«

»

May 23 2012

Memilih Suplemen Fitness Yang Tepat

Bagi seorang atlet atau mereka yang serius berolah-raga, suplemen mungkin hal yang tidak bisa dipisahkan, termasuk dalam olah raga fitness.  Suplemen adalah zat yang berisi vitamin, mineral atau asam amino yang berasal dari tumbuhan atau hewan kemudian dikemas dalam bentuk tablet, kapsul atau cairan.

suplemen fitness terbaikSuplemen merupakan nutrisi tambahan atau pelengkap namun bukan pengganti makanan itu sendiri. Tubuh membutuhkan nutrisi utama dari makanan pokok yang kita konsumsi setiap hari seperti nasi atau roti untuk karbohidrat, daging atau telur untuk protein, kacang-kacangan untuk lemak serta sayuran dan buah untuk serat.

Suplemen fitness perlu atau tidak ?

Suplemen fitness sering diperdebatkan pemakaiannya oleh fitness mania terutama para pemula. Sebagian fitness mania berpendapat bahwa suplemen fitness itu tidak perlu dalam latihan fitness, sebagian yang lain berpendapat perlu, sebagian lagi bahkan ada fitness mania yang sangat  bergantung pada suplemen fitness dalam pembentukan otot. Sebenarnya, suplemen fitness itu perlu atau tidak dalam olah raga fitness ?

Untuk beraktifitas sehari-hari tubuh memerlukan banyak asupan nutrisi baik karbohidrat, protein, lemak maupun serat. Nah, jumlah nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari sering kali sangat kurang, misalnya jumlah protein. Kebiasaan kita orang Indonesia mengkonsumsi protein dalam jumlah kecil tiap harinya. Misalnya, makan nasi sepiring hanya diimbangi dengan sambal dan dua-tiga potong tempe kecil. Hmmm . . . .

Fitness adalah olah raga yang memerlukan lebih banyak asupan nutrisi, terutama untuk fitness mania. Bagi mereka, fitness selain untuk kebugaran tubuh juga karena sifatnya yang berkaitan dengan pembentukan otot. Dan sumber pembentukan otot tersebut berasal dari protein. Karena itulah, seorang fitness mania memerlukan tambahan nutrisi berupa suplemen fitness untuk memenuhi kekurangan protein.

Beberapa jenis suplemen fitness

Suplemen fitness yang terdapat di pasaran jenisnya sangat banyak. Kebutuhan suplemen fitness untuk setiap fitness mania juga berbeda-beda. Karenanya, setiap fitness mania harus teliti dan cermat dalam memilih sehingga diperoleh suplemen fitness terbaik yang bisa membentuk otot dengan cepat dan efektif.

Dibawah ini beberapa jenis suplemen fitness yang mungkin bermanfaat untuk fitness mania pemula.  Semuanya adalah suplemen dasar untuk membangun otot secara efektif.

• Suplemen Protein

Membentuk otot tanpa protein adalah mimpi. Sebab, protein adalah inti untuk pembentukan otot tersebut. Kita memerlukan 1 gram protein per kilogram berat badan per hari. Suplemen protein dibutuhkan karena sebagian besar dari kita kekurangan protein dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.

• Suplemen Creatine

Bila dipakai bersamaan dengan asupan protein yang tepat, creatine dapat meningkatkan volume otot secara signifikan. Creatine menambah kekuatan angkat beban serta menambah tenaga sehingga fitness lebih efektif dan memberikan manfaat memperbesar otot dengan maksimal.

• Suplemen Glutamin

Glutamin termasuk golongan asam amino non-esensial. Glutamin membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Glutamin bermanfaat dalam memulihkan otot pasca fitness serta mencegah cedera otot akibat katabolisme otot.

• Suplemen Mineral / Multivitamin

Kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk beraktifitas dan untuk pemulihan. Vitamin dan mineral anti oksidan  membantu dalam melindungi otot, membantu pemulihan otot dan menghilangkan radikal bebas setelah otot mengalami tekanan dan rusak selama fitness.

Memilih suplemen fitness yang tepat

Setelah memahami jenis-jenis suplemen fitness, tiba saatnya anda memilih suplemen fitness yang tepat. Harga suplemen fitness yang rata-rata tidak murah membuat anda harus teliti sebelum membeli. Bacalah brosur dan label kemasan suplemen fitness dengan cermat.

Berikut ini adalah tips memilih suplemen fitness yang tepat :

  1. Tentukan suplemen fitness sesuai dengan tujuan utama atau manfaat yang ingin anda capai. Misalnya, untuk pembentukan otot dan bukan untuk menurunkan kadar lemak.
  2. Pilih suplemen fitness dengan dosis kandungan yang sesuai dengan kebutuhan. Dosis yang lebih tinggi bukan berarti lalu mendapatkan manfaat lebih banyak.
  3. Suplemen fitness hanyalah makanan tambahan untuk pemenuhan gizi, bukan sebagai makanan utama.
  4. Jangan memakai suplemen sebagai alasan pembenaran kebiasaan buruk, contohnya : memakai suplemen penambah berat badan sebagai alasan untuk tidak makan, atau suplemen pembakar lemak sebagai alasan untuk malas berolahraga.
  5. Pilihlah merk suplemen yang sudah mempunyai reputasi yang jelas, dan diproduksi oleh produsen yang baik. Dapatkan referensi dari ahli kesehatan atau kolega yang anda percaya.
  6. Sebelum membeli suplemen fitness, cek dahulu tanggal kadaluwarsa (expired date), peringatan (warning), informasi gizi, dan segel pada kemasan.
  7. Harga suplemen fitness tidak harus  mahal, yang penting dapat memenuhi kebutuhan fitness anda.
  8. Pilihlah suplemen fitness yang terbuat dari bahan alami dan diolah secara alami.
  1. Bagi anda yang muslim lihat adakah sertifikat halal dari MUI .
  2. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari suplemen fitness tersebut, ikuti saran penyimpanan yang ada dikemasan.

Sesuai dengan namanya, suplemen fitness hanyalah tambahan bagi makanan pokok (the real food) yang kita konsumsi setiap hari. Suplemen fitness bukanlah pengganti dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti makanan pokok. Mengkonsumsi suplemen fitness dengan tepat akan membantu tercapainya tujuan fitness anda secara efisien dan efektif.

2 comments

  1. Sugeng Prayitno

    Trimakasih infonya sangat bermanfaat buat saya,

    Kunjungi blog saya juga ya,

    Dunia Alat Kedokteran | Alat Kedokteran | Alat Kesehatan | Distributor Alkes

  2. Gerry

    Bisa dikasih informasi suplemen yang halal bersetifikat mui apa saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>