Beberapa Makanan Yang Mengandung Vitamin E

kedelai, makanan yang mengandung vitamin ESetiap hari manusia membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup untuk metabolisme tubuhnya. Jumlah kebutuhan vitamin dan mineral yang disarankan per hari disebut dengan istilah Recommended Dietary Allowance (RDA). Standar RDA dikeluarkan oleh USA Academy of Sciences dan diperkirakan cukup untuk pertumbuhan anak-anak dan pencegahan kekurangan vitamin dan mineral pada orang dewasa. Untuk vitamin E, jumlah yang dianjurkan per harinya adalah 30 I.U. Vitamin E sejumlah 30 I.U. tersebut digunakan untuk mempertahankan kesehatan umum dan mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

Makanan yang mengandung vitamin E

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E sejumlah 30 I.U. tersebut kita memerlukan makanan yang banyak mengandung vitamin E. Makanan yang mengandung vitamin E diantaranya adalah :

Pertama, telur. Telur mengandung vitamin E, lutein dan zeaxanthin yang bisa memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

Kedua, kedelai termasuk produk makanan turunannya yaitu tempe dan tahu. Kedelai mengandung vitamin E dan  isoflavon yang mampu mengurangi kerutdi kulit dan wajah serta  mengurangi risiko kanker.

Ketiga, bayam. Bayam mengandung vitamin E dan vitamin C, lutein dan zeaxanthin.

Keempat, tomat. Tomat mengandung lycopene yang bisa menurunkan risiko kulit terbakar dan juga menurunkan risiko kanker kulit.

Kelima, coklat hitam. Selain banyak mengandung vitamin E, coklat mengandung hormon endorphin yang bisa membuat orang merasa rileks. Banyak wanita mengkonsumsi coklat untuk meningkatkan mood-nya di kala PMS. Coklat juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Menurut penelitian coklat bisa menghilangkan kulit kemerahan dan menurunkan risiko kanker. kandungan kalori pada coklat cukup tinggi. Jadi jangan terlalu sering menkonsumsinya.

Keenam, brokoli. Selain kandungan kalsiumnya,  brokoli juga mengandung vitamin E. Brokoli terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Ketujuh, minyak zaitun. Minyak zaitun adalah salah satu sumber vitamin E terbaik. Minyak zaitun mengandung 1,74 IU per satu sendok makan.

Suplemen vitamin E

Cara mendapatkan vitamin E yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi secara langsung makanan yang mengandung vitamin E itu. Baik makanan produk nabati ataupun hewani seperti telah disebutkan diatas. Diet yang seimbang dengan makanan yang bervariasi, sudah cukup untuk kebutuhan vitamin sehari-hari.

Namun kadang-kadang karena satu dan lain hal, kita tidak sempat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E tersebut. Nah, dipasaran sekarang banyak dijual suplemen vitamin E. Jika tidak sempat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E itu secara rutin, maka suplemen vitamin E bisa dicoba. Pada umumnya vitamin dan mineral bisa dibeli tanpa resep dokter, kecuali karena alasan khusus. Misalnya, jika anda mempunyai masalah pendarahan. maka konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin E, karena vitamin E dapat memperlambat pembekuan darah

One thought on “Beberapa Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>