Listrik Tenaga Surya (Solar Panel) Murah Untuk Rumah

listrik tenaga surya murahKebutuhan energi listrik bagi rumah tangga sudah seperti sembako saja. Ya seperti beras, minyak, gula, sayuran dan lain-lain. Ketersediaan listrik untuk rumah tangga sangat penting artinya. Sekarang ini hampir semua peralatan di rumah membutuhkan energi listrik. Kulkas, lampu, AC, mesin cuci, pompa air, microwave, komputer, televisi dan lain-lain. Apa jadinya jika listrik yang sangat kita butuhkan itu tiba-tiba padam ? Jawabannya semua orang bakal ngomel ke PLN (perusahaan listrik negara) karena aktifitasnya jadi terhenti.

Kenyataannya kita memang sangat bergantung pada listrik PLN. Jika listrik PLN padam semua pekerjaan di rumah bisa terhenti. Nah, pernahkah terlintas di pikiran kita untuk mengurangi ketergantungan pada listrik PLN ?  Setidaknya kita masih bisa melanjutkan pekerjaan rumah yang paling mendesak meski listrik PLN padam. Jika Anda punya keinginan seperti itu, maka sebaiknya mulailah berpaling ke energi alternatif, misalnya listrik tenaga surya (solar panel). Pembangkit listrik tenaga matahari ini sekarang sudah banyak tersedia di pasaran dan harganya pun semakin murah.

Listrik tenaga surya untuk rumah tangga

Listrik tenaga surya, disebut juga solar panel atau solar cell, merupakan salah satu energi alternatif yang paling cocok untuk diterapkan di lingkungan rumah tangga. Mengapa ? Sebab, harga listrik tenaga surya semakin murah dan tidak membutuhkan biaya besar untuk pemasangannya. Untuk jangka panjang, bahkan biaya itu terasa sangat ekonomis.

Sumber utama listrik tenaga surya adalah cahaya matahari. Di Indonesia, sebagai negara tropis, cahaya matahari sudah tersedia secara gratis. Nah, solar panel adalah sebuah perangkat yang bisa menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan sinar matahari. Solar cell  akan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Keunggulan solar panel

Penggunaan solar panel untuk kebutuhan listrik dirumah memiliki banyak keuntungan atau keunggulan, diantaranya :

1.       Ramah lingkungan

Solar panel merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Tidak berisik, tidak menimbulkan polusi udara, tidak mencemari air, tidak menyisakan limbah dan lain-lain. Dengan menggunakan listrik tenaga surya di rumah maka secara tidak langsung kita ikut melestarikan lingkungan.

2.       Mengurangi biaya tagihan listrik

Selain harga solar cell yang cukup murah, keuntungan langsung yang bisa dirasakan adalah berkurangnya biaya tagihan listrik rumah tangga. Dengan hanya sekali membeli perangkat solar panel kita bisa mendapatkan keuntungan selama bertahun-tahun. Solar cell hanya membutuhkan sinar matahari sebagai sumbernya, yang itu sudah tersedia gratis dan tidak akan habis.

3.       Listrik bisa disimpan

Listrik yang dihasilkan perangkat solar cell pada siang hari akan disimpan dalam aki dan bisa langsung digunakan atau pun digunakan nanti pada malam hari.

1.       Perawatan mudah

Perawatan solar cell mudah dan tidak ribet

Cara memasang solar panel

solar panel murahCara memasang perangkat solar cell di rumah cukup mudah dan tidak sulit. Anda juga bisa melakukannya sendiri. Cara memasangnya adalah :

  1. Tepatkan lempengan solar panel di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Misalnya di dekat genteng / atap.
  2. Selanjutnya hubungkan ke aki (accu).
  3. Lalu hubungkan ke peralatan listrik Anda. Peralatan listrik bisa dipergunakan seperti biasanya jika sumber dayanya DC, misalnya lampu LED. Jika alat listriknya AC, maka diperlukan power inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC.
  4. Apabila aki habis bisa ditambahkan alat bernama solar charge controller. Solar charge controller digunakan bersama dengan solar panel untuk mencharge aki yang akan dipakai untuk peralatan listrik atau power inverter.

Jka Anda tertarik dengan perangkat solar panel atau listrik tenaga surya yang harganya cukup murah, silakan kunjungi HALAMAN INI

Video tentang cara kerja solar panel / solar cell

 

Penutup

Akhirnya, bumi tempat kita tinggal telah semakin rusak karena pencemaran lingkungan dan efek rumah kaca. Keduanya menyebabkan pemanasan global, rusaknya lapisan ozone sampai musnahnya hutan tropis. Semua itu akibat kita rakus dalam menggunakan bahan bakar seperti minyak bumi, batu bara, uranium dan lain-lain tanpa mempertimbangkan dampak negatifnya. Padahal kita tau bahwa cadangan energi yang demikian itu suatu saat akan habis.

Pada sisi lain, gerakan hemat energi semakin lama semakin penting artinya bagi kita. Penggunaan listrik tenaga surya (solar cell) di rumah tidak hanya menguntungkan kita secara ekonomi namun juga merupakan partisipasi sederhana kita bagi gerakan hemat energi secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>