Mengenal Manfaat Bekam Untuk Kesehatan

Manfaat bekam untuk kesehatanPengertian bekam (hijamah)

Bekam atau hijamah adalah metode pengobatan kuno yang dikenal luas di berbagai negara dan bangsa. Bekam atau hijamah menurut bahasa berarti ‘menghisap’.  Orang mesir kuno telah menulis metode pengobatan bekam ini dalam sebuah prasasti yaitu Prasasti Burdi. Prasasti Burdi adalah dokumen sejarah paling tua mengenai bekam. Orang Yunani kuno juga telah mengenal metode pengobatan ini. Pengobatan bekam juga telah banyak digunakan oleh bangsa Arab di jaman Jahiliyah. Dan setelah kedatangan Islam, Rosulullah Saw mengakui manfaat bekam ini serta mempraktekkan dan menganjurkan penggunaannya.

Pengobatan bekam sejatinya telah tersebar luas diseluruh dunia. Pengobatan dengan cara bekam sudah masyhur di Cina, India, Eropa dan Amerika sejak beberapa abad yag lalu. Metode pengobatan ini memiliki kedudukan sendiri dalam berbagai jurnal dan referensi ilmiah hingga pertengahan abad ke 19 M. Eropa mengenal manfaat bekam melalui kekhalifahan Islam Andalusia di Spanyol. Saat itu para ilmuwan muslim serta karya tulis mereka menjadi acuan utama dalam ilmu kedokteran.

Pengobatan bekam dilakukan dengan cara menyedot permukaan kulit dengan alat khusus dan dilanjutkan pengeluaran darah dari bawah kulit. Ada dua jenis bekam yaitu bekam basah dan bekam kering.  Bekam basah adalah bekam yang menyedot permukaan kulit dan dilakukan pengeluaran darah. Bekam kering adalah proses bekam hanya menyedot saja tanpa dilukai dan dikeluarkan darahnya.

Manfaat bekam untuk kesehatan

Beberapa manfaat bekam untuk kesehatan kita diantaranya yaitu :

Pertama, mengeluarkan darah kotor. Yaitu darah yang terkontaminasi racun dan darah yang statis. Dengan berbekam peredaran darah menjadi lancar kembali.

Kedua, memperbaiki fungsi organ tubuh. Bekam dapat memperbaiki fungsi organ tubuh yang terganggu. Yaitu dengan cara memperbaiki jaringan dan sel tubuh sehingga dapat kembali berfungsi dan sehat.

Ketiga, menambah antibodi tubuh. Bekam membantu tubuh memproduksi zat antibodi yang mampu membunuh kuman penyakit yang merugikan.

Ketiga manfaat bekam tersebut : mengeluarkan darah kotor, memperbaiki fungsi organ tubuh, dan menambah antibody membuat bekam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti : asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, stroke, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran dan lain lain.

Anjuran untuk berbekam

Sebagai sebuah ilmu, metode pengobatan bekam sesungguhnya bersifat universal. Namun Islam sangat menganjurkan metode pengobatan ini. Sesuai sabda Nabi Muhammad Saw : “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah bekam”. Dan sabda Nabi Saw yang lain : “Kesembuhan itu terdapat dalam tiga hal, yaitu minuman madu, sayatan alat bekam, dan kay dengan sundutan api. Tetapi aku melarang umatku berobat dengan kay”.

Nabi Muhammad Saw sendiri pernah dibekam di beberapa bagian tubuhnya seperti di pertengahan kepala, tengkuk, dua otot disamping leher, kedua pinggul, punggung telapak kaki dan lain-lain.

Waktu yang dianjurkan untuk berbekam

Menurut hari dan tanggal pelaksanaannya, dikenal beberapa waktu pengobatan bekam yang dianjurkan maupun yang tidak dianjurkan yaitu :

Hari Terbaik : Senin, Selasa dan Kamis; Baik : Hari Jumat, Sabtu dan Minggu; Tidak baik : Hari Rabu

Tanggal terbaik : pada setiap tanggal 17, 19, dan 21 bulan Hijriah

Waktu yang tidak baik untuk berbekam : sesudah makan berat, sesudah bekerja sangat keras, saat haid

Orang yang tidak boleh dibekam

Karena kondisi dan alasan tertentu pengobatan bekam tidak boleh dilakukan pada orang-orang seperti berikut ini :

Anak –anak kurang dari 3 tahun dan orang yang sudah lanjut usia; penderita kelainan darah (hemofilia, kanker darah); kelainan pembuluh darah; anemia; penderita yang baru menjalani cuci darah karena gagal ginjal; penderita diabetes melitus dengan kadar gula > 200 mg / dl; penderita hipertensi dengan tensi > 180 / 110 mmHg; pasien yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah; wanita hamil pada tiga bulan pertama; wanita yang sedang menstruasi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbekam

Pengobatan apapun tidak boleh dilakukan secara sembarangan, termasuk bekam. Bekam harus dilakukan oleh orang yang ahli. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bekam :

  1. Hati – hatilah membekam penderita HIV dan hepatitis B. sebaiknya penderita ini memiliki alat sendiri
  2. Sebaiknya jangan berbekam setelah beraktifitas berat.
  3. Penggunaan jarum harus sekali pakai (untuk satu pasien saja).Ini untuk menghindari tertularnya penyakit dari pasien lain.
  4. Berbekam sebaiknya tidak boleh lebih dari 7 titik bekam.
  5. Usahakan hindari terkena air pada daerah yang telah di bekam selama 3 jam setelah berbekam, kalau bisa sampai 6 jam, karena jika yang luka terus terkena air terasa perih dan dibadan jadi kurang enak rasanya.
  6. Disarankan mandi air hangat setelah berbekam.
  7. Berbekam hendaknya dilakukan sesama jenis kelamin.
  8. Pengulangan bekam paling cepat 2 minggu, tapi sebaiknya 1 bulan sekali, untuk maintenance
  9. Cukupkan istirahat sebelum dan sesudah berbekam (± 30 menit).

Di Indonesia terapi bekam tergolong jarang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Orang lebih suka pergi ke dokter untuk kesembuhannya. Bekam sering dipandang sebelah mata. Bekam dianggap sudah kuno atau hanya sekedar pengobatan alternatif. Padahal dunia kedokteran saat ini mulai membuktikan manfaat bekam.

Apapun, itulah uraian singkat tentang manfaat bekam bagi kesehatan. Semoga berguna. (Dari berbagai sumber)

2 thoughts on “Mengenal Manfaat Bekam Untuk Kesehatan

  1. Pengobatan bekam berfungsi untuk merangsang tubuh kita agar mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Pengobatan bekam ini bekerja dengan prinsip bahwa tubuh manusia sudah memiliki mekanisme penyembuhan diri sendiri yang alami tanpa harus diberikan zat kimia buatan apapun selain yang alami. Karena pada dasarnya tubuh kita hanya bisa merespon dengan baik dan aman dengan bahan-bahan yang alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>