Contoh Poster Hiv Aids Yang Baik

poster hiv aids yang baikKampanye untuk mencegah penyebaran dan penularan penyakit hiv aids di Indonesia terus dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat melalui berbagai media. Baik media cetak maupun elektronik, baik media dalam ruangan maupun luar ruangan. Salah satu media luar ruangan yang banyak digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut adalah poster. Poster tentang hiv aids ini banyak dijumpai terutama menjelang perayaan Hari Aids Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember.

Dibandingkan media lainnya, penggunaan poster hiv aids boleh jadi merupakan media terfavorit untuk menyampaikan pesan pencegahan penyakit mematikan ini. Menjelang perayaan Hari Aids Sedunia hampir setiap tempat strategis dihiasi dengan poster tersebut. Biasanya berupa kertas segi empat yang dicetak warna-warni lalu ditempel ditempat-tempat yang rentan penularan hiv / aids, tempat anak muda biasa nongkrong atau bahkan dipublish di jejaring sosial.   

Meskipun tidak ada data yang valid, namun melihat begitu antusiasnya masyarakat menyampaikan pesan lewat media ini, tidak salah kiranya jika dikatakan bahwa kehadiran poster tentang hiv aids ini cukup efektif. Penempatannya yang strategis juga mengindikasikan bahwa pesan dan isi poster bisa sampai pada banyak orang.

Poster hiv aids yang baik

Kebanyakan poster hiv aids ini dibuat oleh anak-anak muda yang peduli dengan kesehatan masyarakat di sekelilingnya. Anak-anak muda yang kreatif itu mungkin masih amatir, namun mereka memiliki kesadaran dan perhatian yang besar pada bahaya hiv / aids. Kepedulian seperti inilah yang sesungguhnya di perlukan oleh masyarakat kita ke depan.

Tidak hanya peduli, mereka juga cukup memahami kaidah-kaidah komunikasi sebelum membuat poster yang baik, diantaranya isi poster disampaikan dengan bahasa yang singkat, jelas, estetik dan kreatif. Selain pesan kemanusiaan, terselip juga pesan moral didalamnya. Tentu saja dengan bahasa khas anak muda.

Berikut ini contoh poster hiv aids yang menurut kami cukup menarik untuk ditampilkan, poster tersebut kami peroleh via Google :

gambar poster bahaya hiv aidscontoh poster hiv aids

 

 

 

 

 

 

 

Disamping contoh diatas tentunya masih banyak contoh poster hiv aids yang lain. Dan pesan-pesan seputar penyakit hiv aids tentunya juga dilakukan lewat media selain poster. Yang kesemuanya hendak menyadarkan pada kita tentang bahaya penyakit yang belum ada obatnya ini.

Satu hal yang mungkin perlu menjadi catatan adalah, jangan sampai kreatifitas dan orisinalitas anak muda yang peduli dengan bahaya hiv aids ini di manfaatkan oleh pihak ke tiga untuk kepentingan bisnis ataupun kepentingan lain. Sebab, tidak jarang ditemukan gambar poster hiv aids yang “seolah-olah” peduli dengan bahaya hiv aids, tapi dibalik itu ada kepentingan bisnis, seperti untuk mempromosikan kondom dan lain-lain. Situs ini bukan berarti anti kondom, namun promosi bisnis dengan cara seperti itu merupakan pengingkaran terhadap niat baik dan ketulusan untuk mengedukasi masyarakat tentang dahsyatnya bahaya hiv aids.

One Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.