Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat yoghurt untuk kecantikanPengertian yogurt

Kata yogurt atau yoghurt berasal dari bahasa Turki dari kata sifat ‘yoğun’, yang berarti “padat” dan “tebal”.  Sekitar tahun 1700-an yogurt dipromosikan ke luar negeri. Yogurt adalah produk olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt biasanya dibuat dari susu sapi, meskipun ada juga dibuat dari susu kambing atau domba dan susu kedelai. Produk olahan susu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan banyak manfaat yogurt untuk kesehatan dan kecantikan.

Mengolah susu menjadi yogurt merupakan salah satu cara agar susu tidak mudah basi, dan bisa lebih bernilai ekonomi. Dipasaran, yoghurt sering dijual dengan berbagai rasa, misalnya rasa buah-buahan, coklat atau vanilla. Namun tidak jarang pula yang dijual dengan rasa original alias apa adanya. Meski beda-beda rasa, namun yoghurt tetap kaya dengan manfaat.

Manfaat yogurt untuk kesehatan

Manfaat yogurt untuk kesehatan sangat banyak, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan percernaan atau mereka yang ingin melangsingkan badan. Hasil riset dari sejumlah pusat kesehatan yang dirilis di American Journal of Clinical Nutrition, Journal of Dairy Research membuktikan manfaat yogurt itu. Berikut beberapa manfaat yogurt untuk kesehatan.

  1. Sistem pencernaan lebih sehat. Yogurt mengandung probiotik (bakteri baik) yang telah terbukti menyehatkan mikroflora di dalam usus. Agar memperoleh manfaat yogurt yang optimal, pastikan yoghurt yang Anda beli mengandung minimal satu juta CFUs bakteri hidup. (CFUs = colony forming units). Dengan mengkonsumsi yoghurt berbagai penyakit pencernaan dapat dicegah, seperti maag, susah buang air besar, dan diare.
  2. Mencegah hipertensi. Alasan lainnya untuk rutin mengkonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yoghurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.
  3. Bermanfaat untuk kesehatan tulang, rambut dan kulit
  4. Menurunkan kolesterol tinggi.
  5. Mencegah osteoporosis atau keropos tulang.
  6. Menjaga kesegaran dan daya tahan tubuh.
  7. Meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas dari probiotik bakteri di dalam yoghurt.

yoghurt untuk kesehatanManfaat yogurt untuk kecantikan

Selain kesehatan, yoghurt juga diakui manfaatnya untuk kecantikan, diantaranya :

  1. Wajah lebih cantik dan sehat. Manfaat yogurt untuk kecantikan diantaranya adalah bisa dipakai untuk merawat kulit wajah. Itu karena yogurt mengandung asam laktat, unsur yang banyak dipakai dalam produk peeling kimia.

Masker yogurt bisa digunakan untuk mengelupas lapisan atas epidermis secara lembut. Bila masker yogurt dipakai secara teratur maka kulit wajah akan terhindar dari jerawat dan flek hitam. Menurut ahli dermatologi Hema Sundaram, seperti dikutip KOMPAS, “Untuk hasil maksimal, campurkan 1 cangkir yoghurt dengan 2-3 tetes olive oil lalu usapkan di wajah. Biarkan 20 menit lalu bilas”.

  1. Bermanfaat mencegah ketombe dan gatal di kulit kepala.
  2. Mengurangi plak dan gingivitis.
  3. Mencegah infeksi organ intim wanita.
  4. Menyembuhkan napas buruk dan mengurangi halitosis.

Selain itu produk olahan susu ini juga bermanfaat sebagai pembersih ramah lingkungan. Yoghurt mampu menjadikan barang logam Anda lebih berkilau. Kandungan asam laktat dalam yogurt lumayan efektif menghilangkan noda.

Kandungan yogurt

Yogurt mengandung banyak mineral dan kalsium, Vitamin B (B2, B12), Vitamin D, dan Vitamin E, serta protein.  Selain itu yogurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus seperti bakteri lactobacillus bulgaricus, streptococcus thermophilus, ataupun bifidobacterium. Semua kandungan yogurt tersebut sangat bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, dan stamina tubuh.

Macam-macam yogurt

macam-macam yoghurt

Yoghurt dari kulit pisang

Ada beberapa macam yogurt yang terkenal misalnya :

-        Yoghurt dahi (curd) yang populer di India Pakistan dan Bangladesh, karena memiliki rasa yang khas.

-        Dadiah atau Dadih yaitu yogurt tradisional dari Sumatera Barat.  Keunikan dadih karena dibuat dari susu kerbau bukan susu sapi, dan difermentasi dalam tabung bambu.

-        Labneh dari Lebanon. Yoghurt yang telah dipadatkan dan pakai sebagai sandwich. Kadang disajikan dengan tambahan potongan mentimun, aneka herba hijau dan minyak zaitun.

-        Yogurt Bulgaria. Banyak dikonsumsi di Bulgaria dan Macedonia. Umumnya dikonsumsi apa adanya, populer karena rasa, aroma dan kualitasnya. Yoghurt Bulgaria mengandung  Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus strain, dan itu membuatnya punya kualitas berbeda.

Selain aneka macam yoghurt tersebut ada juga minuman yogurt yang terkenal misalnya lassi dari India, ayran yang populer di Azerbaijan, Turki, Bulgaria, Macedonia, Kazakhstan dan Kyrgystan, yoghurt smoothie atau drinkable yoghurt di Amerika Serikat, yop di Inggris, Irlandia dan Kanada, serta kefir minuman yogurt yang berasal dari Kaukasus.

Itulah beberapa manfaat yogurt untuk kecantikan dan kesehatan. Mengkonsumsi yogurt memang nggak rugi, sehatnya dapet, rasanya juga dapet. Tertarik untuk mencicipi aneka sensasi rasa yogurt ? Nah, tunggu apa lagi ….   (Dari berbagai sumber).

One thought on “Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.