Tips Memilih Sepeda Statis Untuk Fitness

memilih sepeda fitnessDewasa ini olahraga fitness semakin diminati oleh banyak kalangan terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat urban yang sibuk menuntut mereka harus selalu fit setiap saat, namun mereka hanya memiliki waktu luang yang sangat terbatas. Fitness adalah olahraga indoor yang praktis karena bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah, dengan bantuan alat-alat fitness. Salah satu alat untuk fitness yang populer adalah sepeda statis atau sepeda fitness.

Sepeda statis merupakan alat simulator sederhana berbentuk mirip sepeda yang bisa dikayuh seolah-olah seseorang sedang bersepeda tanpa harus keluar rumah. Dengan menyetel alat ini sedemikian rupa, kita bisa seperti “bersepeda” beneran layaknya sedang berada di jalanan.

Bagi mereka yang ingin tetap bersepeda tapi sibuk dan tak bisa keluar rumah karena pekerjaan atau hal lain, maka perangkat sepeda fitness ini sangat bermanfaat. Dengan alat ini kita bisa mengoptimalkan waktu dan tenaga yang ada dengan se-efektif mungkin. Pada sisi lain, tujuan awal membuat tubuh menjadi bugar tetap bisa tercapai.  

Selain untuk kebugaran, olahraga bersepeda sangat baik untuk membakar lemak tubuh, memperkuat dan memperbaiki struktur tulang, memperkuat otot dan persendian terutama paha, betis dan lutut, menghilangkan stress, meningkatkan kesehatan jantung dan pernafasan.

Berolahraga dengan menggunakan sepeda fitness sesungguhnya lumayan enjoyable dan tidak membosankan. Selain membuat tubuh lebih bugar, kita bahkan bisa mengayuhnya sambil menikmati hal lain, misalnya menonton berita di tv atau baca headline koran, sesuatu yang mustahil dilakukan jika kita bersepeda di jalan raya.

Keuntungan mengunakan sepeda statis adalah, lebih aman dibanding bersepeda dijalan raya dan hampir tidak ada resiko cedera dalam penggunaannya. Misalnya akibat kondisi jalanan yang buruk ataupun kondisi cuaca.

Memiliki sepeda statis untuk keperluan fitness pribadi atau keluarga di rumah, sudah tentu lebih nyaman dibanding jika harus melakukannya di gym. Kita tidak perlu repot di jalan, tidak kena macet dan lain-lain. Selain itu kita bisa ”bersepeda ria” di rumah kapan saja disela-sela kesibukan sehari-hari.  Pagi, siang atau malam.

Alasan pentingnya keberadaan sepeda fitness

Bagi mereka yang sibuk, namun ingin selalu tampil bugar, sepeda statis ini makin diperlukan keberadaannya. Berikut sejumlah alasan mengapa sepeda ini penting untuk mereka.

  1. Untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran. Sepeda fitness telah membantu berjuta-juta orang di dunia dalam menurunkan berat badan dan meraih kebugaran. Andapun dapat meraih hal yang sama. Bersepeda dengan alat ini membantu membakar banyak kalori dan meningkatkan kekuatan dan kesehatan jantung dan paru-paru.
  2. Mencegah dari latihan terlalu keras. Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan para pemula adalah mereka berlatih terlalu keras. Padahal hal itu dapat menimbulkan cedera, dan membuat mereka berhenti dan menyerah karena merasa tidak nyaman. Dengan mengatur kecepatan sepeda ini maka anda akan terhindar dari latihan yang terlalu keras. Sepeda fitness sekarang bahkan banyak dilengkapi dengan monitor denyut jantung, sehingga kesehatan jantung lebih terpantau.
  3. Bisa disesuaikan dengan tingkat kebugaran. Kecepatan sepeda yang bisa disesuaikan memungkinkan Anda untuk meningkatkan intensitas latihan mengikuti level kebugaran Anda.  Jika ingin sedikit lebih cepat atau sedikit lebih lambat, maka anda dapat mengaturnya dengan sekali sentuh.
  4. Bisa digunakan kapan saja. Salah satu keuntungan terbesar memiliki sepeda fitness adalah anda dapat menggunakannya kapan saja sepanjang waktu. Siang maupun malam, panas terik maupun hujan, mendung atau terang. Bagi yang sibuk dan susah mengatur waktu alat ini sangat berarti, sebab mereka dapat me-manage waktu luang dengan se-efektif mungkin. Dalam kaitan ini, memiliki sepeda statis di rumah lebih baik dari pada jika memakainya di gym. Sebab, Anda tidak perlu cemas dengan jadwal buka atau tutupnya gym, ataupun harus mengantri giliran dengan pengguna lain..
  5. Memaksimalkan waktu luang. Memiliki sepeda fitness memungkinkan anda menjalankan latihan harian sambil melakukan hal lain. Misalnya menonton acara TV atau mendengarkan musik favorit. Bersepeda sambil menonton TV akan membuat latihan terasa lebih singkat dan mudah.
  6. Bisa digunakan seluruh anggota keluarga. Artinya setiap anggota keluarga bisa memakainya untuk menurunkan berat badan ataupun meningkatkan kebugaran. Riset menunjukkan bahwa jika seluruh anggota keluarga memiliki tujuan dan komitmen yang sama untuk menurunkan berat badan, maka tujuan mereka akan lebih mudah dicapai.
  7. Lebih hemat. Dalam jangka panjang punya sepeda statis bisa lebih hemat dari pada membayar iuran gym, terutama jika lebih dari satu anggota keluarga yang berlatih. Dari pada buat iuran gym lebih baik uang tersebut diinvestasikan dalam bentuk sepeda fitness yang bagus dan berkualitas, yang bisa dipakai selama bertahun-tahun. Harga sepeda statis pastinya masih terjangkau buat para pecinta fitness.
  8. Privasi lebih terjaga. Tak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan tapi tak ingin kegiatannya diketahui publik. Dengan memiliki peralatan sendiri memungkinkan anda berlatih dengan lebih privasi. Jadi tak ada lagi hambatan dari rasa minder atau malu misalnya.

