Ini Tanda Orang Kecanduan Smartphone

 

Di era gadget sekarang ini, banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan bantuan smartphone. Sebagaimana diketahui, beberapa aplikasi smartphone nyata-nyata sangat membantu dan memudahkan pekerjaan serta aktifitas sehari-hari. Selain aplikasi, pengguna ponsel cerdas juga bisa bermain aneka game yang memukau. Tidak heran banyak orang yang kemudian menaruh perhatian lebih besar pada layar smart phone-nya daripada lingkungan atau keluarganya. Itulah yang disebut dengan kecanduan smartphone !  

Kecanduan smartphone bisa terjadi pada siapa saja. Sebagai gambaran, saya pernah menyaksikan sebuah pra-acara talk show pagi di tv nasional, dimana ada 3 nara sumber yang sedang duduk berdekatan dalam satu stage. Berhubung acara belum dimulai, mereka bertiga mengisi waktu dengan asik melihat layar smartphone-nya sendiri-sendiri. Mereka mengenal satu sama lain, namun tidak seorangpun terlihat ingin memulai sebuah perbincangan atau mengobrol.

Pemirsa di rumah tidak tau apa yang mereka masing-masing lakukan dengan smartphone-nya itu. Namun, menyaksikan para nara sumber yang seperti asik sendiri dan “terasing” dengan orang yang mereka kenal di sebelahnya, terkesan bahwa itu adalah pemandangan yang aneh. Orang yang saling mengenal seharusnya ‘kan bertegur sapa atau berbincang dll. Apakah itu tanda-tanda mereka sedang kecanduan smartphone ? Jawabannya hanya mereka yang tau.

kecanduan smartphoneTanda-tanda kecanduan smartphone

Nah, jika Anda merasa sering melakukan hal seperti dibawah ini, boleh jadi itu per tanda bahwa Anda sedang kecanduan smartphone.

  1. Merasa smartphone seolah bergetar / berbunyi, padahal tidak. Jika Anda pernah merasakan smart phone Anda seolah-olah bergetar, kemudian bergegas merogoh kantong celana untuk mengambilnya, atau merasa ponsel seperti berdering padahal sesungguhnya tidak, maka inilah pertanda paling sederhana dari smartphone addict.
  2. Tidur membawa smartphone. Belum cukup dengan membawa ponsel pintar seharian, saat tidur pun tetap dengan ingin membawa smartphone. Biasanya ponsel cerdas itu ditaruh tepat disamping tempat tidur.
  3. Menggunakan smartphone di kamar mandi. Menurut sebuah riset, ada 9 persen responden yang menggunakan smart phone saat berhubungan seks (apa enaknya coba ?) Serta 12 persen lebih responden yang menggunakan smartphone saat dikamar mandi. (hati-hati, kecemplung air baru nyaho !)
  4. Ribut jika ponsel pintarnya tidak ada. Mungkin karena tertinggal atau lupa ditaruh dimana, yang jelas pecandu smartphone akan ribut sendiri jika ponsel tercintanya tidak ada atau tidak terlihat. Istilah nomophobia merujuk pada orang-orang yang takut jika kehilangan akses pada teknologi dan informasi.
  5. Mulai mengganggu pekerjaan. Saat bekerja sebaiknya simpan atau jauhilah smartphone, karena bisa jadi akan mengganggu pekerjaan Anda. Kecuali jika Anda memang bekerja di divisi mobile phone perusahaan seperti Nokia, Apple, Samsung, dll. Jika tidak maka itulah mungkin salah satu ciri kecanduan smartphone.
  6. Asik dengan smartphone, pasangan dicuekin. Pasangan yang hampir putus biasanya begitu, asik sendiri dengan smartphone-nya sementara pacar disebelahnya dicuekin. Tapi jika tidak ada angin tidak ada hujan Anda sibuk dengan ponsel cerdas dan pacar dicuekin, maka ya itu kecanduan ponsel pintar !
  7. Anak dicuekin. Yang ini sudah keterlaluan dan jangan ditiru.
  8. Bolak-balik memeriksa smartphone. Berapa kali dalam sehari Anda membuka smart phone ? Mungkin untuk melihat inbox email Anda, atau ingin tau apakah ada update status facebook yang menarik, atau apakah jumlah follower Anda sudah bertambah di Twitter ? Dll. Jika Anda merasa melakukan hal seperti itu dalam interval waktu yang tidak terlalu lama maka mungkin sudah terkena kecanduan ponsel pintar !

Itulah delapan ciri atau tanda orang yang kecanduan smartphone. Jika ada yang kurang lengkap silakan menambahkan.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.