Ini Dia Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Dunia mengenal manfaat kayu manis untuk kesehatan dari khazanah pengobatan tradisional yang telah berkembang selama berabad-abad. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai sejenis rempah-rempah yang juga biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan.

Tanaman kayu manis termasuk dalam famili Lauraceae. Tanaman ini diduga berasal dari Sri Lanka atau India Selatan. Pohon ini tumbuh subur di Jawa, Sumatera, India Barat, Brasil, Vietnam, Madagaskar, dan Mesir. Masyarakat internasional mengenal tanaman yang kaya manfaat ini dengan nama cinnamon, yang berasal dari bahasa Yunani kinnamon.

Cinnamon telah digunakan sebagai rempah-rempah sejak jaman Mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Pada abad ke-16, kayu manis (cinnamomum burmannii) telah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Di seluruh dunia terdapat 54 jenis kayu manis (Cinnamomum spp), 12 jenis di antaranya terdapat di Indonesia. Jenis tanaman yang banyak berkembang di Indonesia adalah Cinnamomum burmannii BL, atau lebih dikenal dengan nama Cassiavera.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

manfaat kayu manis untuk kesehatanCinnamon atau kinnamon ini merupakan salah satu rempah-rempat tertua yang sampai saat ini masih dipergunakan oleh manusia. Manfaat kayu manis pada era modern telah melalui kajian secara clinical dengan serangkaian tes uji laboratorium. Hasilnya menunjukkan bahwa tanaman ini mempunyai banyak sekali faedah bagi kesehatan. Bahkan juga sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan parfum serta dikembangkan menjadi obat-obatan anti mikroba.

Berikut beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan masyarakat :

1. Mengatur kadar gula darah

Sejumlah riset menyimpulkan bahwa kayu manis bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah sehingga ia merupakan makanan yang baik untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic. Para Ilmuwan di Amerika mengklaim bahwa mengkonsumsi satu sendok teh sehari bisa membantu mencegah diabetes. Peneliti dari US Department of Human Nutrition Research di Beltsville, Maryland, menemukan kalau ekstrak pohon ini bisa meremajakan kemampuan tubuh agar lebih responsif terhadap insulin.

Faktanya, hasil percobaan di laboratorium menunjukkan bahwa pengolahan glukosa meningkat hingga 20 kali lipat. Efek ini disebabkan oleh kandungan methylhydroxy chalcone polymer yang terdapat di dalamnya. Manfaat kayu manis lainnya adalah dalam menstabilkan suasana hati (mood) dan energi dalam tubuh.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Kayu manis berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein). Sejauh ini, LDL diketahui berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Selain itu, mengkonsumsi kayu manis juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi di Pakistan menunjukkan penurunan kadar gula darah puasa, trigliserida, kolesterol jahat LDL dan kolesterol total setelah penggunaan selama 40 hari. Penurunan itu terus terjadi hingga 20 hari berikutnya.

3. Sebagai anti infeksi

Kayu manis mempunyai kandungan anti-infeksi yang alami. Dalam sejumlah riset ditemukan