«

»

Nov 24 2011

Manfaat Minyak Zaitun

6 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kehidupan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatanMinyak Zaitun merupakan bahan makanan terkenal yang berasal dari kawasan Laut Tengah (Mediterania). Minyak zaitun adalah bahan yang sering dikaitkan dengan kesehatan. Namun, sejatinya minyak zaitun memiliki banyak manfaat dan fungsi yang baik untuk aneka keperluan. Minyak zaitun tak hanya bisa digunakan untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan dan keperluan rumah tangga lain.

Sekalipun harganya cukup mahal dan jarang ada di pasaran, minyak zaitun tetap digemari banyak kalangan. Umumnya orang menyimpan minyak zaitun, karena mereka mengetahui manfaat minyak zaitun untuk banyak hal. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun.

Pertama, Menjaga kulit tetap sehat (melawan kanker)

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah menjaga kesehatan kulit (melawan kanker). Minyak zaitun mengandung zat yang disebut sebagai linoleic acid. Linoleic acid merupakan suatu zat yang mampu menjaga / menahan air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit.

Menurut Leslie Baumann, M.D., pengarang The Skin Type Solution, mengkonsumsi buah dan minyak zaitun bisa bermanfaat pada kulit sehat, sama ketika dikenakan sebagai olesan. Teteskan minyak zaitun ke dalam air mandi hangat untuk tambahan kesehatan. Baumann menambahkan, bahwa minyak zaitun juga mengandung setidaknya 4 zat antioksidan yang berbeda. Hal ini berarti membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit dan kanker kulit.

Kedua,  Mengurai rambut kusut

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah untuk mengatasi rambut kusut dan rusak. Oleskan minyak zaitun pada sisir, lalu sisirkan pada rambut yang kering atau melayang, khususnya di udara yang dingin atau lembab. Michael de Jong, penulis Clean Body menyarankan untuk mengoleskan rambut dengan minyak zaitun, bungkus dengan shower cap setidaknya 3 menit, lalu keramas seperti biasa. Hal ini akan membantu memberikan kelembaban pada rambut yang sangat kering.

Ketiga,  Membantu melegakan tenggorokan kucing

Bagi para penyayang binatang, minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk melegakan tenggorokan kucing. Sewaktu  membersihkan tubuhnya, kucing menjilati bagian-bagian tubuhnya. Tak jarang, ada helaian rambutnya yang terlepas dan tersangkut di tenggorokannya.

Untuk mengeluarkan rambut-rambut yang menggumpal di tenggorokannya (hairball), kucing harus terbatuk-batuk dan mendehem. Untuk mengurangi kesulitannya, tambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalam makanannya. Selain untuk mencegah hairball, hal ini juga membantunya mendapatkan rambut yang lebih bersinar dan sehat.

Keempat, Mengurangi dengkuran

Meneguk minyak zaitun sebelum tidur bermanfaat bisa memberikan lubrikasi pada otot tenggorokan, sehingga dipercaya bisa mengurangi dengkuran. Termasuk juga mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

Kelima,  Mengilapkan furnitur dan besi (termasuk bahan kulit)

Anda memiliki peralatan makan dari perak, perunggu, atau bahan metal lain ? Biasanya peralatan tersebut dipoles dengan saus tomat atau pasta gigi. Untuk mencegah bekas, karat, dan noda, gosokkan minyak zaitun pada bahan-bahan tadi. Caranya, campurkan minyak zaitun dan perasan lemon dengan perbandingan 2:1. Celupkan kain lembut ke dalam campuran tadi, bersihkan peralatan dari debu, lalu gosokkan kain tadi.

Bisa juga digunakan pada meja kayu. Sementara untuk produk kulit, oleskan minyak zaitun tipis-tipis, diamkan selama 30 menit, lalu lap dengan kain.

Keenam,  Melancarkan pintu berderik

Minyak zaitun bisa bermanfaat sebagai lubrikan dalam banyak hal. Seperti menghilangkan suara berdenyit engsel pintu, teteskan minyak zaitun. Anda mungkin lebih memilih produk lubrikan buatan untuk hal-hal tersebut. Namun, bahan dasar produk lubrikan tersebut kebanyakan adalah hidrokarbon.

Nah, setiap kali kita mengurangi penggunaan zat hidrokarbon tersebut, artinya kita telah berpartisipasi menjaga bumi agar lebih bersih. Hmm, jadi manfaatkan saja minyak zaitun, kenapa tidak ?

1 comment

  1. alen

    wah, ternyata banyak sekali khasiat minyak zaitun ya
    dan banyak juga loh penyakit yang bisa disembuhkan dengan minyak zaitun.
    minyak ini multifungsi.
    :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>