Tips dalam memilih sepeda fitness

Untuk memilih sepeda statis atau sepeda fitness yang sesuai perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

  1. Budget. Harga sepeda statis cukup mahal untuk masyarakat biasa. Sepeda yang lumayan bagus harganya berkisar 2 juta keatas. Bandingkan antara penjual yang satu dengan yang lainnya agar memperoleh harga terbaik.
  2. Sesuaikan ukuran. Sesuaikan antara ukuran sepeda dengan penggunannya : besar, sedang, atau kecil. Sesuaikan pula dengan ruangan dimana sepeda itu akan diletakkan. Pilih yang tidak memakan banyak tempat.
  3. Stabil dan nyaman. Cobalah terlebih dahulu sepeda incaran sebelum dibeli. Perhatikan tingkat kestabilan dan kenyamanannya. Ini semacam test drive agar kita memperoleh sepeda fitness yang tepat. Sepeda tersebut juga harus kokoh dan kuat, siapa tau ada teman atau saudara yang badannya besar ikut memakainya.
  4. Praktis dan fleksibel. Pastikan penggunaannya cukup praktis dan fleksibel. Ini terutama jika sepeda tersebut hendak dipakai bersama oleh seluruh anggota keluarga.
  5. Spesifikasi dan fitur. Sepeda statis jaman sekarang dilengkapi dengan banyak fitur. Misalnya monitor untuk mengetahui jarak tempuh, kecepatan, waktu tempuh, indikator detak jantung, indikator banyaknya kalori yang terbakar; tempat duduk yang bisa disesuaikan tinggi – rendahnya; tempat botol air minum dll. Cek kelengkapan fitur dan speknya, pastikan semuanya lengkap dan bekerja dengan baik.
  6. Testimoni pelanggan. Merek sepeda yang bagus atau penjual sepeda yang jujur selalu jadi buah bibir di masyarakat. Cobalah cari testimoni tentang kepuasan pelanggan terhadap produk sepeda tertentu maupun penjualnya. Karena testimoni pelanggan adalah rating secara tidak langsung terhadap bagus tidaknya sebuah produk di pasaran.
  7. Garansi dan suku cadang.  Garansi produk adalah salah satu indikator baik atau buruknya kualitas barang. Semakin bagus sebuah produk biasanya tercermin dari garansi waktu yang semakin lama. Demikian pula ketersediaan suku cadang akan mendukung kelangsungan umur pemakaian seandainya sepeda rusak.

Itulah 7 tips dalam memilih sepeda untuk fitness atau kebugaran. Memang, kebugaran tubuh sangat penting untuk menjamin kualitas hidup dan kesehatan yang lebih baik. Sepeda fitness atau sepeda statis diatas hanyalah sarana untuk memudahkan mencapai kebugaran itu. Memilih sepeda yang tepat tentu sebuah langkah maju. Namun, sebaik apapun sepeda pilihan kita tersebut, tetap saja tak ada artinya jika kita malas menggunakannya.

>>> Cek Harga Sepeda Statis – Sepeda Fitness Bagus Klik Disini

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.