Arti Penting Info Kesehatan Terbaru di Masyarakat

info kesehatan terbaruInformasi bidang kesehatan atau info kesehatan di masyarakat kita belum sepenuhnya merata. Ada masyarakat perkotaan yang bisa mengakses informasi kesehatan begitu mudah, namun ada pula masyarakat lain di daerah atau pelosok yang kesulitan memperoleh informasi tersebut. Akibatnya, masyarakat di daerah atau pelosok banyak yang tertinggal di bidang kesehatan, misalnya mereka masih percaya dengan pengobatan yang secara medis tidak masuk akal.

Yang dimaksud dengan pengobatan yang tidak masuk akal disini berbeda dengan pengobatan alternatif atau herbal yang lazim kita kenal. Melainkan, pengobatan yang really illogical, alias sangat tidak logis. Misalnya, pengobatan dengan mempercayai seseorang karena yang bersangkutan memiliki batu bertuah, benda sakti  dan lain-lain.

Pertanyaannya, mengapa masyarakat kita mempercayai hal-hal seperti itu ? Apakah masyarakat di daerah itu tidak memperoleh informasi kesehatan yang benar ? Apakah mereka sudah diberikan penjelasan tapi tidak paham ? Atau apakah para petugas medis di daerah itu malahan tidak memberikan info kesehatan yang cukup ?

Info kesehatan terbaru dan partisipasi publik

Sekarang ini penyebaran informasi berkembang sangat cepat, termasuk informasi di bidang kesehatan. Dengan coverage area yang begitu luas, maka terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan info kesehatan terbaru bukan hanya kewajiban petugas medis semata. Melainkan juga adalah peran yang bisa dimainkan oleh siapa saja yang peduli dengan kondisi riil kesehatan masyarakat kita.

Kenyataannya, memang menyebarluaskan informasi bidang kesehatan  ini terlalu luas bila ditangani satu institusi atau kelompok masyarakat saja.

Oleh karena itu maka partisipasi publik terutama pelajar, mahasiswa, guru, jurnalis, birokrasi, LSM, korporasi dan lain-lain diperlukan untuk menyediakan info kesehatan apa saja yang diperlukan masyarakat. Misalnya, kesehatan wanita, kesehatan ibu hamil, kesehatan anak, kesehatan keluarga, kesehatan pria, tips-tips kesehatan dan lain-lain. Caranya terserah, bisa lewat penerangan langsung pada masyarakat ataupun dibantu macam-macam media : radio, tv, internet, koran, majalah, dan lain-lain..

Info kesehatan dan ironi di era informasi

Bukankah sebuah ironi manakala kita menyaksikan disatu sisi masyarakat modern yang bisa mengakses dan memperoleh info kesehatan begitu mudah, sementara pada sisi lain ada bagian masyarakat yang kesulitan memperoleh semua itu ? Sedangkan kedua masyarakat itu ada dalam satu negara dan hidup berdampingan side by side ?

Bila kita menginginkan sebuah civil society yang merata di bidang kesehatan, maka kita perlu menyediakan dan memberikan info kesehatan terbaru yang seluas-luasnya tanpa kecuali. Garis besar dari kebijakan pemerataan di bidang kesehatan itu tentu sudah ada di departemen kesehatan. Tinggal bagaimana hal itu diterjemahkan dan diterapkan nanti dalam bentuk petunjuk dan pelaksanaan di lapangan.

Pentingnya informasi kesehatan terbaru bagi masyarakat kita diantaranya adalah agar tidak ada lagi keterbelakangan informasi di bidang kesehatan. Sebab, keterbelakangan itu akan menguntungkan segelintir masyarakat diatas kerugian kelompok besar masyarakat lain. Konkritnya, kedepan kita tidak ingin menyaksikan ada bagian dari masyarakat kita ini yang masih percaya dengan cara pengobatan yang tidak masuk akal.

Di era informasi seperti sekarang ini, sudah sewajarnya bila seluruh masyarakat memperoleh akses yang sama pada informasi kesehatan yang mereka perlukan.

Itulah arti pentingnya selalu meng-update masyarakat dengan info kesehatan terbaru. Dengan dukungan dan sinergi dari semua elemen masyarakat, cita-cita sederhana civil society yang merata di bidang kesehatan diatas akan lebih mudah terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>