13 Tips Mengatasi Bahaya Radiasi HP

bahaya radiasi Hp pada anak balitaPengertian radiasi

Apa itu radiasi ? Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu ruang atau materi dalam bentuk panas, partikel, ataupun gelombang elektro magnetic / cahaya (foton) dari sumber radiasi. Secara umum radiasi banyak dihasilkan oleh berbagai peralatan elektronik atau peralatan listrik di sekitar kita, seperti televisi, lampu penerangan, microwave, komputer, hp dan smartpnone dll.

Kemajuan teknologi selalu menghasilkan dua hal yaitu manfaat dan mudharat, termasuk Hp atau ponsel. Bahaya radiasi Hp adalah salah satu mudharat dari keberadaan Hp ini.  Dalam sebuah panel diskusi yang digagas WHO disimpulkan bahwa telepon seluler atau hp ini bersifat karsinogenik. Sehingga diperlukan strategi dan edukasi untuk mengatasi bahaya radiasi hand phone bagi kesehatan manusia.

Efek negatif radiasi hp bagi kesehatan

Bahaya atau efek negatif radiasi Hp ditengarai bisa menimbulkan sejumlah penyakit dan kelainan kesehatan misalnya, tumor otak, kanker, Alzheimer, Parkinson, kecapaian (fatigue), dan sakit kepala.

Tumor otak merupakan sejenis penyakit tumor yang menyerang otak dan sulit dideteksi secara dini. Biasanya tumor otak menyerang orang dewasa atau usia produkstif, meskipun begitu pada dasarnya penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Karena otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting maka penyakit ini dapat mengganggu organ lain dalam waktu singkat.

Kanker adalah sejenis penyakit yang ditimbulkan oleh sel yang tumbuh / membelah diri secara tidak wajar dan tidak terkendali, dan menyerang jaringan di sekitarnya atau jaringan di tempat lain dengan melalui aliran darah.

Alzheimer adalah sejenis penyakit neurologis yang ditandai dengan menurunnya kemampuan daya ingat dan kemampuan menilai sesuatu, dan penurunan tersebut sangat mempengaruhi perilaku serta aktifitasnya sehari-hari.

Parkinson adalah sejenis penyakit degeneratif yang menyerang system saraf pusat sehingga mengganggu system motorik. Penderita Parkinson biasanya mengalami kaku otot, sulit berjalan, tremor, masalah keseimbangan serta gerakan menjadi lambat.

Mengatasi bahaya radiasi Hp

Untuk mengatasi bahaya radiasi Hp dibawah ini beberapa tips yang perlu diketahui :

