«

»

Jan 02 2012

Beberapa Cara Agar ASI Lancar dan Banyak

Cara agar air susu ibu lancar dan banyakASI merupakan susu terbaik bagi bayi yang baru dilahirkan. Apakah Anda termasuk salah satu dari sekian banyak ibu-ibu muda yang baru pertama kali hamil dan melahirkan ? Bila iya, Anda patut menyimak sedikit tips ASI dibawah ini.

Memberikan air susu ibu untuk bayi tercinta, apalagi untuk pertama kali, memang sering dirasa sulit. Banyak diantaranya malahan ASI-nya tak mau keluar setelah melahirkan. Belum lagi, bayi yang baru lahir biasanya masih kebingungan mencari puting ibunya. Hmmm, kasihan…

Susu formula pada akhirnya sering menjadi pilihan, karena si ibu kasihan dengan buah hatinya yang menangis kelaparan, kurang sabar serta frustasi. Andai saja si ibu sedikit bersabar dan berusaha, sebetulnya ada beberapa cara agar ASI lancar dan banyak.

Berikut ini beberapa cara agar ASI lancar dan banyak

1. Stop merokok, dan kurangi minum kopi serta makanan berkafein lainnya.

2. Minum air putih yang banyak, karena produksi ASI sangat dipengaruhi  oleh banyaknya konsumsi air putih Anda.

3. Mengkonsumsi habbatussauda atau jintan hitam. Beberapa penelitian membuktikan bahwa habbatussauda dapat memperlancar dan memperbanyak produksi ASI.

4. Meningkatkan kualitas gizi makanan yang Anda makan, yaitu dengan memperbanyak buah dan sayuran segar, daging atau ikan serta susu untuk ibu menyusui.

5. Susui bayi Anda secara langsung. Walaupun mungkin dirasa sulit, tapi itu harus Anda lakukan. Bila bayi Anda menangis terus, jangan panik. Tetaplah relaks karena itu akan membuat ASI keluar lebih lancar.

Makanan agar ASI lancar dan banyak

Beberapa cara agar air susu ibu lancar dan banyak seperti diuraikan diatas sering kali dirasa tidak cukup. Sejumlah pakar gizi menyarankan hal yang lebih konkrit. Yaitu Anda disarankan mengkonsumsi makanan tertentu agar ASI lancar dan banyak.

Berikut saran makanan agar air susu ibu lancar dan banyak :

1. Daun katuk.

Daun katuk banyak mengandung  vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Di masyarakat kita sudah menjadi rahasia umum, dan menjadi tradisi, bahwa ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi daun katuk, ASI-nya akan lancar dan banyak.

2. Almond

Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi ibu  yang sedang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak.

3. Pare atau paria

Pare atau paria termasuk golongan buah atau sayuran ya ? Hmm, pertanyaan menggelitik ini susah untuk dijawab. Yang jelas buah atau sayuran ini  rasanya sangat pahit. Tapi dibalik rasanya yang pahit, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan.

Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

4. Kacang hijau

Kalau Anda menyukai bubur kacang hijau, Anda beruntung. Sebab kacang hijau banyak mengandung vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat. Semua itu sangat membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu selagi menyusui.

5. Pepaya

Buah pepaya identik dengan buah murah meriah. Buah pepaya banyak mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik bagi ibu menyusui agar tidak mudah capek / lelah, serta ASI yang diproduksi akan lancar dan banyak. Bunga pepaya juga baik untuk menambah nafsu makan ibu.

6. Bayam

Ingat bayam ingat serial kartun Popeye. Jagoan kartun ini sangat menyukai bayam. Ternyata bayam memang sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi, terutama bayi yang baru lahir. Kandungan vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin dalam bayam sangatlah baik.

Itulah tips singkat tentang cara agar air susu ibu lancar dan banyak, serta saran ahli gizi mengenai makanan tertentu agar ASI lancar dan banyak. Memberi si buah hati dengan susu terbaik tentu menjadi cita-cita semua ibu di Indonesia. Nah, selamat memberikan susu terbaik bagi putra-putri tercinta !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>