Cara Memutihkan Wajah dan Persepsi Kecantikan

Cara memutihkan wajahPersepsi wanita di setiap negara tentang kulit wajah yang cantik dan menarik itu berbeda dan tidak jarang paradoksal atau berlawanan. Kaum wanita di Indonesia misalnya, banyak menginginkan kulit wajah yang putih seperti kulit bangsa Eropa karena dianggapnya lebih cantik dan menarik.  Sementara kaum wanita Eropa sendiri menganggap kulit wajah mereka terlalu pucat dan “dingin”.  Wanita Eropa banyak mengidolakan kulit wajah berwarna kecoklatan yang dianggap lebih seksi dan terkesan hangat.

Jangan heran, di pantai Kuta – Bali, wanita Indonesia banyak menyingkir dari cahaya matahari dan berteduh dibawah pohon, sementara wanita Eropa justru berjemur di sepanjang tepi pantai.

Cara memutihkan wajah secara tradisional

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, memutihkan wajah secara tradisional atau alami masih dipandang sebagai cara memutihkan wajah yang paling aman dan tanpa efek samping.

1.      Dengan jeruk lemon dan madu

–        Siapkan madu dan jus lemon.

–        Campurkan satu sendok jus lemon dengan 1 sendok madu, aduk rata.

–        Sebelum tidur, oleskan campuran ke wajah, diamkan antara 10 sampai 15 menit.

–        Bersihkan wajah, bilas dengan air hangat, kemudian tidur.

2.      Dengan susu

–        Tuangkan beberapa tetes susu pada kain halus.

–        Usapkan pada wajah sampai merata.

–        Bilasnya sebelum anda tidur

3.      Dengan Jeruk nipis dan putih telur

–         Campurkan secara merata perasan jeruk nipis dengan putih telur

–        Oleskan campuran ke wajah, biarkan sampai mongering

–        Ssetelah 15 menit, bilas dengan air dingin

4.      Dengan alpukat (avocado)

–         Gosokkan alpukat secara lembut ke bagian wajah

–        Biarkan selama 15 menit

–        Basuh dengan air dingin

5.      Dengan bengkuang, tomat dan kentang

Gunakan bengkuang, tomat atau kentang sebagai masker. Ketiganya bisa dipakai untuk mengencangkan dan melicinkan kulit wajah. Masker bengkuang untuk memutihkan dan menghilangkan tanda hitam dan pigmentasi di kulit. Masker kentang untuk melembutkan dan memutihkan kulit. Masker tomat untuk menghaluskan dan melicinkan kulit.

6.      Dengan chamomile

Chamomile biasa dijadikan teh. Selain teh, bunga ini juga bisa dipakai sebagai bahan untuk mencerahkan kulit wajah. Chamomile berkhasiat untuk mengatasi mata yang bengkak. Caranya : celupkan kantong teh ke dalam air panas, biarkan sampai dingin. Kemudian, tempelkan kantong teh pada mata. Praktekkan hal ini selama dua minggu dan lihat hasilnya.

7.      Memutihkan wajah dengan teh semanggi merah

Minum secangkir teh merah setiap hari akan membantu membersihkan racun berbahaya dari dalam tubuh (detoksifikasi). Teh merah juga akan meningkatkan rona pada wajah. Cara lain bisa juga dengan cara mendiamkan teh semalaman, lalu gunakan untuk membasuh wajah pada pagi harinya.

Memutihkan Wajah dan Persepsi Kecantikan

Tuhan menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Asia yang berkulit kecoklatan, Afrika yang berkulit hitam, Eropa yang berkulit putih, Indian-amerika yang berkulit merah dll. Keberagaman kulit manusia pada satu sisi dan letak geografis pada sisi lain adalah keterkaitan yang sudah given sejak jaman dahulu kala.

Wanita Indonesia menginginkan kulit yang putih mulus tentu sah-sah saja. Persoalannya memutihkan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit tidak mudah. Salah dalam memilih caranya bisa-bisa terjadi iritasi dan kerusakan kulit. Cantik secara lahiriah mungkin penting, namun inner beauty yang meliputi Brain, Beauty dan Behaviour juga jangan dikesampingkan.

Persepsi orang tentang wajah yang cantik atau kecantikan secara umum memang selalu berubah. Buktinya, kita tak pernah menyangka Leila Lopes, seorang gadis berkulit hitam akan menyabet predikat sebagai gadis paling cantik sejagat raya alias Miss Universe tahun 2011. Lopes yang merupakan kontestan Miss Universe dari Angola, adalah Miss Universe pertama untuk kontestan  berkulit hitam dan dari negara benua hitam.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.