Tips Hidup Sehat Menjadi Orang Bahagia

Tips hidup sehat dan bahagiaSetiap orang di dunia ini ingin hidup sehat dan bahagia. Tidak ada seorang pun yang tidak menginginkan kesehatan dan kebahagiaan. Dr. ‘Aidh al-Qarni dalam bukunya La Tahzan, Jangan Bersedih ! menguraikan dengan panjang lebar (62 halaman, dari 508 sampai 570) sejumlah tips hidup sehat agar menjadi orang yang bahagia. Berikut petikannya :

-        Ketika waktu pagi tiba, jangan menunggu sampai sore. Hiduplah dalam batasan hari ini. Kerahkan seluruh semangat yang ada untuk menjadi lebih baik di hari ini.

-        Biarkanlah masa depan itu hingga ia datang sendiri, dan jangan terlalu berkepentingan dengan hari esok. Karena jika anda melakukan terbaik di hari ini maka hari esok juga akan baik

-        Bersihkanlah jiwa anda dari dengki, dan jernihkanlah dari iri. Keluarkan penyakit permusuhan dan percekcokan dari dalam jiwa.

-        Semesta ini di bangun diatas sebuah keteraturan. Karena itu, pakaian, rumah, meja, dan kewajiban anda harus dikerjakan dengan rapi. 

-        Anda harus berjalan-jalan dan berolah raga. Jauhi kemalasan dan ketidakberdayaan. Tinggalkan kekosongan dan pengangguran.

-        Perbaharuilah hidup anda. Jadikan hidup anda lebih bervariasi,. Ubahlah rutinitas hidup anda.

-        Jauhi dan kurangi makanan-makanan perangsang, misalnya kopi, teh, dan berhati-hatilah terhadap rokok, syisya, dan yang lainnya.

-        Perhatikan kebersihan pakaian. Perhatikan bau badan. Perhatikan penampilan luar. Jangan lupa menggosok gigi dan memakai parfum.

-        Ingatlah bahwa Allah sangat luas ampunan-Nya, menerima taubat, mengampuni hamba-hamba-Nya, dan menggantikan kejahatan dengan kebaikan.

-        Maafkanlah orang yang telah melakukan kezaliman kepada anda. Sambungkanlah tali silaturahmi  orang yang memutuskan tali silaturahmi dengan anda. Berilah orang yang tidak pernah memberi kepada anda. Bersabarlah terhadap orang yang berbuat jahat kepada anda, niscaya anda akan memperoleh rasa bahagia dan aman dalam diri anda.

-        Terimalah bentuk wajah, bakat, pemasukan, dan keluarga dengan kelegaan hati, niscaya anda akan mendapatkan ketenteraman dan kebahagiaan.

-        Ketahuilah, bahwa setelah kesulitan itu akan ada kemudahan, dan setelah kesulitan itu akan ada jalan keluar. Ketahuilah, bahwa keadaan seseorang itu tidak akan tetap selamanya. Hari-hari itu akan senantiasa bergulir.

-        Optimislah, jangan pernah berputus asa dan menyerah tanpa usaha. Berbaik-sangkalah kepada Allah. Dan, tunggulah segala kebaikan dan keindahan dari-Nya.

-        Ujian itu akan mendekatkan jarak antara diri anda dengan Rabb, akan mengajarkan kepada diri anda bagaimana berdoa, dan akan menghilangkan kesombongan, ujub, dan rasa bangga diri dari diri anda.

-        Berbuat baiklah kepada sesama, dan baktikan kebaikan kepada semua orang agar anda akan mendapatkan kebahagiaan dari menjenguk orang sakit, dari memberi sesuatu kepada orang yang membutuhkan, dan dari  mengasihi anak yatim.

-        Jauhilah buruk sangka, buanglah angan-angan, khayalan-khayalan yang merusak, dan pikiran=pikiran yang sakit.

-        Ketahuilah bahwa anda bukan satu-satunya orang yang mendapat ujian. Tidak seorangpun yang lepas dari kesedihan,  dan tidak seorangpun luput dari kesulitan.

-        Yakinlah bahwa dunia ini adalah tempat cobaan, ujian, tantangan, dan kesedihan. Karena itu, terimalah ia apa adanya dan mintalah pertolongan kepada Allah.

-        Jadilah sosok pemberani yang berhati teguh dan berjiwa kuat. Anda memiliki semangat dan tekad. Jangan sekali-kali anda termakan oleh rumor dan cerita-cerita yang tidak benar.

-        Jadilah orang dermawan, sebab orang yang dermawan hatinya akan selalu lapang dan jiwanya luas. Sedangkan orang yang pelit hatinya sempit dan nuraninya kotor.

-        Tersenyumlah kepada siapa saja, niscaya anda akan mendapatkan cinta kasih mereka. Haluskanlah tutur kata anda niscaya mereka akan mencintaimu. Dan, rendahkan hati kepada mereka niscaya mereka akan menghormati anda.

-        Balaslah perbuatan yang baik dengan yang lebih baik. Berbuat baiklah kepada sesama, padamkan semua api permusuhan, berdamailah dengan musuh, dan perbanyaklah teman.

-        Pintu kebahagiaan terbesar adalah doa kedua orang tua. Berusahalah mendapatkan doa itu dengan berbakti kepada mereka berdua agar doa mereka menjadi benteng yang kuat yang menjaga anda dari semua hal yang tidak anda sukai.