  1. Mengaktifkan speaker. Memakai speaker saat menelepon atau menerima panggilan akan mengurangi energi atau tingkat bahaya radiasi Hp-nya. Demikian juga, semakin jauh anda dari antena Hp, akan semakin rendah tingkat radiasinya. Kabel headset pada banyak ponsel juga bisa bertindak sebagai antena, dan dapat mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik ke pengguna Hp. Karena itu bijaksanalah dalam memakai kabel headset.
  2. Lebih baik SMS. Bila anda terbiasa dengan SMS-ria, sekarang anda punya alasan kuat untuk memaksimalkan kebiasaan anda tersebut. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi hand phone, dan menjaga jarak Hp dari kepala dan tubuh kita.
  3. Setting ke mode off line. Waktu Hp tidak dipakai, jangan lupa untuk mematikannya. Atau, setting menjadi offline, stand alone, atau flight mode, yang akan mematikan transmitter-nya namun masih memungkinkan Anda untuk menggunakan Hp untuk main game atau mendengarkan musik, serta membuka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet.
  4. Memakai HP sebaiknya di ruang yang luas. Ketika berada di lift yang sempit, mobil atau kendaraan, batasi penggunaan telepon seluler. Jangan memakai Hp saat mengemudi, karena akan membahayakan keselamatan anda maupun pengguna jalan raya lainnya.
  5. Lihat indikator penerimaan sinyal. Kurangi memakai Hp saat indikator penerimaan sinyalnya lemah, atau ketika anda sedang berada dalam kendaraan yang melaju kencang termasuk kereta api. HP akan meningkatkan kekuatan penerimaan sinyal hingga maksimal, karena ponsel selalu mencari sinyal ke antena relay yang baru.
  6. Memakai telinga secara bergantian. Jika anda diharuskan menelepon dalam jangka waktu lama, cobalah memakai telinga kiri dan telinga kanan bergantian secara berulang kali. Hal ini bisa membatasi paparan bahaya radiasi Hp pada satu sisi kepala saja, yang sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telinga yang sering digunakan untuk mendengarkan ponsel. Bila diibaratkandengan olahraga berjalan atau lari, semakin jauh berjalan akan terasa capek dan otot pegal. Demikian pula menelepon, ada masanya untuk istirahat bagi otot pendengaran
  7. Menelepon seperlunya saja. Sebaiknya menelepon dengan Hp singkat dan seperlunya saja. Cukup untuk mengatur jadwal bertemu dengan nasabah, atau mengingatkan anak untuk belajar, misalnya. Jika anda ingin ngobrol dengan teman lama yang baru ketemu di jejaring social facebook atau twitter, sebaiknya memakai telepon rumah. Hmm, kelihatannya sepele, tapi ini bisa mengurangi bahaya radiasi Hp. Perlu diingat, risiko tumor otak dimulai pada tingkat paparan kumulatif yang relatif rendah.
  8. Mengurangi pemakaian Smartphone. Perangkat smartphone seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada Hp biasa. Smartphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mengurangi bahaya radiasi Hp.
  9. Hp jangan langsung ditempel ditelinga,  jika koneksi belum tersambung. Setelah menekan tombol nomor Hp yang dituju, tunggu beberapa saat sampai ada indikator tersambung.  Saat itu, ponsel itu sedang mengirimkan sinyalnya yang terkuat karena sedang berusaha untuk terkoneksi.
  10. Dalam suatu penelitian, diketahui bahwa pria yang membawa telepon selulernya di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan ponselnya di saku celana. Setiap bagian dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah diserang. Jadi jangan kantungi handphone jika tak ingin terkena bahaya radiasinya.
  11. Malam hari sebaiknya HP dimatikan. Jika tetap menyala, sebaiknya diletakkan di luar kamar tidur, agar gelombang elektromagnetik tidak menyerang organ otak manusia.
  12. Jauhi anak balita dari Hp. Anak-anak usia dibawah 8 tahun sangat riskan terhadap bahaya radiasi handphone ini, sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan ponsel.
  13. Gunakan tutup (casing) anti radiasi Hp. Di pasaran sekarang ini banyak ditawarkan berbagai produk untuk mengurangi bahaya radiasi Hp, mulai dari stiker anti radiasi hp hingga casing khusus untuk smartphone yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing anti radiasi handphone mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.
stiker anti radiasi hp

Klik gambar untuk detail informasi

Alat anti radiasi hp

Untuk mengurangi efek negatif radiasi hp, sekarang ini di masyarakat banyak dijual perangkat anti radiasi. Menurut klaim produsennya alat anti radiasi ini bisa mengurangi tingkat radiasi yang dipancarkan oleh berbagai perangkat elektronik atau gadget. Alat tersebut ada yang berupa casing ataupun sticker yang ditempelkan pada gadget atau perangkat elektronik. Perangkat anti radiasi yang bagus mampu menurunkan tingkat radiasi secara cukup signifikan. Salah satu contoh alat anti radiasi adalah seperti pada gambar diatas (klik disini atau klik gambar untuk informasi dan detailnya).

Akhirnya, sebagai sebuah produk teknologi, Hp yang ada di pasaran tentu telah melalui serangkaian uji quality control yang ketat. Beberapa institusi juga menyatakan bahwa radiasi dari penggunan Hp tidak berbahaya. Namun tak ada salahnya bagi kita untuk aware dan bijak dalam pemakaian handphone ini, termasuk untuk selalu mengedukasi masyarakat agar terhindar dari bahaya radiasi Hp.

19 thoughts on “13 Tips Mengatasi Bahaya Radiasi HP

    • Radiasi hp sepengetahuan kami nggak ada hubungannya sama masa tenggang kartu, melainkan hp itu sendiri sebagai bagian dari perangkat elektronik.

    • Pada dasarnya setiap perangkat elektronik jika digunakan bisa memancarkan radiasi.
      Hp yang digunakan hanya sebatas mendengarkan musik radiasinya pasti lebih kecil dibandingkan jika sedang dipakai untuk telepon.

