Tips Cepat Hamil Untuk Pasangan Suami-Istri Muda

cara agar cepat hamil, ingin cepat hamilPasangan suami-istri yang baru menikah banyak yang ingin cepat hamil dan punya anak atau keturunan. Mereka tidak ingin menunda kehamilan karena alasan karier, pekerjaan, kuliah, dan lain-lain. Pasangan suami-istri ini menyadari bahwa segera hamil disaat usia masih muda dan produktif lebih banyak sisi positifnya dibandingkan dengan bila mereka menunda kehamilan.

Setiap manusia secara fitrah ingin memiliki anak atau keturunan. Dan keinginan pasangan suami-istri untuk cepat hamil itu sangat wajar dan manusiawi. Saat resepsi pernikahan dahulu, mereka sering mendapat ucapan “Selamat menempuh hidup baru”, atau “Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah”, atau “Semoga pernikahannya langgeng dan cepat punya anak” dan lain-lain. Ucapan-ucapan selamat seperti itu merupakan ekspresi harapan dan doa yang baik untuk pasangan suami-istri yang baru menikah.

Informasi tentang tips agar segera hamil

Membangun sebuah keluarga yang sehat, bahagia, penuh cinta dan kasih sayang tidak bisa lepas dari kehadiran seorang anak. Selain menjadi perekat cinta kedua orang tuanya, lahirnya seorang anak ditengah keluarga adalah juga lahirnya sebuah harapan baru. Yaitu harapan bahwa kelak ia akan meneruskan cita-cita keluarga dan akan menjaga orang tuanya bila usia telah semakin renta.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, hamil selagi usia masih muda dan produktif adalah pilihan yang bijak. Pilihan untuk cepat hamil ini juga sejalan dengan program keluarga berencana yang didukung pemerintah. Program keluarga berencana adalah program resmi pemerintah untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan ideal. Bukankah kita tidak pernah mendengar program KB menyarankan masyarakat untuk sebaiknya hamil saat usia tua ?

Dalam kerangka berpikir seperti itu, informasi tentang tips hamil jadi sangat penting dan berarti untuk pasangan suami-istri yang ingin segera punya anak. Berikut ini adalah beberapa tips cepat hamil yang utama.

1.     Berhenti merokok dan minuman beralkohol

Wanita peminum beralkohol dapat kehilangan kesempatan untuk hamil secara normal sebanyak 44 persen. Wanita perokok kehilangan 28 persen. Merokok juga berpengaruh pada tingkat kesuburan dan bisa menimbulkan kelainan kehamilan dan janin.

2.     Mengkonsumsi makanan kaya vitamin

Mengkonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin sangat baik untuk mereka yang ingin cepat hamil, terutama vitamin E yang berguna untuk meningkatkan kesuburan suami-istri dan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kualitas sperma.

3.     Mengontrol Berat Badan

Berat badan yang ideal sangat kondusif bagi terjadinya kehamilan. Pasangan suami-istri yang memiliki kelebihan berat badan sering kesulitan dengan kehamilannya. Demikian juga halnya pasangan suami-istri yang terlalu kurus. Terlalu gemuk atau terlalu kurus keduanya berpengaruh negatif bagi tingkat kesuburan.

4.     Merencanakan waktu berhubungan                                                                                       

Merencanakan waktu berhubungan dengan pasangan mungkin adalah tips cepat hamil yang paling penting. Ini berkaitan dengan ovulasi atau keluarnya sel telur dari seorang istri. Masa-masa subur seorang istri terkait erat dengan ovulasi ini. Untuk mengetahuinya bisa dengan system kalender, suhu tubuh basal, elastisitas lendir serviks dan lain-lain.

5. Posisi yang tepat pada saat berhubungan                                                           

Missionary adalah posisi yang dianjurkan. Posisi ini memudahkan penetrasi yang cukup dalam sehingga rahim dapat menyimpan sperma lebih lama. Hindari posisi woman on top, karena rahim sulit untuk menyimpan sperma.

Faktor makanan dan tips cepat hamil

Secara khusus makanan yang kaya dengan vitamin banyak berpengaruh bagi tingkat kesuburan suami-istri. Untuk itu mereka perlu selektif dalam memilih makanan dan menjaga pola makan dan asupan gizi agar segera hamil.

