Memilih Frame Kacamata Untuk Anak

Frame kacamata untuk anak sedikit berbeda dengan frame untuk kalangan dewasa. Memilih frame kacamata untuk anak disesuaikan dengan kegiatan keseharian anak yang cenderung lebih aktif dibanding orang dewasa.

memilih frame kacamata anakFrame yang sesuai untuk anak adalah frame yang memiliki konstruksi kokoh namun ringan. Hindari memilih frame kacamata yang berwarna keemasan atau hitam. Hindari juga frame jenis rimless mounting ataupun numon mounting karena model ini tergolong ringkih untuk dipakai anak-anak yang biasanya aktif dan banyak bergerak.

Frame untuk anak sebaiknya frame dengan tangkai model riding bow atau comfort cable supaya kacamata tidak gampang terjatuh. Jika frame model itu susah ditemui dipasaran, bisa dengan cara memodifikasi tangkai model skull temple agar mirip dengan frame model riding bow.

Frame kacamata model riding bow mungkin banyak yang tidak menyukai. Nah, jika merasa tidak sreg dengan tangkai model riding bow, kita bisa melengkapi kacamata anak-anak dengan tali yang bisa dikalungkan.

Anak-anak memang memiliki sifat dan karakteristiknya sendiri yang khas. Sudah selayaknya kita memilih kacamata anak dengan disesuaikan sifat dan karakteristiknya yang khas itu.

Beberapa pertanyaan penting seputar kacamata untuk anak

Kapan Tajam Penglihatan Anak Diperiksa?

Penglihatan anak sudah menjadi sempurna setelah anak berumur 3 tahun. Jadi pemeriksaan tajam penglihatan anak dapat dilakukan sejak umur 3 tahun terutama bila ada kelainan yang tampak, keluarga memakai kacamata. Tidak perlu menunggu anak dapat membaca.

Kapan Anak Mulai Boleh Memakai Kacamata?

Segera setelah dianjurkan memakai kacamata oleh dokter mata.

Kapan Anak Memakai Kacamata Harus Kontrol?

Pada anak < 12 tahun sudah memakai kacamata, dianjurkan kontrol setiap 6 bulan, dan bagi anak yang lebih besar bisa setiap tahun kontrol.

Ada Berapa Macam Kelainan yang Harus Memakai Kacamata?

Miopia : kacamata minus, rabun jauh. Anak jelas melihat dekat dan kabur melihat jauh.

Hipermetropia : kacamata plus, rabun dekat. Anak kabur bila melihat dekat dan jauh, dengan keluhan cepat lelah kalau baca dekat.

Silinder : keadaan dimana lengkung kornea horisontal mempunyai jari-jari tidak sama dengan lengkung kornea vertikal, sehingga bayangan satu titik terlihat sebagai garis. Lihat tulisan seperti fotokopi yang jelek. Cepat lelah bila membaca dekat.

Presbiopia : kesukaran membaca dekat pada orang berumur lebih dari 40 tahun.

Adakah Obat untuk Kelainan Kacamata?

Tidak ada, kecuali memakai kacamata. Kacamata bukan obat untuk menghilangkan, mengurangi, menghambat penambahan minus / plusnya. Kacamata hanya alat bantu supaya anak melihat jauh dan dekat dengan jelas. Kalau minus / plusnya berubah maka kacamata harus diganti dengan ukuran yang sesuai.

Bagaimana dengan Wortel dan Vitamin A?

Vitamin A adalah vitamin yang sangat berharga untuk kesehatan mata, retina khususnya untuk dapat melihat jelas pada cahaya redup. Tetapi tidak ada hubungannya dengan kelainan kacamata.

Bagaimana Tanda-tanda Anak dengan Kelainan Kacamata?

Melihat TV harus selalu dalam jarak sangat dekat.

Membaca buku pada jarak sangat dekat.

Melihat jauh dengan mata memicing, atau kepala miring.

Ada juling ke arah dalam / luar.

Apakah yang Disebut dengan Mata Malas?

Mata yang terlambat memakai kacamata, retina matanya tidak terlatih maka penglihatannya tetap tidak baik walau pun sudah memakai kacamata , lensa kontak atau operasi. Mata malas memerlukan latihan yang lama dan sabar dari orang tua dan anaknya.

Anjuran

Anak-anak yang harus berkacamata jangan merasa malu / rendah diri.

Orang tua / guru harus membantu anak-anak supaya mereka mau berkacamata.

Bagi anak kurang dari 7 tahun, bermain PS atau komputer sebaiknya tidak lebih dari 1 jam sehari.

Mohon para guru menasehati murid-murid agar tidak menertawakan kawannya yang harus berkacamata.

Sesudah belajar / menonton TV / menggunakan komputer selama 1 jam, sebaiknya istirahatkan mata selama 10 – 15 menit. (sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>