-        Jangan hidup dalam idealisme-idealisme, tapi hiduplah dengan realita. Sebab, dengan hidup dalam idealisme, sama saja dengan anda menginginkan dari orang lain apa yang tidak dapat anda lakukan. Karena itu, jadilah orang yang obyektif (dalam melihat kenyataan).

-        Rencanakanlah pekerjaan-pekerjaan itu, jangan menggabungkannya dalam satu waktu. Rencanakanlah pekerjaan-pekerjaan yang akan anda kerjakan dalam satu rentang waktu tertentu, dan luangkanlah beberapa waktu diantaranya untuk istirahat agar optimal.

-        Maksimalkan bakat yang diberikan kepada diri anda, ilmu yang anda sukai, rezeki yang dikaruniakan kepada diri anda, dan pekerjaan yang cocok untuk anda.

-        Berpakaianlah secara sederhana, bukan cara berpakaian orang-orang yang berlebih-lebihan, juga bukan meniru pakaian orang-orang (maaf) gembel. Jangan mencari popularitas dengan pakaian seperti umumnya orang.

-        Jangan mudah marah, sebab marah hanya akan merusak keadaan jiwa, merubah perilaku, memperburuk pergaulan, merusak cinta, dan memutuskan tali silaturahmi.

-        Sekali waktu lakukanlah perjalanan untuk menyegarkan kembali suasana hidup, untuk melihat perihal dunia diluar dunianya, untuk melihat hal-hal baru, negeri-negeri yang lain. Perjalanan adalah sebuah kenikmatan tersendiri.

-        Hindari kata pengandaian “jika … maka nanti akan …” , menangguhkan pekerjaan, dan menunda-nunda kewajiban. Sebab ini merupakan tanda kegagalan.

-        Buanglah sikap ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Jangan bersikap plin-plan. Tapi, bersemangatlah, bulatkan tekad, dan maju.

-        Jangan sia-siakan usia anda dengan sering gonta-ganti profesi, spesialisasi, dan pekerjaan. Sikap suka bergonta-ganti seperti ini menunjukan bahwa anda tidak pernah sukses dalam hal apapun.

-        Biasakanlah untuk mengeluarkan sedekah meski hanya sedikit, karena sedekah akan memadamkan api kesalahan, menggembirakan hati, menghilangkan keresahan, dan akan menambah rezeki.

-        Jadilah sosok yang berpandangan luas. Berusahalah untuk memaafkan siapa saja yang berbuat jahat kepadamu agar anda bisa menikmati hidup ini dengan damai dan tenang.

-        Makanlah dengan teratur. Makanlah makanan yang berguna, jangan terlalu kenyang, dan jangan tidur dalam keadaan kenyang.

-        Setelah lapar akan datang kenyang, dan setelah dahaga akan datang kesegaran, setelah sakit pasti ada kesembuhan, setelah kefakiran akan datang kekayaan, dan kesedihan itu selalu dibarengi oleh kebahagiaan. Inilah sunatullah yang tidak bisa diganggu gugat.

-        Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah, dan jangan lupa pertolongan Allah, sebab pertolongan Allah akan turun sesuai dengan tingkat kesulitannya.

-        Hindari kebisingan dan hiruk pikuk di dalam rumah dan kantor anda. Sebab, diantara tanda-tanda kebahagiaan adalah ketenangan, kedamaian, dan keteraturan.

-        Barang siapa memiliki tata krama yang banyak dan baik, perasaan yang sehat, dan akhlak yang mulia, maka dia akan membuat dirinya dan orang lain berbahagia, dan akan mendapatkan hati yang tenang dan kondisi jiwa yang sejuk.

-        Adalah bagian dari kebahagiaan, kemampuan untuk mengatasi rintangan dan kesulitan. Nikmatnya kemenangan tidak bisa dibandingkan dengan kenikmatan apapun, dan kegembiraan yang disebabkan oleh keberhasilan tidak bisa disamakan dengan kegembiraan manapun.

-        Orang yang memahami arti kesahajaan, maka akan memahami pula arti kebahagiaan. Orang yang menempuh jalan pertengahan, maka akan mencapai kemenangan. Dan, orang yang mengikuti cara-cara yang mudah, maka akan mendapatkan keberuntungan.

-        Seni yang berupa usaha untuk melupakan sesuatu yang tidak disenangi adalah kenikmatan, usaha untuk mengingat-ingat nikmat adalah kebaikan, dan usaha untuk melupakan cela orang lain adalah keutamaan.

-        Senyum adalah kunci kebahagiaan. Cinta adalah pintunya. Kegembiraan adalah taman bunganya. Iman adalah cahayanya. Dan keamanan adalah temboknya.

-        Kebahagiaan adalah bersikap yang sewajarnya, tidak menelan bayang-bayang, dan membuang semua kekhawatiran di dalam hati.

Itulah uraian seputar tips hidup sehat agar menjadi orang yang bahagia dari buku La Tahzan, sebuah buku yang sangat inspiratif dan fenomenal. Kesehatan dan kebahagiaan adalah hak dasar setiap individu. Dan tips hidup sehat diatas semoga menjadi sarana menuju hak dasar itu.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.