«

»

May 30 2012

Cara Perawatan Rambut Alami

cara perawatan rambutRambut yang indah, hitam dan berkilau bisa kita dapatkan bila kita rajin merawat rambut. Cara perawatan rambut yang alami banyak dipilih karena berbagai pertimbangan. Asalkan rajin, perawatan rambut sesungguhnya tidak terlalu sulit.

Dikepala kita terdapat kurang lebih 100.000 helai rambut. Adalah normal bila 50 – 100 rambut rontok setiap hari. Bila rambut rontok, maka rambut baru akan tumbuh menggantikannya. Fungsi evolusioner dari rambut adalah melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Rambut yang sehat dan rapi mempengaruhi penampilan seseorang. Berikut beberapa cara perawatan rambut yang alami :

Cara perawatan rambut alami untuk menghindari rambut rusak

Untuk menghindari rambut rusak, lakukan perawatan rambut alami berikut ini :

Hindari paparan sinar matahari, klorin dan air laut yang berlebihan. Sinar matahari dapat membuat rambut anda rapuh dan rusak. Lindungi rambut anda dengan menggunakan topi atau pelembab rambut yang mengandung tabir surya bila bepergian pada waktu udara panas. Oleskan kembali pelembab tersebut setelah berenang atau berolah raga.

Jangan menyisir rambut dengan cara menarik rambut. Gunakan sisir yang jarang untuk merapikan rambut yang kusut, mulai dari ujung rambut. Makan makanan bergizi seimbang penting untuk kesehatan rambut. Makanlah banyak buah-buahan, sayur dan vitamin A, vitamin E dan vitamin B kompleks, protein, zat besi dan iodium. Kekurangan gizi dapat mengurangi kehitaman rambut.

Bersihkan rambut dengan shampoo yang sesuai dengan tipe rambut anda. Untuk mencegah penumpukan kotoran pada batang rambut, gunakan shampoo pembersih (deep cleansing) sebulan sekali. Cucilah rambut dibawah kucuran air yang tidak terlalu deras dengan suhu yang sesuai. Air yang terlalu panas dapat membakar kulit kepala dan merusak rambut.

Jangan menggaruk-garuk kepala dengan kuku atau sisir plastik, karena akan membuat kulit kepala menjadi kemerahan, sakit dan merusak rambut. Bilas rambut sampai bersih karena sisa shampoo yang tertinggal akan membuat kulit kepala penuh dengan serpihan putih yang sering disangka ketombe.

Untuk mencegah kusut, gunakan kondisioner pada rambut yang sudah bersih, bukan pada kulit kepala, kemudian bilas sampai bersih. Keringkan rambut dengan handuk kering, bungkus kepala dengan handuk selama 1 – 2 menit supaya air terserap pada handuk dan biarkan kering secara alami. Bila menggunakan pengering rambut, jangan keringkan rambut sampai terlalu kering. Batang rambut yang terkena panas tinggi akan menyebabkan rambut kering, rusak dan rapuh.

Perawatan rambut berminyak

Beberapa penyebab rambut berminyak adalah faktor keturunan, aktifitas hormon yang terlalu tinggi, terlalu sering atau jarang cuci rambut. Rambut berminyak dicuci dengan menggunakan shampoo yang ringan dan pakai kondisioner sesering mungkin bila perlu. Jangan menggunakan sikat rambut atau memegang rambut terlalu berlebihan karena dapat menstimulasi kelenjar sebum. Lebih baik gunakan sisir.

Perawatan rambut kering

Untuk merawat rambut kering hindari mengeriting atau atau mewarnai rambut sampai rambut berada pada dalam keadaan baik. Pilih shampoo dan kondisioner yang mengandung pelembab. Gosokkan dengan lembut pada kulit kepala. Jenis makanan yang dikonsumsi merupakan faktor yang berpengaruh. Ikan, ayam atau unggas, dan makanan yang mengandung protein tinggi sangat perlu untuk kesehatan rambut

Perawatan rambut kombinasi

Kulit kepala berminyak namun ujung rambut kering, mungkin disebabkan oleh zat kimia yang keras. Untuk menghindari stimulasi berlebihan kelenjar sebum, gunakan sisir dan bukan sikat rambut. Gunakan shampoo hanya pada kulit kepala dan kondisioner pada ujung rambut. Ujung rambut digunting tiap 6 minggu untuk menghindari rambut bercabang atau pecahnya ujung rambut.

Perawatan rambut dari ketombe

Gunakan shampoo anti ketombe sesering mungkin jika diperlukan pada awalnya, kemudian kurangi bersamaan dengan berkurangnya ketombe. Konsultasikan pada dokter jika ketombe tidak berkurang dalam 2 minggu atau jika kulit kepala terasa sakit, gatal, atau meradang. Jangan menggaruk kulit kepala untuk mencegah infeksi.

Cara perawatan rambut rontok

Proses penuaan, faktor keturunan, perubahan hormone (misalnya setelah melahirkan), dan beberapa obat-obatan dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut yang rontok pada orang rata-rata 100 – 200 helai rambut per hari.

Jangan terlalu keras ketika menyisir atau mencuci rambut. Juga jangan mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang. Rasa khawatir dan stress yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jika penyebab kerontokan rambut anda tidak terlalu jelas, segera konsultasikan pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>