«

»

Nov 23 2011

Diet Golongan Darah O

Pengertian diet golongan darah

Diet golongan darah Dalam bukunya “Eat Right for Your Type”, Dr. Peter d’Adamo menulis bahwa, sewaktu kita makan  akan terjadi reaksi kimia antara makanan yang kita makan dengan darah. Reaksi ini bersifat genetik yang disebabkan oleh faktor yang disebut sebagai lektin.

Lektin dan berbagai protein yang ada dalam makanan memiliki sifat aglutinasi yang mempengaruhi darah. Karenanya ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan tipe antigen darah kita, maka lektin tersebut akan meng-aglutinasi sel-sel darah yang selanjutnya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Dari pemikiran seperti inilah kemudian berkembang konsep diet golongan darah.

 Diet golongan darah O

Menurut Dr. d’Adamo, golongan darah O adalah golongan darah yang pertama kali muncul pada manusia, sekitar 30.000 tahun yang lalu.  Dr. d’Adamo  merekomendasikan bahwa untuk diet golongan darah O adalah diet dengan protein  tinggi. Sedangkan olah raga yang sesuai dengan diet golongan darah O adalah jogging, bersepeda, jalan cepat, berenang, serta latihan kardio dan disarankan dilakukan pagi hari karena bagaimanapun olah raga pagi lebih baik dari malam hari.

 Menu diet golongan darah O

Profile diet: tinggi protein dan rendah kalori

Dianjurkan

Mengkonsumsi makanan yang mempunyai efek sebagai obat, karena sangat bermanfaat. untuk diet golongan darah O, seperti :

jahe, kailan, kunyit, Daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), Brokoli, ubi, waluh, selada, lobak china, bluberi, rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji, kacang merah, bumbu kari, kacang polong, semua jenis bawang.

Hindari

Makanan yang beraksi negatif untuk diet golongan darah O, seperti :

Daging babi, kacang tanah, kacang mede, kuaci, lecee, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kopi, minuman keras, cumi-cumi, sotong, bunga brokoli.

Netral

Makanan yang tidak bereaksi apapun untuk diet golongan darah O, seperti :

Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, terung, tomat, labu, Daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci) dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>