Manfaat Daun Sirih Dalam Pengobatan Tradisional

Manfaat daun sirihPohon sirih (piper betle) adalah tanaman yang mudah kita temukan di sekitar kita. Pohon sirih adalah tanaman asli Indonesia atau Asia Tenggara pada umumnya. Pohon sirih tumbuh merambat pada kayu, bamboo atau pohon lain yang lebih kuat. Bentuk daun sirih mirip jantung atau hati dan warnanya hijau segar. Daun sirih akan mengeluarkan baunya yang khas jika kita meremasnya.

Masyarakat kita sudah mengenal manfaat daun sirih sejak jaman dulu.  Khazanah pengobatan tradisional mengenal manfaat daun sirih tersebut sebagai obat anti biotik, dan itu diwariskan secara turun-temurun. Dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Pada sisi lain, daun sirih juga dikenal “dekat” dengan kebiasaan wanita Indonesia jaman dulu yang suka nginang atau nyeupah. Meskipun tradisi nginang atau nyeupah ini sudah mulai ditinggalkan wanita jaman sekarang. Namun di beberapa pelosok daerah tradisi ini masih dilakukan. Dari segi kesehatan, belum diketahui pasti apa manfaat daun sirih pada kebiasaan nginang atau nyeupah ini. Ataukah jangan-jangan nginang  dan nyeupah sama sekali tak ada manfaatnya ?

Dalam konteks yang berbeda daun sirih juga dianggap kental dengan unsur mistik. Sebab, beberapa suku di Nusantara sering menyertakan daun sirih dalam upacara adat mereka. Wallahu ‘alam.

Beberapa manfaat daun sirih dalam pengobatan tradisional

Manfaat daun sirih dalam konteks pengobatan tradisional sesungguhnya sangat banyak. Apa yang disebutkan dibawah ini hanyalah sebagian manfaat daun sirih yang paling dikenal, dan paling sering dipraktekkan masyarakat. Yaitu :

Mengobati mimisan

Yang kita perlukan adalah satu lembar daun sirih, lalu gulung setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

Obati diare

Siapkan 4 sampai 6 lembar daun sirih, dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan tersebut bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada perut.

Obat alergi dan gatal

Bahan : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok teh minyak kayu putih. Caranya, semua bahan bersama-sama sampai halus, kemudian digosokkan pada bagian tubuh yang gatal.

Menghilangkan bau mulut

Ramuan ini juga dapat mengobati bau mulut disebabkan oleh kerusakan gigi dan bakteri mulut yaitu dengan cara di kunyah. Caranya daun sirih dicuci lalu kunyah dan biarkan beberapa menit dalam mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2-3 kali sehari.  Cara kedua yaitu dengan cara berkumur. Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih.  Dinginkan dan saring, gunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

Obat gusi bengkak

Petik 5-6 lembar daun sirih. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Mengobati gusi berdarah

Untuk menghentikan pendarahan gusi, Anda dapat mengambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Angkat dan disaring gunakan untuk berkumur.

Menghilangkan bau badan

Ambil 2-3 lembar daun sirih direndam dalam air panas 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air hangat. Kemudian Minum.

Radang Tenggorokan

Rendam 3 lembar daun sirih pada segelas air panas. Setelah airnya dingin gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menengadah ke atas dan rasakan air nya sampai ke pangkal tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari.

Obat Keputihan

Siapkan 7 – 10 lembar daun sirih. Rebus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar organ kewanitaan.

Untuk pemakaian bagian kulit luar, manfaat daun sirih misalnya mengobati penyakit seperti eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul dan menghilangkan gatal.

Karena lahan yang makin sempit, sekarang pohon sirih banyak ditanam dalam pot disekitar rumah. Baik sebagai tanaman hias ataupun sebagai tanaman obat yang setiap waktu bisa dimanfaatkan.

Meskipun daun sirih banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, publikasinya di berbagai media mungkin belum banyak. Adalah tugas kita semua untuk mengkaji semua manfaat daun sirih ini, terutama dalam konteks pengobatan tradisional.

Pohon sirih adalah bagian dari tanaman asli Indonesia. Kalau bukan kita yang mengkajinya, siapa lagi ? (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>