Survei : Jenis Pekerjaan dan Pengaruhnya Pada Kesehatan Jantung

Jenis pekerjaan ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting. Tapi tahukah Anda bahwa jantung manusia bisa menua “lebih cepat dari pemiliknya” sendiri. Ini diketahui berkat hasil survei yang dilakukan oleh Yayasan Kesehatan Bupa di Inggris.

Survei dilakukan pada lebih dari 8.000 orang yang sudah menjalani pemeriksaan usia jantung, dan perusahaan kesehatan asal Inggris tersebut kemudian merilis hasilnya. Pemeriksaan dilakukan dengan menghitung usia jantung peserta berlandaskan riwayat kesehatan masing-masing, seperti riwayat kesehatan keluarga, tekanan darah dan pola hidup.  pengaruh pekerjaan pada kesehatan jantung

Pekerjaan mempengaruhi kesehatan jantung

Menurut hasil survei, faktor pekerjaan dilaporkan memiliki pengaruh penting terhadap perbedaan usia fisik seseorang dengan usia jantung. Nah, apa saja pekerjaan dengan kondisi kesehatan jantung terbaik dan terburuk ?

Dikutip dari laman CNN Indonesia, berikut ini adalah pekerjaan dengan kondisi kesehatan jantung yang terbaik berdasarkan hasil survey perusahaan kesehatan Bupa.

  1. Kedokteran
  2. Guru atau mengajar
  3. Akuntansi, perbankan, dan keuangan
  4. Teknologi informasi dan layanan informasi
  5. Penjualan dan ritel

Dan pekerjaan dengan kondisi kesehatan jantung terburuk adalah sebagai berikut :

  1. Tenaga kerja manual
  2. Logistik dan transportasi
  3. Konstruksi dan properti
  4. Pekerjaan amal
  5. Energi dan utilitas

Diantara para karyawannya sendiri, perusahaan kesehatan tersebut juga menemukan adanya kondisi kesehatan jantung yang berbeda-beda. Usia kesehatan jantung diantaranya dipengaruhi oleh pilihan makanan. Kebiasaan mengkonsumsi dan memilih makanan sehat dilaporkan membuat rata-rata usia jantung konsumen satu tahun lebih muda.

Terkait hal itu, CEO Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation – WHF), Johanna Ralston menyatakan, “Usia yang tercantum pada akte kelahiran Anda mungkin menyatakan satu hal, tetapi usia jantung Anda menyatakan hal lain. Kami mendorong para pengusaha pemilik perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat bagi jantung, sehingga membantu karyawan mereka memiliki usia jantung yang lebih muda”.

Sementara itu, “Jika kecenderungan yang seperti sekarang terus berlanjut, maka pada tahun 2030 lebih dari 23 juta orang akan meninggal setiap tahun akibat penyakit kardiovaskular”, demikian Fiona Adshead, kepala bagian kesejahteraan dan petugas kesehatan di Bupa menambahkan.

Akan tetapi, menurut Fiona, hasil survey ini menunjukkan masih ada kesempatan besar bagi pengusaha dan pemilik perusahaan untuk membantu meningkatkan kondisi kesehatan para karyawan mereka. Dengan begitu para pengusaha tidak hanya mengambil manfaat dari tenaga kerja yang sehat, tapi juga punya andil besar dalam mengatasi epidemi penyakit jantung yang dihadapi dunia.

Pilihan pekerjaan untuk kesehatan yang lebih baik

Di masyarakat, kita sering mendengar nasehat bijak yaitu bekerjalah apa saja yang penting halal. Benar, itu tidak salah, apalagi jika dimaksudkan agar kita tidak pilah-pilih pekerjaan hanya karena malu atau gengsi.

Bekerja itu harus. Mengkondisikan situasi kerja untuk kesehatan yang lebih baik itu pilihan. Jadi jika kita menyadari beberapa jenis pekerjaan bisa membuat kualitas kesehatan lebih baik, atau beberapa jenis pekerjaan lain bisa ditingkatkan kualitasnya agar kesehatan karyawan lebih baik, mengapa tidak ? Karena pada akhirnya, dengan kesehatan yang prima akan membuat kita semua lebih nyaman dan semangat dalam bekerja.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.