Cara Memakai Lensa Kontak Yang Benar

Pengertian Lensa Kontak (contact lens)

Cara memakai lensa kontakLensa kontak (contact lens) adalah alat bantu penglihatan yang ditempatkan di kornea mata untuk memperbaiki kelainan pembiasan arah (refraksi), atau kelainan penglihatan yang disebabkan oleh ketidaksesuaian optik pada mata.

Menurut Wikipedia, lensa kontak atau kontak lensa adalah lensa korektif, kosmetik, atau terapi yang biasanya ditempatkan di kornea mata.

Lensa kontak biasanya mempunyai kegunaan yang sama dengan kacamata konvensional atau kacamata biasa, tetapi dengan bobot lebih ringan dan bentuknya tak nampak saat dipakai. Diperkirakan ada 125 juta orang di dunia yang menggunakan lensa kontak (2% dari jumlah manusia) termasuk 28-38 juta di Amerika Serikat dan 13 juta di Jepang (http://id.wikipedia.org/wiki/Lensa_kontak).

Mengapa Memakai Lensa Kontak ?

Memakai lensa kontak bisa karena dua alasan yaitu alasan medis dan alasan kosmetik. Banyak orang lebih memilih memakai lensa kontak dibandingkan kaca mata biasa untuk memperbaiki  penglihatannya yang terganggu.

Dr. Sri Rahayu, SpM, FIACLE. dari Jakarta Eye Center berpendapat bahwa, lensa kontak memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kacamata biasa. Diantaranya, lensa kontak bebas dari gangguan embun. Sedangkan pada kacamata sering terjadi pengembunan saat hujan. Dan bagi mereka yang memiliki mata minus atau plus dengan ukuran yang tinggi, lensa kontak juga dianggap lebih cocok dan lebih bagus daripada kacamata.

Kelebihan lainnya adalah, bagi mereka yang memiliki kelainan refraksi tinggi, seperti silinder, lensa kontak juga akan mengoreksi  penglihatan lebih baik dibanding kaca mata. “Lensa kontak juga memiliki kelebihan lain karena dapat dipakai untuk tujuan tertentu. Misalnya, bagi artis atau olah ragawan,” kata Sri.

Selain itu lensa kontak juga dapat digunakan untuk tujuan terapi. Jenis terapetic lens yang berbahan lunak bisa mengantarkan obat-obatan tertentu dalam waktu lama. Pada penderita sakit mata yang memerlukan obat tetes mata secara kontinyu misalnya, obat diteteskan ke lensa kontak dalam dosis tinggi agar dapat dilepas perlahan ke mata, sehingga si penderita tidak perlu repot meneteskan obat terus-menerus.

Cara Memakai Lensa Kontak

Memakai lensa kontak yang benar harus selalu merujuk pada cara memakai lensa kontak yang direkomendasikan oleh produsen, ahli optic (optician) dan dokter. Berikut beberapa petunjuk cara memakai lensa kontak yang benar :

  1. Lakukan semua petunjuk dan saran pemakaian lensa kontak dari produsen, optician dan dokter.
  2. Sebelum memakai lensa kontak, cuci tangan dengan sabun dan air sampai bersih lalu keringkan pakai handuk.
  3. Periksa dan pastikan lensa kontak tidak terbalik
  4. Biasakan memakai lensa kontak dari mata kanan supaya tidak tertukar
  5. Lensa kontak harus selalu dalam keadaan basah, saat dipakai maupun saat disimpan pada tempatnya.
  6. Setelah dipakai, lensa kontak harus dibersihkan dan dicuci dengan menggunakan larutan pembersih.
  7. Bersihkan juga tempat lensa kontak dengan larutan pembersih dan ganti setiap 3 bulan sekali.
  8. Gunakan lensa kontak sebelum make-up dan melepaskannya sebelum menghapus make-up.
  9. Kacamata cadangan harus selalu dibawa untuk berjaga-jaga

Beberapa Larangan Dalam Memakai Lensa Kontak

Selain petunjuk dan saran yang direkomendasikan oleh produsen ataupun ahli optic, ada beberapa larangan dalam memakai lensa kontak yang benar, misalnya :

  1. Dilarang memakai lensa kontak jika mata merah, sakit atau penglihatan buram.
  2. Dilarang menggunakan lensa kontak jika rusak.
  3. Dilarang menggunakan lensa kontak lebih lama dari yang direkomendasikan.
  4. Dilarang memakai lensa kontak yang telah kadaluwarsa (expired).
  5. Dilarang memakai air keran atau air liur pada lensa kontak.
  6. Dilarang menggosok-gosokkan mata saat memakai lensa kontak.
  7. Sebaiknya melepas lensa kontak saat tidur.
  8. Dilarang menggunakan lensa kontak saat berenang kecuali bila memakai kacamata renang.
  9. Dilarang menggunakan lensa kontak milik orang lain.
  10. Dilarang meletakan lensa kontak didekat alat listrik berpotensi menimbulkan panas seperti televisi.

Petunjuk Memakai Lensa Kontak dari American Optometric Association (AOA)

American Optometric Association (AOA), sebuah lembaga yang beranggotakan sekitar 36.000 dokter mata, mahasiswa jurusan kedokteran mata serta asisten dan teknisi para-optometrik memberikan petunjuk pemakaian lensa kontak, perawatan, dan penyimpanan lensa kontak sebagai berikut :

Recommendations for Contact Lens Wearers from the American Optometric Association

  1. Always wash your hands before handling contact lenses.
  2. Carefully and regularly clean contact lenses, as directed by your optometrist. Rub the contact lenses with fingers and rinse thoroughly before soaking lenses overnight in sufficient multi-purpose solution to completely cover the lens.
  3. Store lenses in the proper lens storage case and replace the case at a minimum of every three months. Clean the case after each use, and keep it open and dry between cleanings.
  4. Use only products recommended by your optometrist to clean and disinfect your lenses. Saline solution and rewetting drops are not designed to disinfect lenses.
  5. Only fresh solution should be used to clean and store contact lenses. Never re-use old solution. Contact lens solution must be changed according to the manufacturer’s recommendations, even if the lenses are not used daily.
  6. Always follow the recommended contact lens replacement schedule prescribed by your optometrist.
  7.  Remove contact lenses before swimming or entering a hot tub.
  8. See your optometrist for your regularly scheduled contact lens and eye examination.

Sumber :http://www.aoa.org/x8208.xml

Penutup

Cara memakai lensa kontak yang benar adalah dengan mengikuti rekomendasi dan petunjuk yang diberikan oleh produsen lensa kontak tersebut, ahli optik dan dokter pribadi anda. Ikuti semua saran dan anjuran pemakaian. Apa yang harus dilakukan sebelum, saat memakai maupun setelah melepas lensa kontak. Demikian juga jauhi semua larangan dalam pemakaian lensa kontak.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.