7 Manfaat dan Kegunaan Panci Presto

manfaat panci prestoSuka makan bandeng presto ? Hmm, tentu. Selain rasanya enak, nilai gizinya juga banyak. Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci presto. Jika Anda suka makan makanan yang sehat dan bergizi, mulai dari sekarang pertimbangkan untuk mulai memasak makanan dengan menggunakan panci ajaib ini. Kenapa, sebab memasak makanan dengan panci presto (pressure cooker) banyak sekali manfaatnya. Panci istimewa ini merupakan alat masak yang mampu menghasilkan makanan yang sehat karena kandungan nutrisi makanan maupun rasanya tetap terjaga.

Manfaat dan kegunaan panci presto bisa dirasakan baik oleh pemasak pemula ataupun oleh ahli masak yang sudah bertahun-tahun. Apa saja manfaat panci hebat ini ? Nah, berikut adalah manfaat jika kita memasak dengan panci presto :

  1. Makanan yang dihasilkan lebih sehat. Panci preto mampu membunuh mikro organism yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti bakteri dan virus. Suhu panas yang ada dalam panci bahkan mampu melunakkan duri ikan dan tulang ayam.
  2. Kandungan gizi maupun rasa tetap terjaga. Panci presto memungkinkan kita memasak makanan dalam waktu yang lebih singkat, dengan sedikit pemakaian air. Banyak penelitian menunjukkan bahwa semakin lama kita memasak dan semakin encer makanan maka semakin banyak pula nilai gizi dan nutrisi yang hilang. Sangat disayangkan jika kita membeli sayuran, ikan atau daging yang bagus namun nilai gizi dan nutrisinya akan hilang begitu saja karena pengolahan yang tidak tepat. Panci presto akan mempertahankan kandungan gizi dan nutrisi maupun rasa makanan yang dimasak.
  3. Lebih efisien. Panci presto mampu memasak makanan 70 % lebih cepat dari pada memasak makanan dengan cara konvensional. Dengan demikian energi yang dipakai juga lebih efisien, dan lebih hemat. Panci yang banyak dipakai untuk mempresto ikan atau ayam ini tidak menimbulkan limbah minyak, bau maupun cipratan lain seperti jika memakai wajan penggorengan.
  4. Lebih aman. Boleh dikatakan panci presto modern 100 % aman. Desain panci saat ini banyak memakai sampai enam katup dan ventilasi system keselamatan untuk mencegah kecelakaan. Mekanisme gasket dan pelepasan tekanan memungkinkan tekanan berlebih disalurkan. Sebuah panci presto stainless steel yang bagus adalah aman dan hanya membutuhkan sedikit perawatan.
  5. Serbaguna. Alat ini bisa difungsikan sebagai oven sampai steamer, sebagai panci ataupun loyang, panci presto ini sangatlah serbaguna. Karena sifatnya yang serbaguna maka kita bisa menghemat ruang di dapur. Selain serbaguna juga multifungsi. Bayangkan kita bisa menggunakannya untuk mempersiapkan tiga hidangan : makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Top markotop lah !
  6. Dapur lebih dingin. Kita yang tinggal di negara tropis bisa membayangkan betapa panasnya suhu udara saat memasak di dapur, apalagi jika berlangsung lama. Kalau memasak dengan kompor dan panci biasa, hawa panas akan naik melalui panci lalu membumbung keatas. Sebagian dibuang keluar melalui exhaust fan, tapi sebagian yang lain tetap dalam ruangan dan mengakibatkan hawa panas di dapur. Berbeda halnya dengan panci presto, panci hebat ini akan mempertahankan panas tetap didalam dan tidak bocor, sehingga boleh dikatakan tidak akan membuat dapur jadi panas.
  7. Membersihkan dapur jadi lebih simpel. Memasak dengan alat masak biasa cenderung meninggalkan residu, uap dan minyak dimana-mana : di atas kompor, di alat masak itu sendiri, lantai dan dinding, meja dan lain-lain yang semuanya perlu dibersihkan setelah kegiatan masak-memasak selesai. Yah, cukup repot juga ….

Dengan panci presto upaya bersih-bersih dapur jadi lebih simpel, karena panci ini memiliki tutup yang aman yang akan mencegah percikan atau tetesan cairan keluar dari panci. Setelah memasak kita tidak ribet dengan bersih-bersih yang lain, tapi cukup membersihkan panci satu itu saja.

Dengan demikian manfaat panci presto dan kegunaannya secara umum bisa dirasakan dari sisi ekonomi, kebersihan lingkungan, dan tentu saja kandungan gizi dan rasa masakan itu sendiri.

Makanan yang bisa dimasak dengan panci presto

Apa saja aneka makanan yang bisa dimasak menggunakan panci presto ? Jawabnya sangat banyak dan dimasyarakat biasanya tercermin dari namanya : bandeng presto, bebek presto, ayam presto dan lain-lain. Tapi tidak cuma itu, berikut adalah aneka masakan yang bisa dimasak dengan alat presto :

  1. Aneka rebusan dan kari. Mungkin ini yang paling populer, karena bahan-bahannya yang mudah didapat.
  2. Daging yang alot yang jika dimasak konvensional memakan waktu lama. Dengan dipresto daging menjadi sangat empuk dan tidak perlu waktu lama.
  3. Kacang kering, kentang dan wortel yang jika dikukus biasa juga perlu waktu cukup lama.
  4. Aneka buah yang dikukus atau direbus sebagai makanan penutup yang lezat.
  5. Pudding kukus dan kue keju.

Pilih ukuran panci presto yang cocok

Agar mendapatkan manfaat panci presto secara maksimal maka sebaiknya gunakan ukuran panci yang sesuai. Jangan kekecilan ataupun kebesaran. Dipasaran terdapat berbagai macam ukuran panci, namun yang paling populer adalah ukuran 4, 6 dan 8 liter. Berikut penjelasan masing-masing ukuran :

  1. Panci presto 4 liter. Cocok untuk mereka yang masih single atau pasangan yang baru berumah tangga. Resep masakan untuk satu atau dua orang bisa ditampung oleh ukuran 4 liter.
  2. Panci presto 6 liter. Ukuran ini paling populer. Cocok untuk keluarga dengan dua atau tiga anak.
  3. Panci presto 8 liter. Cocok untuk keluarga yang lebih besar. Ukurannya sangat baik untuk membuat makanan dalam jumlah banyak.

Penutup

Di negara kita kata presto sering diasosiasikan dengan bandeng presto. Bandeng presto adalah salah satu jenis makanan terkenal yang memanfaatkan teknik memasak yang sehat dengan pressure cook. Hasilnya, kelezatan bandeng ini tak diragukan lagi. Saking lezatnya, sampai-sampai duri-durinya yang lunak pun sering kita makan. Jika anda suka dengan makanan yang sehat, yang kandungan gizi dan rasanya tetap terjaga, atau suka dengan gaya memasak yang simpel, efisien tapi aman, maka alternatif memasak dengan panci presto adalah pilihan yang sangat rasional.

>>> CEK HARGA PANCI PRESTO BAGUS KLIK DI SINI

Tentu saja makanan yang sehat, bergizi dan lezat bukan semata-mata andil dari panci presto. Diluar itu kita perlu juga pengetahuan tentang bahan makanan yang segar, bumbu-bumbu, dan resep cara meraciknya. Namun, teknik memasak dengan pressure cooker bagaimanapun merupakan penemuan berharga bagi khazanah kuliner yang sehat, bergizi dan lezat.

2 Comments

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.