Selain makanan yang kaya dengan vitamin E dan vitamin C seperti disebutkan diatas, beberapa jenis makanan berikut ini juga berpengaruh positif bagi mereka yang ingin hamil cepat.

-        Makanan yang kaya vitamin B6

Vitamin B6  adalah pendukung dan pengatur hormon reproduksi atau kesuburan. Vitamin B6 banyak terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, kecambah (tauge), dan biji-bijian (sereal, beras, atau gandum).

-        Asam folat

Asam folat diperlukan untuk perkembangan dan kesehatan otak janin. Asam folat banyak terdapat pada sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, asparagus. Asam folat sekarang tersedia dalambentuk tablet siap pakai. Asam folat dianjurkan dikonsumsi tiap hari pada saat mempersiapkan kehamilan dan beberapa bulan pertama setelah terjadinya kehamilan.

-        Zat besi

Kekurangan zat besi bisa menimbulkan anemia dan menyulitkan kehanilan. Zat besi adalah unsur penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah yang dibutuhkan. Zat besi banyak terdapat pada daging, kacang-kacangan dan bayam.

-        Zat seng (Zinc)

Zinc berguna untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Zinc banyak terdapat pada kerang, kuning telur, daging merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Tips diet agar segera hamil

Makanan yag sehat sangat membantu pasangan yang ingin segera hamil dan ingin cepat punya anak. Jorge E Chavarro, MD, ScD, penulis buku The Fertility Diet dari Harvard School of Public Health, memberikan beberapa tips diet agar cepat hamil berikut ini.

Mengkonsumsi protein nabati
Pasangan suami-istri yang ingin segera hamil dianjurkan memperbanyak konsumsi protein nabati, seperti bahan makanan dari kacang kedelai. Riset Chavarro terhadap 18.000 responden menyimpulkan, makanan yang meningkatkan kadar insulin terlalu banyak dapat menyebabkan wanita sulit hamil. “Tidak semua protein dicerna dengan cara yang sama. Protein hewani memerlukan lebih banyak insulin untuk dapat dicerna,” kata Chavarro.

Mengurangi lemak trans
Kurangilah lemak trans. Lemak trans sering dijumpai pada makanan yang diolah dengan cara digoreng. Lemak trans bisa meningkatkan kadar insulin. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi lemak tak jenuh tunggal, seperti yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggal diyakini para ahli dapat menurunkan risiko ketidaksuburan.

Menghindari kadar gula yang berlebihan
Kurangilah konsumsi karbohidrat yang mudah dicerna, seperti roti, kentang, dan gula, karena akan membuat kadar gula melonjak naik sehingga produksi insulin juga menjadi meningkat. Sebagai gantinya adalah karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna, serta perbanyak makanan yang kaya serat. Carolyn Dean, MD, ND, salah satu penulis The Yeast Connection and Women’s Health, menyatakan bahwa jenis karbohidrat yang mudah dicerna sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ragi secara berlebihan.

Video panduan lengkap cepat hamil di YouTube :

Akhirnya, merencanakan hamil dengan segera saat usia masih muda dan produktif seyogyanya dibarengi dengan kesadaran bahwa umur yang masih muda dan produktif lebih memungkinkan pasangan suami-istri dalam mendidik dan menumbuh-kembangkan anak secara sehat. Karena usia muda dan produktif adalah masa-masa terbaik dalam fisik dan mental seseorang.

Tips tentang kehamilan diatas masih sangat luas untuk dikaji dan didiskusikan. Waktu terbaik untuk mencari segala informasi tentang tips cepat hamil kapan lagi kalau bukan selagi usia anda masih muda dan produktif.

Selanjutnya, silakan kunjungi HALAMAN INI. Link tersebut adalah tautan ke website tentang kehamilan yang lebih lengkap dari ahli yang lebih berkompeten.

Semoga bermanfaat.

.

One thought on “Tips Cepat Hamil Untuk Pasangan Suami-Istri Muda

  1. Obat Herba Khusus Kesuburan PASUTRI.
    Kesuburan SUAMI, komposisi : Jahe, Pasak Bumi, Purwoceng, dll, harga Rp. 135.000,- (45 caps). Kesuburan ISTRI, komposisi : Bangle, Temu Putih, Kunci Pepet, harga Rp. 135.000,- (45 caps). Alamat : Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>