Buah dan Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin A

Buah dan sayuran vitamin AVitamin A adalah salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Vitamin A memiliki peran yang penting bagi kesehatan indera penglihatan dan daya tahan tubuh yang baik. Tubuh memerlukan vitamin A agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A bisa ditemukan baik pada makanan nabati maupun hewani. Pada makanan nabati, vitamin A banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A misalnya buah apel, buah pisang, pepaya, kesemek, serta strawberry. Sayuran yang banyak mengandung vitamin A misalnya tomat, wortel, kangkung, terong, labu kuning, semanggi, kacang panjang, dan rumput laut. Pada biji-bijian, vitamin A banyak terdapat pada kacang merah dan kacang ercis. Sedangkan makanan hewani yang mengandung vitamin A misalnya minyak ikan, susu, keju, hati, dan telur. 

Buah-buahan yang mengandung vitamin A

Beberapa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya adalah :

Apel

Buah apel banyak mengandung vitamin. Misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Buah apel juga banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Selain vitamin dan mineral, buah apel banyak mengandung serat, sehingga apel cocok untuk orang yang sedang diet. Serat bisa menunda rasa lapar datang lebih cepat. Serat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh sebelum akhirnya dibuang.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan tubuh, dan sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat. Salah satu kelebihan pisang yaitu mudah dicerna, sehingga pisang merupakan sumber tenaga yang cepat dan baik. Selain itu, pisang juga dapat membantu menghilangkan rasa capek setelah bekerja atau berolah raga.

Pepaya

Pepaya mengandung sejumlah vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Buah pepaya bermanfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan. Pohon pepaya termasuk pohon yang memiliki banyak manfaat. Selain buah dan daunnya, biji pepaya juga sangat baik untuk membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Kandungan antiseptiknya membantu menjaga sistem pencernaan dari bakteri.

Sayuran yang banyak mengandung vitamin A

Selain buah-buahan, vitamin A juga banyak ditemukan dalam sayuran. Sayuran yang mengandung vitamin A sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar kandungan vitamin A-nya hilang. Sayuran yang banyak mengandung vitamin A misalnya sebagai berikut :

Tomat

Tomat adalah buah yang “aneh”. Orang banyak yang lebih suka menggolongkan tomat sebagai “sayuran” daripada sebagai “buah”. Apapun, tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Kandungan vitamin A nya mencapai 1600 IU, sehingga tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan kandungan vitamin C pada tomat dapat mencapai 35 mg. Tomat yang berukuran sedang, sedikitnya terkandung 30 kalori di dalamnya. Tomat juga sangat baik untuk memelihara kesehatan gusi dan mempercepat kesembuhan luka.

Menurut seorang dokter spesialis nutrisi, tomat mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh. Misalnya, protein, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan betakaroten jenis likopen.

Wortel

Wortel sudah lama terkenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Wortel sangat baik bagi kesehatan indera penglihatan. Selain itu, wortel juga dapat menurunkan hipertensi dan mengurangi nyeri saat menstruasi. Wortel juga bisa untuk menghaluskan kulit wajah karena wortel pun ternyata dapat dibuat sebagai masker wajah.

Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin A yang baik. Bayam mengandung beta karoten yang hampir setara dengan wortel. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang tinggi. Bayam yang berwarna tua sangat baik bagi kesehatan mata. Manfaat bayam lainnya misalnya melawan infeksi yang menyerang tubuh, memicu pertumbuhan, sebagai antioksidan, dan bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi yang sedang bermasalah dengan ginjal dapat mengkonsumsi bayam dengan cara direbus.

Labu kuning

Labu kuning banyak mengandung vitamin A dan baik bagi kesehatan pencernaan. Labu kuning banyak dijumpai saat bulan Ramadhan dan banyak dimanfaatkan untuk berbuka puasa.

Cabai Merah

Ini cukup mengagetkan. Cabe merah ternyata banyak mengandung vitamin A. Selama ini cabe merah banyak dikenal hanya karena rasanya yang pedas, sebagai bumbu dapur dan untuk menghangatkan tubuh.

Makanan lain yang mengandung vitamin A

Selain buah-buahan dan sayuran, makanan lain yang mengandung banyak vitamin A adalah jenis makanan hewani seperti minyak ikan, susu, keju, telur, dan yogurt.

Yang perlu diperhatikan, kita sebaiknya menkonsumsi makanan ini secara proporsional. Sebab, mengkonsumsi secara berlebihan hanya akan mengganggu kesehatan dan bahkan menimbulkan penyakit.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A tentu baik untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, vitamin A sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.  Mengkonsumsi vitamin A yang berlebihan malahan kontraproduktif bagi kesehatan itu sendiri. Misalnya kulit jadi kering dan tidak sehat, bahkan mual dan muntah-muntah.

3 thoughts on “Buah dan Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin A

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.