Tips Memilih Kacamata Yang Tepat

tips memilih kacamataMata adalah salah satu indera dari panca indera kita yang sangat penting. Namun karena satu dan lain hal mata kita mungkin memiliki keluhan kesehatan dan mengharuskan kita untuk memakai kacamata. Jangan khawatir, dengan memilih kacamata yang tepat kita bisa mendapatkan nilai plus bagi penampilan kita.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih kacamata yang tepat yang mungkin berguna. Ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu : frame kacamata dan lensa kacamata.

Memilih Frame Kacamata

Beberapa pertimbangan dalam memilih frame kacamata diantaranya :

1. Faktor  bentuk wajah dalam memilih frame kacamata

Bagi anda yang memiliki wajah oval, seperti artis Julia Roberts misalnya, maka anda cocok menggunakan hampir seluruh bentuk frame kacamata. Bila anda punya dana lebih, tak ada salahnya bereksperimen untuk mencoba berbagai bentuk frame.

Bagi anda yang memiliki wajah berbentuk bulat, seperti artis Cameron Diaz, maka anda disarankan menghindari frame kacamata berbentuk bulat karena hal itu akan makin mempertegas bentuk wajah anda yang bulat. Sebaiknya pilihlah frame yang berbentuk elips, hal ini akan menyamarkan bentuk wajah anda.

Sedangkan bagi anda yang memiliki wajah berbentuk persegi, seperti aktor ganteng Brad Pitt, maka anda cocok menggunakan frame kacamata dengan model oval. Frame berbentuk oval ini untuk menyamarkan bentuk keras dan kaku pada rahang. Hindari frame berbentuk kotak karena akan semakin menambah kesan kaku pada wajah anda.

2. Faktor warna kulit

Bagi anda yang memiliki kulit putih, maka anda cukup beruntung, karena semua warna frame kacamata akan cocok digunakan oleh anda. Bagi anda dengan kulit berwarna coklat atau sawo matang, pilihlah frame yang berwana merah, coklat, abu-abu, hitam metalik, dan hijau tua. Sedangkan anda yang memiliki kulit  berwarna kuning dan pink lebih cocok menggunakan frame yang berwarna hijau, kuning dan coklat. Sedangkan untuk anda yang berwarna kulit hitam lebih cocok untuk menggunakan frame yang berwarna abu-abu, kuning keputih-putihan, coklat metalik dan warna perak metalik.

3. Faktor postur tubuh

Bagi anda yang memiliki postur tubuh yang tinggi besar dan tegap, pilihlah frame kacamata yang kokoh dan agak tebal. Sedangkan bagi anda yang berbadan tinggi kurus dan kacil dianjurkan untuk menggunakan frame yang lentur dan ringan.

4. Faktor harga

Di era yang sudah maju seperti sekarang ini kita bisa membeli frame kacamata baik secara off line dengan mendatangi tokonya secara langsung, maupun lewat toko kacamata online. Informasi tentang toko kacamata yang menjual kacamata secara online mudah ditemukan via internet.

Demikian pula halnya dengan harga frame kacamata yang sangat variatif, dari frame kacamata yang mahal sampai frame kacamata murah. Harga kacamata yang variatif ini sangat beralasan. Sebab, disamping fungsinya sebagai alat bantu penglihatan, kacamata juga sangat kental dipengaruhi oleh penampilan, gaya, style dan mode terbaru yang sedang “in” di masyarakat.

Memilih Lensa Kacamata

Beberapa pertimbangan dalam memilih lensa kacamata diantaranya :

1. Faktor bahan lensa

Bagi anda yang menginginkan kacamata ringan dan tidak mudah pecah, pilihlah lensa kacamata yang berbahan plastik. Sedangkan bagi anda yang menginginkan lensa yang lebih tipis dan tidak mudah tergores pilihlah lensa yang berbahan kaca.

2. Faktor fungsi lensa

Jika anda banyak beraktifitas di luar ruangan, tak ada salahnya untuk memilih lensa kacamata yang bisa berubah warna menjadi gelap saat terkena sinar matahari. Semakin terik sinar matahari maka lensa akan semakin gelap. Lensa kacamata yang berfungsi melindungi mata anda dari sinar UV adalah lensa yang sudah dilapisi dengan UV protection coat. Dan bagi anda yang terbiasa bekerja di depan monitor komputer, maka anda dianjurkan untuk menggunakan lensa kacamata yang telah dilengkapi anti radiasi komputer.

Saran Penting Dalam Memilih Kacamata

Dalam memilih kacamata, satu hal yang harus anda perhatikan adalah kenyamanan. Gaya atau style memang penting, tapi itu nomor dua. Jika anda merasa keren tapi tidak nyaman maka percuma saja. Itu tidak ada gunanya.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus anda ingat demi mendapatkan kenyamanan dalam berkacamata:

1. Usahakan frame kacamata jangan sampai menutupi alis mata, hal itu sangat membantu anda melihat lebih jelas.

2. Periksa mata secara rutin. Usahakan ganti kacamata setiap dua tahun sekali. Perlu anda ketahui kuman juga bisa menempel di frame kacamata.

3. Bagian bawah frame kacamata sebaiknya tidak menempel di pipi. Sebab akan menimbulkan iritasi kulit, memberikan efek hidung jadi kelihatan lebih besar, dan mata mengembang karena mata tidak berada tepat ditengah frame kacamata.

4. Agar tidak terlihat tua, hindari frame kacamata yang bentuknya menurun. Pilihlah frame kacamata yang ujungnya naik karena hal itu akan membuat wajah anda kelihatan lebih segar.

Nah, gimana, sudah punya gambaran tentang kacamata yang cocok dan tepat ?

2 Comments

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.