«

»

Nov 21 2011

Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat

Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat (Acne)

Penyebab jerawat dan cara mengatasi jerawatJerawat hampir identik dengan usia remaja, benarkah ? Ya, tidak salah. Biasanya jerawat memang terjadi pada usia remaja karena perubahan hormone sehingga produksi lemak meningkat. Keadaan ini cenderung diturunkan dalam keluarga namun sama sekali tidak berbahaya.

Jerawat adalah istilah awam untuk acne vulgaris. Jerawat berat dapat menimbulkan rasa tertekan pada penderita. Jerawat berat juga bisa menyebabkan si penderita hilang rasa percaya diri. Sayang sekali sampai saat ini belum ada cara mengatasi jerawat yang tuntas. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jerawat akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Penyebab Jerawat

Penyebab jerawat yang pasti belum diketahui dengan jelas. Jerawat diduga muncul karena sumbatan kelenjar minyak oleh keratin pada kulit. Bila terkena infeksi, jerawat bisa berubah menjadi bisul dan bernanah.

Sedangkan gejala-gejala munculnya jerawat biasanya adalah sebagai berikut :

® Bintik  merah menonjol dan sakit, dapat terisi nanah, biasanya di bagian wajah. Bintik merah tersebut bisa juga timbul di bagian kulit kepala, leher, punggung dan dada bagian atas.

®  Bintik putih / hitam yang menonjol dan tidak sakit.

Cara Mengatasi Jerawat

Jerawat erat kaitannya dengan kebersihan kulit. Karena itu cara mengatasi jerawat juga tidak lepas dari cara kita menjaga kebersihan dan kesehatan kulit pada umumnya. Nah, untuk mengatasi jerawat yang harus Anda lakukan adalah :

-        Menjaga kulit tetap bersih dengan menggunakan sabun / pembersih yang ringan.

-        Hindari memencet atau menusuk jerawat  supaya tidak terjadi jaringan parut.

-        Menjaga kebersihan rambut

-        Oleskan obat krem anti jerawat

-        Bila memakai krem pelembab, pilihlah yang menggunakan dasar air dan bukan minyak.

-        Bila dirasa perlu lakukan diet rendah lemak.

-        Periksa dokter bila kondisi jerawat cukup berat.

Anda punya tips cara mengatasi jerawat yang lain lagi ? Nah, jangan sungkan untuk berbagi pada para pembaca blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>