Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Perawatan

Manfaat minyak zaitun

Kata zaitun sangat dikenal di masyarakat kita. Kata “zaitun” yang berasal dari nama sebuah pohon ini, sering dipakai untuk nama depan anak perempuan Indonesia. Jika ada anak perempuan Indonesia dipanggil “Atun”, kemungkinan besar karena nama depannya mengandung kata Zaitun. Penggunaan nama zaitun tersebut boleh jadi karena “zaitun” punya citra yang bagus serta punya banyak manfaat untuk masyarakat.

Pohon zaitun memang dikenal luas di seluruh dunia karena punya banyak manfaat. Salah satunya adalah karena buahnya bisa dimanfatkan menjadi minyak, yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menambah cita rasa masakan, pasta atau salad. Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan merawat diri terutama kaum perempuan.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan merawat diri :

Pertama, Membersihkan wajah

Minyak zaitun untuk membersihkan wajah ? Ya betul. Kadang-kadang pembersih wajah saja belum cukup. Kita perlu sesuatu yang lebih kuat, namun tidak menyebabkan iritasi pada wajah. Minyak zaitun lah yang jadi jawabannya.

Tuang ke atas kapas, lalu oleskan merata di seluruh wajah dan leher. Hindari bagian mata yang lebih sensitif. Riasan anti air sekalipun akan tersapu bersih.

Kedua, Perawatan rambut

Rambut adalah mahkota wanita. Dan kesehatan rambut perlu dijaga agar penampilan senantiasa sempurna. Dengan memanfaatkan minyak zaitun, impian itu bisa terwujud. Caranya tidak begitu sulit.

Sesudah keramas, oleskan minyak zaitun sedikit demi sedikit pada rambut. Keringkan dengan handuk. Usahakan jangan memakai alat pengering rambut. Dalam keadaan setengah kering, tutupi rambut dengan topi mandi.

Biarkan kurang lebih selama 10 menit. Lalu gunakan pengering rambut untuk sedikit menghangatkan rambut. Setelah itu, diamkan lagi selama 10 menit. Buka topi mandi, lalu bilaslah rambut.

Lakukan dengan rutin dua minggu sekali, maka kelembaban rambut terjaga. Tak ada lagi ujung bercabang dan rambut kering.

Ketiga, Kebersihan dan kesehatan kulit

Manfaat selanjutnya adalah bisa berfungsi sebagai teman yang sesuai sebelum melaksanakan proses scrubbing pada kulit. Oleskan minyak zaitun merata di seluruh bagian tubuh, kecuali wajah.

Sesudah itu baru bubuhkan scrub dan gosok badan. Kotoran akan hilang, kulit pun jadi bersih dan segar.

Keempat, Kecantikan yang lain

Daerah kutikula di sekitar kuku jari tangan dan kaki seringkali kering. Tapi jangan khawatir, kita tak perlu manicure di salon, kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Caranya campurkan minyak zaitun dan air dalam wadah. Celupkan kedua jari tangan ke dalamnya. Diamkan selama lima menit.

Ambil minyak zaitun yang sudah dihangatkan sebelumnya. Lalu oleskan di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Setelah itu gunakan alat-alat manicure dan pedicure. Kulit mati yang mengeras di sekitarnya terangkat, kuku jadi lebih cantik.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan perawatan di wajah, rambut, kulit dan kecantikan lain pada umumnya. Mengetahui banyaknya manfaat dari minyak zaitun ini, tidak heran jika kata “zaitun” punya citra yang bagus dimasyarakat.

Itulah barangkali, mengapa banyak orang tua yang memberi nama anak perempuan mereka dengan nama Zaitun. Mereka ingin kelak anaknya menjadi insan yang bermanfaat seperti halnya manfaat yang dibawa oleh pohon zaitun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>