Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi

bawang putih menurunkan hipertensiHipertensi atau penyakit darah tinggi sering di pandang sebagai “penyakit awal”. Artinya jika tidak segera diatasi maka hipertensi bisa menyebabkan komplikasi panyakit lain yang lebih serius seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, stroke atau kelumpuhan dan lain-lain. (Baca artikel sebelumnya :  Hipertensi : gejala, penyebab, dan pencegahannya).

Hipertensi muncul karena tingginya tekanan darah seseorang sampai diatas normal yaitu di kisaran 120 / 80 mmHG. Agar tidak sampai menimbulkan komplikasi maka penderita perlu menurunkan tekanan darahnya sampai angka yang dianjurkan, misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan hipertensi.

Negara kita kaya dengan buah dan sayuran yang berguna untuk menurunkan hipertensi. Makanan tersebut bisa diperoleh dengan mudah dan murah. Berikut beberapa makanan atau bahan makanan untuk menurunkan hipertensi.

  1. Timun atau mentimun
  2. Bawang putih
  3. Daun seledri
  4. Belimbing
  5. Buah pace atau mengkudu
  6. Alpukat
  7. Selada air
  8. Cincau
  9. Pepaya, dan lain-lain

belimbing untuk menurunkan hipertensiMakanan penurun hipetensi diatas sudah cukup dikenal luas dan mudah didapat. Sebagian bisa langsung dimakan, dibuatkan juice atau dipakai sebagai bumbu masakan. Bahkan, saya mengenal dengan baik seseorang yang biasa menelan bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tingginya.

Bagi penderita hipertensi tak ada salahnya memiliki alat ukur tekanan darah. Hal ini semata-mata untuk mendeteksi lebih awal manakala tekanan darahnya melampaui batas normal.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.