5 Cara Agar Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas Tanpa AC

Bagi keluarga dengan rumah tanpa AC, tidur nyenyak saat cuaca panas sepertinya jadi barang mewah, kenapa ? Karena ketika cuaca panas udara disekitar kita pun jadi ikutan panas. Udara panas membuat badan jadi “gerah” siang dan malam. Jangankan tidur nyenyak, istirahat sebentar pun rasanya sudah tidak nyaman.

Pasang AC atau menyalakan kipas angin non stop siang-malam bisa saja dilakukan. Tapi hal itu akan membuat pengeluaran membengkak. Nah bagaimana caranya agar dapat tidur nyenyak tanpa AC saat cuaca panas ?

agar tidur nyenyak udara panas

Berikut 5 cara agar tetap bisa tidur nyenyak saat cuaca panas seperti di kutip dari The Independent.

#1. Letakkan botol berisi air dingin di tempat tidur. Tidur di kasur yang panas apa enaknya ? Nah untuk mendinginkan kasur yang panas, coba letakkan botol berisi air dingin di tempat tidur. Caranya yaitu isi botol dengan air, kemudian simpan botol di freezer. Setelah dingin, gulung botol tersebut dengan kain atau selimut, kemudian taruh di kasur sebelum pergi tidur. Cara ini akan membuat kasur lebih dingin dan lebih nyaman saat ditempati.

#2. Mendinginkan baju tidur. Baju tidur atau piyama biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan adem di kulit. Tapi jika udara sedang panas tetap saja tidur tidak bisa pulas.

Nah, coba dinginkan baju tidur. Caranya bungkus piyama atau baju tidur pakai plastik yang bersih. Sebelum tidur, taruh kedalam freezer sekitar 15 menit. Cara ini akan membuat piyama terasa dingin dan segar saat melekat di badan. Sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

#3. Mandi dengan air dingin sebelum tidur. Untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat tidur lebih pulas, mandilah dengan air dingin sebelum tidur. Mandi dengan air hangat memang bisa melemaskan kembali otot yang penat setelah bekerja, namun itu lebih cocok untuk musim penghujan atau musim dingin. Mandi pakai air dingin adalah cara paling cepat untuk menurunkan suhu tubuh.

#4. Siapkan air putih di samping tempat tidur. Jika tidur dalam cuaca yang panas, maka tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat untuk mendinginkan suhu tubuh. Nah, siapkan segelas air putih di dekat tempat tidur agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi.

Segelas air di dekat tempat tidur akan sangat memudahkan kita agar tidak repot saat kehausan dan terjaga dari tidur malam.

#5. Halangi sinar matahari langsung. Udara yang sejuk akan membuat tidur lebih nyenyak. Karena itu halangi kamar atau tempat tidur dari sinar matahari langsung. Misalnya dengan memasang tirai pada siang hari, menanam pohon atau apapun yang dapat menghalangi sinar matahari langsung.

Itulah 5 cara mudah agar dapat tidur nyenyak saat cuaca panas. Dengan sedikit usaha kita dapat tidur pulas sekaligus menghemat banyak pengeluaran dari penggunaan AC, exhaust fan atau kipas angin. Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Yang Efektif.

3 Comments

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.