9 Manfaat Pijat Tubuh Bagi Kesehatan

manfaat pijat untuk kesehatanPijat dan urut bagi masyarakat kita bukanlah barang baru. Pijat dan urut sering dilakukan untuk mengobati bagian tubuh yang pegal, nyeri otot, terkilir dll. Ahli terapi pijat pun tak kalah banyaknya baik yang pijat tradisional ataupun pijat modern.

Rajin pijat tubuh ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selama ini pijat sering dianggap sekedar melemaskan kembali otot-otot yang tegang dan memberi efek relaksasi. Tapi sesungguhnya pijat tubuh merupakan investasi kesehatan yang sangat berguna jika rutin dilakukan. Misalnya pijat seminggu sekali atau dua minggu sekali.  

Macam-macam pijat

Masyarakat kita mengenal bermacam-macam pijat tubuh, beberapa diantaranya bahkan sangat populer. Berikut diantaranya :

  1. Pijat refleksi. Ini adalah pijatan pada daerah telapak kaki atau punggung kaki dimana terdapat titik-titik refleksi yang terhubung dengan organ tubuh lainnya. Pijat refleksi dilakukan dengan kekuatan jari-jari tangan atau dengan alat bantu pijat, misalnya kayu atau bambu.
  2. Pijat tradisional. Dengan menggunakan oil dalam pemijatan, pijat tradisional dilakukan dengan memakai teknik urut dari jari-jari yang disertai kekuatan telapak tangan. Pijat tradisional cocok untuk terapi pengobatan dan relaksasi.
  3. Pijat Thailand. Menggunakan tangan, kaki, siku, tubuh, dan teknik menekan, memutar, menarik namun tetap menjaga keseimbangan.
  4. Shiatsu atau pijat Jepang. Menggunakan kekuatan seluruh jari dari jempol sampai kelingking. Pijat shiatsu tanpa memakai oil.

Manfaat pijat bagi kesehatan

Manfaat pijat tubuh bagi kesehatan diungkapkan oleh Jennifer Goldsworthy, LMT, pendiri sekaligus pemilik klinik kesehatan holistik ShenMindBody. Menurutnya setidaknya ada 9 manfaat pijat untuk kesehatan jika kita rajin melakukannya, seperti dikutip dari Female First. (Lihat juga aneka alat pemijat elektrik klik disini)

  1. Mengurangi kelelahan. Pijatan yang dilakukan pada otot yang tegang akan menstimulasi otak untuk melepaskan rasa lelah dan merasakan sensasi lebih bebas.
  2. Mengurangi rasa sakit. Pijat tubuh dapat mengurangi nyeri sendi, migraine kronis, dan mengurangi ketegangan otot leher dan bahu.
  3. Detoksifikasi racun. Pijatan dapat meningkatkan kemampuan kelenjar getah bening yang bersama-sama darah, bertugas mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, dan selanjutnya mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  4. Fungsi tubuh lebih optimal. Pijatan yang dilakukan dikulit akan menyehatkan kulit, dan dampaknya dirasakan juga oleh organ dalam kita. Sehingga fungsi tubuh yang lain dan pikiran jadi lebih optimal.
  5. Olahraga jadi maksimal. Aktifitas olahraga yang berlebihan sering menimbulkan rasa sakit, nyeri dan pegal-pegal. Pijat dapat mengurangi perasaan tersebut, dan jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan ketahanan tubuh dan otot saat berolahraga sehingga tidak cepat lelah. Rajin pijat juga akan mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga.  
  6. Kesehatan lebih terjaga. Rajin pijat akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti meningkatnya system kekebalan tubuh, tidur jadi lebih berkualitas, meningkatkan peredaran darah, dan ketegangan otot jadi berkurang.
  7. System pernafasan lebih sehat. Ketika dipijat, tubuh dengan sendirinya akan bernafas lebih pelan dan dalam. Aktifitas menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya dengan pelan-pelan akan membuat peredaran oksigen lebih mudah mengalir ke dalam tubuh sehingga membantu proses penyembuhan dan menyehatkan system pernafasan.
  8. Postur tubuh lebih ideal. Pijat tubuh sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang belakang dan otot disekelilingnya jadi lebih lentur dan fleksibel. Secara tidak langsung hal itu akan membuat postur tubuh lebih baik dan lebih ideal.
  9. Persendian lebih lentur dan tidak kaku. Terlalu banyak beraktifitas dan terlalu banyak menggerakkan sendi bisa berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan. Pijat tubuh akan mengurangi ketegangan pada sendi dan mengembalikan kelenturan sendi setelah tubuh beristirahat. Jika merasakan persendian sakit setelah pijat, itu bisa menjadi tanda-tanda adanya titik ketegangan di tubuh kita. Oleh sebab itu pijat rutin perlu dilakukan untuk memulihkan persendian yang sakit.
3 Comments

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.