«

»

May 05 2012

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Yang Tepat

Cara menjaga kesehatan kulit wajahIngin memiliki kulit yang mulus, sehat, dan bersih seperti artis idola ? Hmmm . . . . , kulit yang mulus, sehat, dan bersih mungkin adalah tipe kulit idaman mayoritas wanita di negeri ini. Kulit idaman seperti itu membuat wanita terlihat lebih cantik, segar dan awet muda. Kulit seperti itu bisa diperoleh dengan selalu merawat dan menjaga kesehatan kulit.  Bagaimana caranya ?

Cara menjaga kesehatan kulit ada dua macam, yaitu secara umum dan secara khusus.

Menjaga kesehatan kulit secara umum

Yang termasuk dalam hal ini adalah :

1.     Berhenti merokok

Merokok membuat kulit kelihatan kusam, tidak cerah dan tambah keriput, terutama kulit di sekitar mulut. Merokok akan merusak sirkulasi kecil darah dan oksigen dalam kulit. Berhenti merokok akan membuat kulit lebih terawat dan terjaga kesehatannya.

2.     Diet seimbang

Diet seimbang adalah diet dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan anti oksidan.

3.     Olahraga teratur

Olahraga yang teratur selain menjaga kulit tetap kencang dan sehat juga menjaga berat badan agar tetap ideal.

4.     Tidur yang cukup

Istirahat yang terbaik adalah tidur yang cukup. Tidur sangat diperlukan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk sel kulit. Tidur yang cukup dan teratur membantu menjaga kulit tetap sehat dan tubuh kembali bugar.

5.     Melindungi dari sinar matahari

Matahari memancarkan  sinar ultraviolet yang dapat merusak jaringan kolagen kulit. Kulit akan menipis dan mudah untuk terjadi keriput.

6.     Mengatasi stres

Atasi stress dengan segera. Stres selain merusak kesehatan secara mental, juga akan banyak berpengaruh pada kesehatan kulit wajah dan bentuk tubuh anda.

7.     Menghindari alkohol

Menghindari konsumsi alkohol itu perlu. Sebab, mengkonsumsi alkohol banyak efek negatifnya. Selain memabukan, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan merusak hati.

Menjaga Kesehatan Kulit Secara Khusus

Yang dimaksud menjaga kesehatan kulit secara khusus yaitu merawat kulit secara rutin dan dilakukan setiap hari.

1.     Membersihkan kulit wajah

Membersihkan kulit wajah adalah membasuh dan mencuci wajah sesuai dengan jenis kulit :

Untuk kulit berminyak pakai sabun nabati yang mengandung alpukat dan almond. Untuk kulit kering pakai sabun yang mengandung madu supaya kulit tetap lembab.  Untuk kulit  normal bisa memakai kandungan teh atau greentea.

Bila sabun pembersih wajah mengandung scrub, pakailah seminggu 2 kali. Bila dipakai setiap hari maka kulit akan cepat kering serta terjadi iritasi. Membersihkan kulit wajah wajib dilakukan setiap hari. Membersihkan kulit wajah secara rutin akan menghindarkan dari jerawat dan kulit akan lebih kencang dan segar.

2.     Mandi minimal dua kali sehari

Jangan biasakan mandi dengan terburu-buru. Sebab pada saat  mandi itulah kita bisa membersihkan seluruh tubuh kita secara total. Terlebih bila kita mandi dengan aromatherapy, maka selain membersihkan tubuh secara fisik, kita juga bisa menghilangkan kepenatan tubuh serta pikiran.  Sehingga kita menjadi lebih relaks jiwa dan raga.

3.     Memakai sun block dan lotion

Kita hidup di iklim tropis. Jika berpergian siang hari keluar rumah baik ke kantor, jalan-jalan atau ketempat lain, jangan lupa untuk memakai sun block protective agar kulit tidak kering, terbakar dan menghitam. Sedangkan jika berada diruangan ber AC pakailah pelembab atau lotion untuk menghindari kulit kering dan berakibat keriput.

4.     Gizi seimbang

Merawat kesehatan kulit harus disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Makanan dan minuman yang dikonsumsi harus kaya dengan gizi, berserat tinggi serta mengandung cairan dan mineral yang lengkap.

Cara membersihkan kulit wajah :

1. Membersihkan kulit wajah harus dengan hati-hati memakai pembersih di pagi hari, siang dan sore hari. Kulit wajah yang bersih akan lebih kebal atau tahan terhadap jerawat dan bintik-bintik.

2. Sisa-sisa kosmetik dan tata rias yang masih melekat di wajah atau di kulit dibersihkan sampai  kulit terasa bersih dan segar kembali.

3. Pakai lotion atau pelembab yang cocok untuk melembutkan dan melindungi kulit, serta menghindari dehidrasi.

4. Gunakan krim malam untuk memberi nutrisi dan memperbaiki sel kulit saat kita tidur.

5. Agar lebih efektif gunakan scrub dan masker sekali atau dua kali dalam seminggu.

Kesehatan kulit untuk mencegah penuaan dini

Penuaan dini ditandai oleh empat hal yaitu keriput, noda kehitaman (age spot), tekstur kulit lebih kasar, dan pori-pori melebar.

Pada umumnya kulit manusia mencapai kondisi terbaiknya pada usia sekitar 20 tahunan. Pada saat itu kelenjar sebum terkontrol dengan baik karena hormon androgen di usia ini sedang seimbang. Lapisan epidermis yang fungsinya menahan air juga sangat baik sehingga kulit terlihat kencang.

Memasuki usia 30 tahunan secara perlahan dimulailah masa penuaan dini (degenerative). Pada saat itu produksi kolagen secara alami mulai menurun. Akibatnya, kulit mulai berkeriput halus, mengendur dan tak lagi kencang.

Merawat kesehatan kulit secara tepat di awal usia 20 tahunan bermanfaat untuk memperlambat datangnya masa penuaan dini sekaligus mempertahankan kesehatan dan kebugaran kulit kemudian hari. Tak ada salahnya kita memulainya dengan sedini mungkin. Kalau bukan sekarang memulai, kapan lagi ?

1 comment

1 ping

  1. ikamerdekawati

    waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
    semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
    kalau sempat bisa kunjungi blog saya di
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>