«

»

Jun 19 2012

Seputar Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat kopi bagi kesehatan dan kecantikanKata  “kopi” berasal dari bahasa Arab qahwah yang artinya “kekuatan”. Kata qahwah ini kemudian diserap dalam berbagai bahasa seperti kahveh di Turki, koffie di Belanda, coffee di Inggris. Kopi yang ada di Indonesia semula berasal dari Ethiopia. Kemudian menyebar ke semenanjung Arabia. Bangsa Belanda membawa dan memperkenalkannya di tanah Jawa dan berkembang sampai sekarang.

Dari sekian banyak spesies pohon kopi, ada dua jenis yang paling terkenal yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Keduanya menguasai 90 persen perdagangan kopi dunia. Kopi arabica dan kopi robusta banyak mengandung komponen gizi (protein, asam amino, karbohidrat, lipid, dan mineral). 

Manfaat kopi bagi kesehatan kita

Di kalangan masyarakat kita, kopi sering dicitrakan sebagai minuman yang tidak baik bagi kesehatan. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Minum kopi dalam jumlah yang berlebihan tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, sesungguhnya banyak sekali manfaat kopi bagi kesehatan. Penelitian mengenai bahaya maupun manfaat kopi bagi kesehatan sudah banyak dilakukan dan keduanya diakui secara akademik. (Kunjungi : Bahaya Kopi Bagi Kesehatan).

Beberapa manfaat kopi bagi kesehatan diantaranya adalah :

1.      Mencegah penyakit syaraf. Antioksidan yang terkandung dalam kopi bermanfaat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan Parkinson. Demikian pula kafein dalam kopi akan menghambat peradangan dalam otak, yang menyebabkan Alzheimer.

2.      Melindungi gigi. Kafein dalam kopi bersifat anti bakteri dan anti lengket, yang bermanfaat mencegah gigi berlubang. Minum secangkir kopi tiap hari juga mengurangi risiko kanker mulut. 

3.      Menurunkan risiko kanker payudara. The Journal of Nutrition mempublikasikan bahwa, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi per hari menjelang masa menopause, akan menurunkan risiko kanker payudara sebesar 38 persen.  Karena, kopi mengandung phytoestrogen dan flavonoid yang bisa menghambat perkembangan tumor.

4.      Mencegah diabetes. Minum 3-4 cangkir kopi secara teratur atau kopi decaf (kadar kafein yang dikurangi) bermanfaat menurunkan risiko munculnya diabetes tipe II hingga 30 persen.

5.      Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika cairan di dalam kantong empedu menangkap kristal kolesterol. Xanthine, yang ada di dalam kafein, bermanfaat mengurangi cairan dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

6.      Melindungi kulit. Minum 2-5 cangkir kopi tiap hari bermanfaat mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma sampai 17 persen. Kafein bisa merangsang kulit untuk membinasakan sel-sel prakanker, serta membasmi perkembangan tumor.

Sementara itu Harvard Women’s Health merilis bahwa mengkonsumsi kopi beberapa cangkir sehari bermanfaat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang aman

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan tentu merugikan. Sebaliknya, mengkonsumsi kopi dalam jumlah normal bersifat menguntungkan karena penggunaan kafein bisa memberi pengaruh stimulan yang bersifat sementara dan tidak berbahaya. Pengaruhnya terhadap sistem syaraf adalah mencegah kantuk, menaikkan daya tangkap panca indera, mempercepat daya pikir, serta mengurangi rasa bosan.

Pengaruh kafein pada seseorang sangat tergantung sensitifitasnya. Sebagian orang tidak tahan sama sekali mengonsumsi kafein, sehingga setelah minum kopi menjadi berdebar-debar. Tapi ada juga orang yang dapat mengonsumsi lebih dari 10 cangkir kopi sehari tanpa keluhan.

Meski demikian, para ahli menyarankan takaran kafein yang aman adalah 200 miligram per hari, ini setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi atau teh. (kompas.com)

Manfaat kopi bagi kecantikan wanita

Dibandingkan dengan pria, kaum wanita relatif jauh dari kebiasaan minum kopi. Namun itu tidak berarti bahwa kopi tak bisa bermanfaat buat kaum wanita. Sebab, sekarang diketahui bahwa ternyata kopi juga bermanfaat bagi kecantikan wanita, baik itu kecantikan kulit, kecantikan wajah, maupun kecantikan rambut. Selain mengandung kafein, kopi juga mempunyai kandungan asam buah dan asam organik, lemak, alkaloid, mineral, potasium, magnesium dan besi yang banyak bermanfaat untuk kecantikan kulit wanita.

Di daerah Hawaii, Bali, dan negara-negara Amerika Latin sudah lama dikenal manfaat kopi untuk perawatan kecantikan kulit. Di sejumlah salon kecantikan kopi juga biasa dimanfaatkan untuk spa dengan aroma kopi yang khas. Serbuk dari bubuk kopi biasa dimanfaatkan untuk bahan dalam sejumlah scrub.

Berikut beberapa manfaat kopi bagi kecantikan wajah dan kulit wanita:

1. Melancarkan peredaran darah.

2. Menghilangkan bekas jerawat (acne), flek, dan noda hitam.

3. Memelihara kelembaban kulit.

4. Memperbaiki kulit yang rusak dan mengangkat sel kulit mati.

5. Menghilangkan bau badan.

6. Memperbaiki kulit yang terkena iritasi dan memberikan nutrisi pada kulit.

7. Menghilangkan selulit dengan memecah lemak tubuh.

Selain itu kopi juga bermanfaat untuk  : menyegarkan kulit wajah, anti kerutan, mengencangkan kulit, dan membuat rambut hitam alami.

Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan Wanita

Setelah minum kopi, jangan buang ampasnya. Sebab, ampas kopi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kecantikan wanita. Caranya : tambahkan madu secukupnya pada ampas kopi tersebut sampai sedikit kental. Kemudian oleskan pada wajah atau kulit yang diinginkan. Biarkan sampai meresap, lalu bersihkan. Kemudian oleskan pelembab. Lakukan secara rutin, maka wajah Anda akan kelihatan lebih cerah.

Selain itu, ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kulit kaki. Caranya : tambahkan 1/8 garam dari ukuran ampas kopi, baby oil secukupnya dan 3-4 tetes ekstrak vanila. Aduk semua bahan sampai rata. Diamkan bahan sebentar, lalu simpan di kulkas.

Setelah dingin, gunakan scrub pada kaki, terutama pada bagian yang kasar dan bagian belakang paha untuk mengurangi selulit. Setelah cukup meresap, bilas dengan air sampai bersih dan oleskan pelembab. Sisa scrub bisa dipakai esok hari.

2 comments

  1. cigado

    biasanya ampas kopi saya buang. setelah baca ini jadi sayang kalo dibuang gitu aja.
    makasih infonya :D

  2. hendra

    Keluhan minum kopi seperti jantung berdebar, pusing, mual, kembung, buang air kecil tercium aroma kopi. Tips ini dapat membantu Anda untuk menghindari keluhan tersebut: 1. Aroma kopi jangan menusuk tajam ke hidung. 2.Bagi perokok dapat merasakan, bila rokok dihisap asapnya menjadi lembut. 3.Bila kopi diminum, badan terasa rileks / enteng. Contoh: bila mencium aroma bunga asli wanginya tidak menusuk tajam ke hidung (bersifat alami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>