7 Tips Memilih Box Bayi Yang Bagus

boks bayi yang bagusTempat tidur bayi atau box bayi adalah tempat tidur khusus berbentuk persegi (box) yang diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir. Biasanya tempat tidur bayi ini terbuat dari kayu, sisi-sisinya dibentuk seperti bilah pagar tembus pandang, pada salah satu sisi difungsikan untuk buka-tutup. Tempat tidur bayi biasanya bisa dibongkar pasang secara knock down. 

Fungsi box bayi yang utama adalah sebagai tempat tidur atau tempat istirahat yang aman dan nyaman bagi bayi. Sebagaimana kita ketahui bayi yang baru lahir akan menghabiskan lebih banyak waktunya di tempat tidur dari pada di tempat lain. Dengan menggunakan box ini diharapkan si bayi akan bisa tidur dan beristirahat dengan aman dan nyaman, sehingga memberikan ketenangan bagi orang tua atau yang mengasuhnya.

Menidurkan bayi di tempat tidur biasa sering beresiko. Misalnya bayi terjatuh dari tempat tidur, atau bayi terhimpit bantal atau pengasuhnya. Selain beresiko juga melelahkan, karena orang tua atau pengasuh harus selalu mengawasi agar bayi terhindar dari resiko tersebut. Dengan memiliki box bayi maka sedikit banyak resiko diatas bisa dikurangi.

Pertimbangan keamanan dan kenyaman dalam boks bayi

Agar bayi merasa aman dan nyaman dalam beristirahat atau tidur dalam box bayi, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Penempatan box bayi. Pilihlah tempat yang cukup jauh dari jendela dan tidak terjangkau oleh tirai. Hembusan angin dapat menyebabkan bayi tidak nyaman, sementara tirai jendela dapat membuat bayi terlilit. Jika bayi Anda dimonitor maka pastikan boks bayi terbebas dari kabel monitor atau gunakan monitor nirkabel (wireless).
  2. Kasur tempat tidur bayi. Kasur untuk bayi biasanya terbuat dari busa dan tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan, biasanya 3 inch atau 6 inch. Kasur busa yang bagus untuk bayi adalah yang memiliki kepadatan (density) tinggi. Sayangnya ukuran kepadatan kasur biasanya tidak tercantum dalam brosur penjualan, sehingga sulit untuk mengetahui densitasnya. Tapi biasanya semakin tinggi kepadatannya harganya semakin mahal.

Ukuran panjang dan lebar kasur disesuaikan dengan ukuran boks bayi. Perlu diperhatikan jika dua jari Anda bisa masuk di sela-sela antara kasur dan sisi boks maka berarti kasur tersebut ukurannya terlalu kecil.

box bayi sistem drop side

  1. System buka tutup. Jangan gunakan boks bayi dengan system buka tutup yang menggeser dinding atau pagar boks (drop sides). Yaitu geser keatas (untuk menutup) dan geser kebawah (untuk membuka), karena jika tuas pengait terlepas atau longgar bayi bisa terjepit. Di Amerika Serikat boks bayi seperti itu sudah banyak yang ditarik dari peredaran karena bisa membahayakan bayi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar box bayi dengan sistem drop side di samping ini..
  2. Hindari hiasan dekoratif yang bisa membuat bayi tersedak atau hiasan lain yang bisa pecah.
  3. Menggunakan boks bayi bekas tidak direkomendasikan karena mungkin terdapat serpihan, cat yang mengelupas, tidak kokoh atau bilah pagar boks yang terlalu jauh. Jika terpaksa menggunakan boks bayi bekas maka pastikan terbebas dari hal-hal tersebut.

Pertimbangan sebelum memilih boks bayi

Box bayi yang bagus biasanya terbuat dari kayu berkualitas tinggi dan sangat memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan si bayi.  Jika Anda bermaksud membelikan tempat tidur khusus untuk si bayi, berikut adalah tips memilih box bayi yang bagus.

  1. Pilih boks bayi yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi.  Kayu yang bagus dan berkualitas tinggi biasanya sedikit lebih berat dari kayu biasa.
  2. Mintalah pada penjual untuk menunjukkan model atau contoh box yang sudah disusun rapi. Box bayi yang bagus harus kokoh dan tidak reot.
  3. Perhatikan apakah setiap bagian sambungan presisi, engsel buka-tutup berfungsi dengan baik, kasurnya bagus dan sesuai ukuran, catnya rata, bagus dan tidak mudah terkelupas, kelambunya mudah dibuka-tutup, dan lain-lain.
  4. Cek perlengkapan box untuk bayi yang lain seperti kelambu penutup box, kasur dan papan atau alas kasur, baut dan sekrup, dan tiang untuk menyangga kelambu.
  5. Mintalah brosur tentang cara memasang dan membongkar tempat tidur bayi tersebut. Pastikan caranya cukup mudah dan praktis.
  6. Minta juga kartu garansi.
  7. Jika dimaksudkan untuk pemakaian agak lama, misalnya sampai si bayi bisa berdiri, maka pilih boks bayi yang alas tempat tidurnya bisa dinaikkan atau diturunkan. Sekedar informasi, saat yang tepat untuk menurunkan alas tempat tidur bayi adalah ketika bayi sudah bisa duduk.

Boks bayi yang bagus tidak boleh memiliki cacat produk secara fisik. Karena itu, dalam memilih box bayi sebaiknya dilakukan di tempat yang terpercaya. Sehingga jika kelak terpaksa mengajukan komplain akan dilayani dengan baik.

Sebagai tambahan, sebaiknya tidak menggantungkan mainan apapun diatas tempat tidur bayi, karena bisa saja mainan itu terjatuh dan menimpa badan si bayi. Bila hal itu dilakukan, maka pastikan ikatannya harus benar-benar kuat.

Demikian tips dalam memilih box bayi yang bagus. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.