Beberapa Cara Berhenti Merokok

Kita semua mengetahui bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahaya merokok telah banyak didiskusikan dan dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Departemen Kesehatan dan sejumlah LSM yang peduli dengan kesehatan tak pernah berhenti mengedukasi masyarakat mengenai bahaya merokok ini. Namun kebiasaan merokok sepertinya sangat sulit untuk dihilangkan.

cara berhenti merokokDikalangan masyarakat sendiri tak sedikit orang yang ingin berhenti merokok. Namun itu tidak mudah. Kadang-kadang mereka juga tidak mengetahui bagaimana cara berhenti merokok itu. Nah, beberapa langkah berikut ini mungkin bisa menolong mereka yang memiliki keinginan untuk berhenti merokok.

1. Niatkan untuk berhenti merokok

Faktor niat sangatlah penting. Niat yang kuat untuk berhenti merokok malahan mungkin merupakan faktor yang paling menentukan. Bila kita tidak memiliki niat yang kuat, usaha kita akan sia-sia. Tanamkan mindset dalam diri kita bahwa merokok itu berbahaya untuk kesehatan. Tidak ada secuilpun manfaat yang kita dapatkan dari kebiasaan buruk ini. 

2. Minum banyak air putih

Selanjutnya biasakan minum air putih sebagai permulaan. Minum air putih bermanfaat untuk membuang nikotin dan beberapa racun yang bersarang di tubuh kita (detoksifikasi).

3. Hindari alkohol, kopi dan gula

Mengkonsumsi alkohol, kopi dan gula dapat menimbulkan hasrat untuk merokok. Karena itu hindarilah ketiganya.  Bila perlu hindari juga tempat-tempat yang biasa menyediakan alcohol, kopi, dan gula. Demikian pula makanan berlemak, karena metabolisme tubuh akan melambat sedikit tanpa nikotin.

4. Memperbanyak aktifitas yang bermanfaat

Jangan biarkan waktu terlewati tanpa kesibukan. Isilah waktu luang dengan beragam aktifitas yang bermanfaat. Mungkin kita bisa menyibukkan diri dengan hobby masing-masing seperti berkebun, merawat peralatan elektronik, bersepeda, bermain musik, bersih-bersih rumah, ataupun menonton film kesukaan bersama keluarga. Demikian juga berolah raga seperti fitness, jogging ataupun berjalan-jalan disekitar komplek perumahan.

5. Mencari pengganti rokok

Bagi orang yang terbiasa merokok, tidak merokok sehari saja bisa membuat mulut terasa masam. Karena itu, carilah pengganti dari kebiasaan merokok tersebut. Anda bisa mengganti rokok dengan mengkonsumni makanan rendah kalori seperti apel, wortel atau seledri. Selain itu mengunyah permen jahe, permen karet atau mengisap batang kayu manis bisa menjadi pilihan. Demikian pula dengan secangkir teh atau permen mint. Intinya apapun hal positif yang bisa mengganti rokok.

6. Dukungan dari keluarga dan teman

Kita perlu memberitahukan niat dan usaha untuk berhenti merokok ini kepada lingkungan terdekat seperti keluarga dan teman. Karena dukungan dari keluarga dan teman sangat penting. Apalagi biasanya awal mula seseorang merokok akibat pengaruh dari lingkungannya. Dengan begitu mereka akan maklum dan mengerti. Mereka juga tidak akan menawari rokok dan malahan mungkin akan membantu kita dengan menjauhkan rokok dari pandangan. Berhenti merokok mungkin terasa sulit, namun dengan dukungan keluarga dan teman usaha itu bisa berjalan lebih mudah.

7. Mengurangi rokok secara perlahan

Berhenti merokok tidak bisa dilakukan secara mendadak. Semuanya perlu waktu dan proses. Mengurangi rokok bukanlah pekerjaan sim salabim sehari kelar. Cara terbaik berhenti merokok adalah mengurangi jumlah rokok secara perlahan. Seandainya anda terbiasa merokok satu bungkus perhari, besok coba kurangi menjadi 10 batang. Hari berikutnya, cobalah kurangi lagi menjadi 8 batang, hari ketiga menjadi 5 batang, dan seterusnya. Sampai akhirnya dalam satu hari anda mampu tidak merokok sama sekali.

8. Berhenti merokok dengan teknik pernapasan

Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan lewat mulut secara perlahan. Cara ini lumayan efektif untuk mencegah anda saat akan merokok. Lakukan cara ini setiap kali anda ingin merokok. Anda bisa melakukannya 3 kali sekali waktu. Ambil napas dalam-dalam sebisa anda, tahan sebentar, kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut.

Sebenarnya ini adalah variasi dari teknik yoga, dan ini sangat menenangkan. Dengan melakukan proses ini, niat anda yang tadinya ingin berhenti merokok namun kalah oleh nafsu, akan kuat kembali sehingga dapat mencegah keinginan merokok anda.

Akhirnya, konsultasikan dengan dokter terdekat agar Anda mendapatkan saran yang lebih baik. Beberapa cara berhenti merokok diatas hanyalah upaya sederhana yang bisa kita terapkan agar tubuh lebih sehat. Sehingga kita semua bisa menjalani hidup sehari-hari dengan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.