga penting bagi seorang wanita untuk mengetahui bahwa ia positif hamil dengan sedini mungkin. Waktu yang paling tepat bertemu dokter untuk memastikan kehamilan anda adalah 14 hari setelah terlambat menstruasi.

Mengetahui kepastian kehamilan dengan lebih dini sangat menguntungkan untuk kesehatan kehamilan anda. Beberapa keuntungan jika anda mengetahui kepastian hamil lebih dini :

  1. Jika anda ingat tanggal menstruasi anda yang terakhir, maka akan memudahkan dokter untuk memperkirakan tanggal kelahiran bayi anda.
  2. Jika tanggal tidak cocok dengan pemeriksaan fisik, sebab-sebab kelainan akan dapat diantisipasi dan dipecahkan.
  3. Jika ada masalah dapat dideteksi secara dini dan diatasi sebelum kehamilan lebih lanjut.
  4. Jika anda tahu anda hamil, maka hal ini dapat membantu anda menghindari medikasi yang dapat membahayakan janin anda, begitu pula dengan infeksi dan radiasi.

Kehamilan dibagi menjadi 3 trimester. Pada masing-masing trimester terjadi perubahan fisik maupun emosi pada diri ibu hamil. Berikut beberapa perubahan fisik dan emosi yang patut diketahui seorang ibu hamil :

Kehamilan Trimester 1

-        Perubahan fisik

Mual pada pagi hari, merasa lelah dan ingin tidur terus menerus, timbul vena tipis di permukaan kulit, payudara mulai membesar dan daerah di sekitar puting susu mulai berwarna gelap, dan sering buang air kecil karena perubahan hormon dan bertambah besarnya janin yang menekan kandung kemih.

-        Perubahan emosi

Penurunan libido, perubahan emosi / suasana hati, khawatir dan cemas bentuk tubuh akan berubah dan tidak menarik lagi.

Kehamilan Trimester 2

-        Perubahan fisik

Nafsu makan meningkat dan merasa lebih berenergi, payudara bertambah besar dan nyeri berkurang, perut bagian bawah semakin besar, bayi kadang terasa bergerak, denyut jantung meningkat, kaki dan tumit membengkak, perut terasa gatal karena kulit mulai meregang, timbul tanda bergaris pada perut, sakit pinggang dan kadang ambeien (hemoroid).

-        Perubahan emosi

Emosi sudah mulai berkurang dan stabil, seluruh perhatian tertuju pada anak yang akan dilahirkan, rasa cemas akan meningkat sejalan dengan usia kehamilan.

Kehamilan Trimester 3

-        Perubahan fisik

Bayi mulai menendang dengan keras dan gerakannya mulai tampak dari luar, suhu tubuh meningkat sehingga anda merasa kepanasan, terjadi kontraksi ringan (Braxton-Hicks), mulai keluar cairan putih encer dari payudara (kolostrum),

-        Perubahan emosi

Perasaan gembira bercampur takut karena kelahiran sudah dekat, khawatir akan proses persalinan dan apakah akan melahirkan bayi yang sehat atau tidak.

Kehamilan yang sehat tidak datang dengan serta merta, melainkan melalui persiapan panjang sepasang suami-istri. Hamil yang sehat merupakan idaman sekaligus keharusan untuk lahirnya generasi anak-anak sehat selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>