Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Jarang Diketahui

Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan ? Salah satu buah yang paling menggoda untuk saya nikmati adalah buah naga. Selain karena sensasi rasanya, juga karena manfaat buah naga yang ramai dibicarakan orang. Buah ini  diketahui pertama kali tumbuh di daerah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah yang dalam bahasa Meksiko disebut pitaya atau pitahaya adalah buah dari berbagai macam kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Saat ini buah tersebut banyak dikembangkan di beberapa negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Pada 1870 tanaman ini dibawa bangsa Perancis dari Guyana ke Vietnam. Oleh orang Vietnam buah ini dianggap banyak membawa manfaat atau berkah. Istilah buah naga muncul karena buah ini sering ditaruh diantara dua ekor patung naga dalam persembahan di altar. Dari kebiasaan ini lalu orang Vietnam menyebutnya sebagai thang loy yang berarti buah naga. Istilah thang loy kemudian dialihbahasakan dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit. Ada pula yang berpendapat disebut buah naga, karena seluruh batangnya yang menjulur panjang seperti layaknya naga.  Hmm . . . , begitu ya.

Masing-masing negara mempunyai sebutan yang berlainan terhadap buah ini, misalnya : Feuy Long Kwa (Cina), Thanh Long atau Clever Dragon (Vietnam), Kaew Mangkorn (Thailand), Shien Mie Kuo (Taiwan), Pitahaya (Mexico), Melano (Hawai), Rhino Fruit (Australia). Sedangkan secara internasional buah ini disebut Dragon Fruit.

Di Indonesia sendiri disebut sebagai buah naga dan ada pula yang menyebutnya kaktus manis atau kaktus madu. Joko Raino Sigit lulusan S2 teknik lingkungan UNS warga Delanggu, Klaten, Jawa Tengah adalah pengusaha yang pertama kali mengembangkan dan memanfaatkan buah tersebut di Indonesia.

Manfaat buah naga untuk kesehatanPada dasarnya si dragon fruit ini dapat tumbuh dengan kondisi tanah dan ketinggian berapapun. Kota Malang yang berada pada 400 – 700  meter dari permukaan laut, sangat cocok untuk budidaya buah naga. Di Indonesia buah ini banyak dibudidayakan didaerah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, serta Ponorogo.

Bentuk dan macam buah naga

Buah naga mempunyai bentuk yang khas, yaitu bersisik atau berjumbai pada bagian luar. Kebanyakan berwarna merah, namun ada pula yang berwarna merah muda dan kuning. Isinya berwarna macam-macam tergantung jenisnya dengan bijinya yang kecil-kecil. Bagian isinya atau dagingnya inilah yang kita makan. Rasanya manis, segar, sedikit masam dan sangat khas.

Pada umumnya buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai pelepas haus dan dahaga. Hal ini karena kandungan airnya yang sangat tinggi sekitar 90 persen dari berat buah yang rata-rata mencapai setengah sampai 1 kilogram, rasa buah ini manis karena kadar gulanya mencapai 13-18 briks.

Ada empat macam buah naga yaitu :

• Hylocereus undatus, bagian luarnya berwarna merah dengan daging berwarna putih.

Hylocereus polyrhizus, bagian luarnya berwarna merah muda dengan daging berwarna merah.

Selenicereus megalanthus, bagian luarnya berwarna kuning dan warna daging putih.

Hylocereus costaricensis, dengan warna daging super merah.

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Telah disinggung dimuka bahwa manfaat buah naga ramai dibicarakan orang. Inilah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan :

1. Dapat mencegah radikal bebas serta melindungi dari kanker, sebab merupakan sumber antioksidan yang sangat positif.

2. Membuang zat beracun seperti logam berat yang ada dalam tubuh. Buah naga juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol.

3. Bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, karena buah naga mengandung banyak vitamin C.

4. Dapat memperbaiki dan memulihkan nafsu makan yang berkurang, karena mengandung vitamin B2 layaknya multivitamin.

5. Mengandung vitamin B1 sehingga dapat membantu meningkatkan produksi energi dan metabolisme karbohidrat.

6. Membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut dengan dibarengi olahraga yang teratur.

Penelitian yang lengkap dan mendalam mengenai manfaat buah naga mungkin belum banyak, namun diyakini buah tersebut banyak mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat. Selain itu juga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Manfaat buah naga lainnya yang jarang diketahuiadalah :pelindung kesehatan mulut, pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan, mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik, mengobati sembelit, mengobati hypertensi, dan memperhalus kulit wajah.

Tergoda untuk menikmati buah naga ?

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.