«

»

Jul 16 2012

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Orang Dewasa

Manfaat susu kedelai untuk kesehatanBagi Anda yang sudah bukan remaja lagi alias sudah berusia dewasa, inilah saat yang tepat untuk lebih menjaga kesehatan tubuh. Dengan semakin bertambahnya usia, ketahanan tubuh akan semakin berkurang. Dan banyak penyakit yang identik dengan penyakit orang dewasa akan mudah menyerang. Bila kita ingin tetap sehat, ungkapan pola hidup sehat jangan hanya sekedar menjadi wacana, melainkan mesti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan orang dewasa adalah soal makanan, termasuk susu. Kenapa ? Sebab susu sering diidentikkan sebagai minuman anak-anak sehingga banyak orang dewasa yang ogah meminumnya. Padahal susu merupakan minuman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan semua kalangan.

Bila Anda termasuk yang sering menghindar dari minum susu sapi biasa, maka susu kedelai bisa menjadi pilihan. Sebab, susu kedelai memiliki kandungan yang tidak kalah dengan kandungan susu sapi. Selain itu susu kedelai juga mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk kesehatan orang dewasa. Misalnya, kandungan asam lemak esensial, serat, dan protein yang tinggi.

Beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Beberapa penyakit atau sumber penyakit seperti kolesterol, osteoporosis, obesitas atau kelebihan berat badan, dan kanker prostat adalah penyakit yang sering mengancam orang dewasa. Susu kedelai ternyata sangat bermanfaat untuk menangkal penyakit atau sumber penyakit tersebut.

Mencegah kolesterol

Kolesterol adalah salah satu sumber penyakit yang paling ditakuti oleh orang dewasa. Kolesterol berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Susu kedelai diketahui bermanfaat mencegah kolesterol ini. Berbeda dengan susu yang lain, senyawa dalam susu kedelai mempunyai kemampuan untuk meningkatkan profil lipid di dalam darah. Asam lemak tak jenuh dalam kedelai bisa menghambat kolesterol di dalam darah. Jika kita minum susu kedelai dengan teratur akan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi serta mencegah pernyakit jantung koroner.

Mencegah osteoporosis

Penyakit osteoporosis adalah penyakit pembunuh nomor tiga di dunia setelah penyakit jantung dan penyakit kanker. Di Indonesia penyakit osteoporosis sering disebut sebagai penyakit keropos tulang. Osteoporosis merupakan pernyakit yang biasanya menyerang para manula. Hormon fitoestrogen dalam kedelai diketahui bermanfaat mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang sehingga membuat tulang kuat dan padat. Minum susu kedelai secara teratur ibarat menabung kalsium untuk antisipasi mencegah berkurangnya massa tulang saat tua nanti.

Menurunkan berat badan / obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah momok bagi orang dewasa. Nah, berbeda dengan susu lain, susu kedelai yang segar mengandung kadar gula yang rendah. Jika dibandingkan, susu sapi mengandung sekitar 12 gram gula tiap gelas, sedangkan susu kedelai hanya 7 gram saja. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh pada susu kedelai dapat menghambat penyerapan  lemak di usus, sehingga sangat efektif menurunan berat badan. Jadi lemak pada susu kedelai tidak menyebabkan kegemukan.

Mencegah serangan jantung koroner

Kandungan kalium, magnesium dan kalsium pada susu kedelai mampu memperkuat dan meningkatkan peredaran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, menurunkan kolesterol serta melancarkan peredaran darah untuk mencegah kejang-kejang. Minum segelas susu kedelai secara rutin setiap hari dapat menurunkan kemungkinan kambuhnya penyakit jantung hingga 50 persen.

Mencegah kanker

Susu kedelai mengandung protein, selenium dan molibdenum yang mampu menekan tumor ganas. Sangat efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara. Menurut penelitian, kemungkinan berkembangnya kanker bagi orang yang tidak mengkonsumsi susu kedelai 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang secara teratur mengkonsumsi susu kedelai.

Akhirnya, bila kita ingin mendapatkan manfaat susu, maka kita jangan “alergi” untuk minum susu termasuk susu kedelai. Kita harus bisa menanamkan mindset bahwa susu kedelai banyak sekali mengandung manfaat untuk kesehatan kita. Sayang bukan, bila susu kedelai yang kaya manfaat kita lewatkan begitu saja ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>