Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan

penyebab bau badan dan cara menghilangkan bau badanBerani taruhan. Salah satu yang sering remaja puteri risaukan saat mau bertemu pacar adalah soal bau badan. Betul ? Hal lainnya adalah soal pakaian, make up, model rambut dan lain-lain. Bau di badan memang bukan penyakit yang berbahaya seperti halnya hiv aids, namun badan yang bau sangat mengganggu dalam relationship antara orang yang satu dengan yang lain. Bukan cuma dengan pacar, tapi mungkin juga dengan rekan di kantor, atasan, teman komunitas, guru, dan lain-lain. Pertanyaannya, mungkinkah kita mengatasi bau badan yang menggangu tersebut ? Apa saja sih penyebab bau badan itu ? Lalu adakah cara menghilangkan bau badan yang mudah dan alami ?

Nah, uraian singkat berikut ini adalah tentang penyebab dan cara menghilangkan bau badan yang mudah dan alami. Cara yang ribet dan tidak alami, bukan disini tempatnya.  

Penyebab bau badan

Yang bisa menyebabkan bau badan ada bermacam-macam, misalnya : karena makanan tertentu, perubahan hormon, faktor keturunan atau kelainan genetik, diet tidak seimbang dan karena penyakit. Lebih spesifik lagi, penyebab bau badan adalah adanya bakteri pada kulit yang “berproses” dengan protein dan gula dalam keringat.

Seperti kita ketahui, keringat muncul salah satunya adalah karena proses metabolisme tubuh. Karenanya, bau di badan sangat berhubungan erat dengan apa yang kita makan dan minum sehari-hari. Nah lo, jangan-jangan makanan kesukaan kita tuh yang menyebabkan bau di badan. Hmm . . . .

Sedangkan untuk bau di badan yang membandel dan tidak mau menghilang, penyebabnya bisa jadi adalah apa yang disebut dengan trimethylaminuria (TMAU). Apa itu ? Trimethylaminuria adalah ketidakseimbangan genetika yang mengakibatkan seseorang memiliki bau badan yang tidak enak dan asem. Penderita TMAU tidak mampu mengolah zat kimia choline yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga menghasilkan bau tak sedap di badan.

Sebuah riset, nun jauh disana di Monell Chemical Senses Center, Philadelphia, telah dilakukan terhadap 353 orang yang memiliki masalah bau badan. Hasilnya sebanyak 118 orang atau sepertiganya mengidap apa yang disebut dengan trimethylaminuria (TMAU). Apakah para ahli sepakat TMAU sebagai penyebab bau badan yang membandel ? Wallahu’alam.

Makanan penyebab bau badan

Seperti disebutkan dimuka, bahwa bau tidak enak di badan sangat berkaitan erat dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Ada beberapa bumbu dan makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan.

Makanan penyebab bau badan tersebut diantaranya adalah :  bawang (baik bawang putih atau pun bawang bombay), kunyit, daging merah serta makanan pedas. Kesemuanya merupakan (bumbu) makanan penting untuk membangkitkan selera makan. Bisa kebayang bukan bagaimana hambarnya rasa menu makanan jika tanpa (bumbu) makanan tersebut ?

Sayangnya, jika kita makan di resto atau rumah makan, banyak sekali (bumbu) makanan penyebab bau badan tak sedap itu yang dipakai. Mirip dilema buah simalakama dong jadinya. Kalau dimakan badan jadi bau, nggak dimakan perut lapar … hehehe

Makanan penghilang bau badan

Selalu ada dua sisi dalam setiap keping kehidupan. Demikian pula dalam kaitan makanan yang kita konsumsi dengan bau tak sedap di badan. Ada makanan yang bisa menyebabkan bau badan, ada pula makanan yang bisa menghilangkan bau badan. Unik ya ?

Makanan penghilang bau badan diantaranya adalah : tomat, jeruk nipis, seledri dan teh hijau. Tomat bisa langsung dimakan atau dibuat minuman jus tomat. Jeruk nipis bisa dibuat es jeruk nipis, teh manis jeruk nipis, atau jeruk nipis diiris diremas dan dibalurkan ke ketiak. Seledri bisa dicampurkan dalam masakan. Sedangkan teh hijau untuk dibuat minuman berbahan dasar teh hijau.

Dikalangan masyarakat kita keempat makanan penghilang bau badan itu sudah cukup dikenal, dan banyak dipraktekan untuk mengatasi bau badan.

Menghilangkan bau badan cara alami

Menghilangkan bau badan secara alami sebenarnya mudah, tidak serumit memecahkan rumus fisika atau matematika lah. Yang penting adalah kita konsisten dengan upaya mengatasi bau badan tersebut. Mau tau bagaimana cara menghilangkan bau badan yang mudah dan alami ? Berikut diantaranya :

Pertama, rajin mandi

Benar dong harus rajin mandi. Masa ingin menghilangkan bau badan tapi malas mandi. Apalagi kita berada di negara tropis, sebuah wilayah yang banyak mendapatkan sinar matahari sepanjang musim. Logikanya, banyak terkena sinar matahari identik dengan banyak berkeringat. Banyak berkeringat badan jadi bau. Jadi jika ingin mengatasi bau badan tapi malas mandi, ya itu mustahil. Impossible, bukan ?

Salah satu bagian tubuh yang paling banyak menghasilkan keringat dan bau tak sedap di badan adalah ketiak (jawa = ketek). Jadi saat mandi, bersihkan sekitar ketiak dengan sebersih-bersihnya agar bau badan menghilang.

Kedua, mengontrol konsumsi makanan

Caranya cukup simpel yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab bau badan dan rajin mengkonsumsi makanan penghilang bau badan. Meski simpel, sayangnya banyak diantara kita yang kurang sabar dan tidak konsisten sehingga gagal dalam upaya mengatasi bau tak sedap di badan tersebut. Namanya juga mengontrol konsumsi makanan, jadi tersirat makna sebuah proses didalamnya.

Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah, bahwa mengatasi bau badan perlu konsistensi. Tetaplah rajin mengkonsumsi makanan yang bisa menghilangkan bau badan sambil pada saat yang sama megurangi makanan yang bisa menyebabkan bau badan. Jangan selang-seling seperti iklim pancaroba, hari ini matahari bersinar sampai panas terik, tapi besok hujan deras.

Akhirnya, menghilangkan bau badan secara alami cukup mudah bukan ? Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.