Memahami Cara Mengatasi Rambut Rontok

cara mengatasi rambut rontokPepatah bilang rambut adalah mahkota wanita. Betul, dan setiap wanita tentu ingin tampil dengan “mahkota” -nya yang paling indah, cantik dan berkilau. Rambut yang indah, cantik, dan berkilau bisa dimiliki seorang wanita dengan selalu merawat rambutnya dengan sebaik mungkin agar terhindar dari misalnya, kerontokan. Bagaimana sih caranya mengatasi rambut rontok ?

Sebab-sebab terjadinya rambut rontok

Untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok harus diawali dengan mencari terlebih dulu sebab-sebab terjadinya rambut rontok. Biasanya, rambut rontok disebabkan oleh tiga kondisi :

Pertama, Rambut rontok karena kebiasaan yang salah

Kebiasaan yang salah atau tidak baik bisa menyebabkan rambut rontok misalnya :

-        Kebiasaan memakai sisir yang bergerigi rapat

-        Kebiasaan mengeringkankan rambut dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron

-        Kebiasaan menguncir atau mengikat rambut dengan ketat

-        Kebiasaan sering mengeramas rambut dalam sehari, karena akan membuat kadar minyak alami pada rambut berkurang sehingga rambut mudah patah

Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki dan tidak melakukan kebiasaan salah tersebut diatas.

Kedua, Rambut rontok karena sedang sakit atau tidak sehat

Tubuh yang sedang sakit atau tidak sehat juga bisa menyebabkan rambut rontok. Berikut beberapa kondisi sakit yang bisa menyebabkan rambut rontok :

1.     Rambut rontok karena anemia

Kekurangan zat besi pada sel darah merah berpengaruh pada kesehatan folikel rambut. Cara mengatasinya memadukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C membantu menyerap zat besi dengan lebih efektif.

2.     Karena obat tertentu

Obat antidepresan, diuretik, dan pil Rx bisa mengakibatkan rambut rontok. Cara mengatasinya yaitu dengan berkonsultasi ke dokter, apakah mungkin menurunkan dosis obat-obatan tersebut, atau mungkinkah untuk mengganti obat tersebut dengan alternatif obat yang lain, atau menghentikannya sama sekali.

3.     Karena hyperthyroidism

Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat untuk mengatasi kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid. Konsultasikan dengan dokter tentang hal ini.

4.     Karena kekurangan kalori

Wanita akrab dengan diet. Diet ketat rendah kalori bisa menyebabkan keletihan, dehidrasi, kram dan rambut rontok. Selama diet usahakan untuk terus mendapatkan protein dan kalori yang cukup. Keduanya penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

5.     Rambut rontok karena stres

Stress yang tinggi bisa menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dan berakibat pada kerontokan rambut beberapa minggu berikutnya. Cara mengatasinya adalah dengan relaksasi seperti yoga, spa, terapi, meditasi, dll.  Bisa juga ambil cuti dan berlibur untuk menghilangkan stress

Bila rambut rontok disebabkan oleh kondisi badan yang sakit atau pemakaian zat kimia tertentu (seperti pada pengobatan kanker), maka cara mengatasinya relatif mudah. Sebab, rambut akan tumbuh kembali apabila penyakitnya sudah sembuh atau pemakaian zat kimia dihentikan

Ketiga, Rambut rontok karena faktor keturunan

Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab terjadinya rambut rontok. Jika memang demikian, jangan bingung atau panik, karena sudah ada beberapa tips mengenai cara mengatasi rambut rontok karena faktor keturunanyang mungkin bisa menjadi rujukan.

Di bawah ini beberapa tips atau cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena keturunan :

a. Pakailah kondisioner saat keramas pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, jika terlalu banyak kondisioner bisa mengakibatkan rambut gatal.

b. Saat memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir yang jarang agar rambut tidak kusut saat dibilas.

c. Pakai shampo herbal agar kulit kepala lebih nyaman.

d. Gunakan air dingin atau hangat kuku saat keramas, jangan pakai air yang terlalu panas

e. Jangan memakai hair dryer atau mengucek dengan handuk untuk mengeringkan rambut. Rambut yang dikucek-kucek handuk mudah rontok. Mengeringkan rambut cukup diangin-anginkan saja.

f. Pakai hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk pertumbuhan dan kesuburan rambut.

g. Biarkan rambut tergerai. Hindari pemakaian jepitan atau karet.

h. Menghindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

Mengatasi atau merawat rambut rontok secara alami

Mengatasi atau merawat rambut rontok secara alami banyak dipilih oleh masyarakat. Bagi mereka, perawatan rambut secara alami dianggap lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia. Disamping itu, merawat rambut secara alami bahan-bahannya mudah diperoleh di Indonesia.

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang mungkin bisa di coba dirumah.

1.     Mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya (aloevera)

Lidah buaya atau aloevera mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menyuburkan pertumbuhan rambut. Mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya barangkali merupakan cara paling terkenal di Indonesia.

Cara pemakaiannya : ambil lidah buaya, potong menjadi dua bagian kemudian ambil lendirnya. Usapkan pada rambut yang masih setengah basah sambil dipijit. Biarkan sekitar 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

2.     Dengan teh hijau (green tea)

Mengatasi rambut rontok dengan teh hijau atau green tea boleh dicoba. Teh hijau mengandung antioksidan yang berguna untuk menyuburkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Caranya yaitu : ambil 2 bungkus daun teh hijau yang sudah diseduh dengan air hangat. Balurkan pada rambut dan dipijit pelan-pelan. Biarkan  selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

3.     Mengatasi rambut rontok dengan seledri (celery)

Seledri mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan rambut seperti kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu merangsang pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau. Caranya :  ambil beberapa batang seledri, bersihkan lalu blender dengan telur yang sudah dikocok. Setelah tercampur rata, oleskan perlahan pada rambut sambil dipijit. Biarkan selama 20-30 menit kemudian bilas.

Mengatasi rambut rontok tidak bisa dilakukan dengan instan, melainkan harus dilakukan perawatan rambut secara rutin dan kontinyu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demi sebuah “mahkota” yang indah, cantik, dan berkilau seorang wanita pasti rela merawat rambutnya dengan sebaik mungkin.

Akhirnya, setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda yang tidak dapat disamakan satu dengan yang lain. Mengkonsultasikan langsung masalah rambut rontok bersama seorang dokter ahli adalah sikap yang bijak dan seharusnya dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>