6 Cara Merawat Kacamata Yang Baik

Kacamata yang bersih, terawat dan bentuknya in frame sesuai tipe wajah pemakainya, pastilah menjadi kacamata idaman setiap orang. Sebaliknya kacamata yang kusam, banyak goresan, frame yang tidak matching dan bengkok kesana-kemari tentu akan dijauhi. Kacamata seharusnya memang selalu bersih dan terawat dengan baik. Sebab, selain sebagai alat bantu penglihatan, kacamata adalah juga atalase penting dari personality kita sebagai pemakainya.

tips memilih kacamataBagaimana sih cara merawat kacamata yang baik ? Tips dibawah ini mungkin dapat membantu anda dalam merawat kacamata agar senantiasa awet, bersih dan terawat :

1. Membersihkan lensa kacamata dengan cairan

Membersihkan lensa kacamata harus selalu dalam keadaan basah. Jangan pernah membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering. Pakailah pembersih lensa khusus (lens cleaner) atau campuran air dan sabun. Membersihkan lensa kacamata jangan memakai hembusan nafas anda. Selain jorok, hal tersebut tidak dapat membasahi lensa kacamata.

2. Membersihkan lensa kacamata dengan kain lembut

Saat membeli kacamata kita selalu mendapat seuntai kain kecil yang khusus untuk membersihkan kacamata. Gunakan kain tersebut, jangan memakai produk kertas apalagi memakai baju anda dalam membersihkan lensa kacamata. Kain khusus pembersih kacamata ini bisa kita beli di optik terdekat.

3. Hindari kacamata dari bahan kimia atau panas

Kacamata perlu dijauhkan dari bahan kimia berbahaya dan tempat panas. Misalnya saat berada di sauna ataupun dijauhkan dari dashboard mobil.

4. Menyetel kacamata anda secara berkala ke Optik

Usahakan menyetel kacamata secara berkala ke optik. Selain itu dalam mengenakan kacamata dan melepas kacamata harus dengan benar. Gunakan kedua tangan untuk memegang gagang kacamata dan melepasnya dengan hati-hati dari telinga anda.

5. Konsultasi ke ahli kacamata atau dokter

Bila Anda menemui masalah seperti penglihatan yang semakin kabur dengan kacamata anda, konsultasikan hal itu ke dokter atau pun ahli kacamata. Mungkin sudah waktunya bagi anda mengubah ukuran kacamata anda.

6. Simpan kacamata pada tempatnya

Bila kacamata tidak sedang dipakai, simpanlah pada tempatnya. Jangan asal taruh.

Mungkin merawat kacamata adalah hal simpel yang sering terlewatkan oleh kita. Namun bila perawatan yang simpel ini berdampak positif buat penampilan kita, mengapa juga harus kita lewatkan, betul ?

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.