  1. Hi Admin,dan semua pembaca. 13 tip diatas sangat bisa menjadi pertimbangkan. Dan saya akan memberikan sedikit masukan pada semua. Seperti juga di bahas admin, semua peralatan electronik akan menimbulkan radiasi, dan berbahaya. Tetapi masalahnya dijaman sekarang kita sulit hidup tanpa peralatan komunikaasi. sedikit saya akan berbagi informasi.
    Tubuh kita terdisi dari organ organ tubu, organ oragan tubuh terdiri dari jaringan jaringan, jaringan terdiri dari cel-cel, cel terdiri dari atom atom , dan atom terdiri dari Eletron, proton dan Neautron ( tak berbentuk=ZeroPoint). Dan tiga unsur itu adalah sumber energy tubuh. Radiasi mempengaruhi tiga unsur tersebut dan berdampak melemahnya energy tubuh kita, mengakibatkan kemampuan tubuh menurun. Itulah sebabnya saat ini peningkatan penyakit sangat signifikan ( penyakit tidak menular , 60% penyakit tidak menular) seperti , asam urat, stress, darah tinggi, kolesterol, stroke, jantung, gagal ginjal, diabet, dll. Penyakit tersebut bila di sembuhkan dengan obat obat kimia akan terus menerus berobat ( sembuh dan kumat).
    Karena asal muasal penyakit tersebut dari dari melelahnya energy tubuh, maka solusinya adalah meningkatkan energy tubuh. Saat ini setelah di lakukan penelitian lebih dari 30 tahun berhasil menciptakan alat untuk meningkatka energy tubuh yang berasal dari bahan dasras mineral alam yang kuat yang bisa menciptakan energy alam dan di pancarkan ke cell tubuh kita. Alat ini sangat efective dan aman untuk pencegahan, dan penyembuhan.
    untuk informasi dan konsultasi teman teman bisa menghubungi email saya mahmiludin@gmail.com.

    Semoga kita tetap sehat selalau

  2. Di sekolahan saya di MA AL-AMIN Sekampung Udik,Lampung Timur ,Lampung
    sudah di adakan penyuluhan dengan dampak dari radiasi sinyal handphone
    ternyata radiasi itu bisa menyebabkan tumor otak

    pada saat itu di lakukan tes .untuk mengetahui dasyatnya radiasi sinyal handphone
    dalam tes itu , kita menggunakan 3 handphone tipe smartphone ,dan 4 butir biji jagung

    4 biji jagung di taruh di tengah , dan 3 HP martphone di taruh mengelilingi biji jagung dengan kepala HP dekat jagung .jarak 10Cm ….kmudian 3 hp di miscall
    apa yg terjadi ? … 4 biji jagung itu meledak. berubah menjadi popcorn

  3. izin menambahkan sedikit,,, sambil makanan yang bergizi. minimal 1 butir telur perhari.. karena bahaya radiasi masih bisa kita kontrol, asal kita bijak dalam penggunaannya. makasih admin atas sarannya

  4. saya mau bikin iklan layanan masyarakat berupa video yang berdurasi 2 menit membahas tentang bahaya radiasi smartphone..ada yang bisa kasih referensi konsep videonya ??
    terimakasih :)

  5. Tidak banyak orang yang peduli akan bahaya Radiasi, karna dari sisi Industri Ponsel sendiri sudah mengklaim bahwa yang namanya Radiasi itu tidak bisa dihilangkan, bisa untuk dikurangi,tapi itu adalah tekhnologi yang sangat mahal, dan tidak mungkin mereka gunakan untuk HP yang dijual di pasaran. makanya HP dengan SAR rendah pasti harganya lebih mahal. dan kesalahan dari berbagai anti Radiasi yang ada di pasaran adalah karna mereka mengklaim bisa menurunkan sampai 90% Radiasi, dan itu sudah hal yang tidak mungkin, dengan harga yang bisa dibilang murah dengan hasil yang sangat menakjubkan. ada satu anti Radiasi yang tidak mengklaim bisa menurunkan apalagi menghilangkan Radiasi, karna emang bukan begitu cara kerjanya, cara kerjanya adalah melindungi atau mencegah penyerapan Radiasi oleh sel sel tubuh,jadi intinya adalah melindungi si pemakainya bukan melindungi HP nya.

  6. Salam Hormat,
    Disini saya akan berbagi tentang informasi kesehatan, sebelum saya memulai izinkan saya bertanya terlebih dahulu, Apa yang terbesit di benak anda saat mendengar tentang kata Radiasi? Radiasi yang saya maksud disini adalah Radiasi Elektromagnetik yang berasal dari Perangkat Nirkabel seperti Ponsel ( HP ), Tablet, dan Perangkat Sejenis Lainnya.
    Kenapa Radiasi Elektromagnetik? karena sekarang ini bisa dibilang hampir semua orang menggunakan Perangkat Komunikasi Nirkabel seperti Ponsel ( HP ) atau Tablet, tapi tidak banyak diantara mereka yang tahu akan dampak buruk dari Perangkat yang mereka gunakan tersebut, kebanyakan orang tahu bahaya Radiasi adalah Kanker, padahal Kanker adalah efek jangka panjang dari paparan Radiasi Elektromagnetik.
    Efek Radiasi bersifat Kumulatif, artinya semakin dini dan semakin lama seseorang terkena paparan Radiasi maka efek buruknya pun semakin besar. Kanker adalah efek jangka panjang dari paparan Radiasi, Dokter ahli kanker menyatakan bahwa 5% penyebab Kanker adalah faktor keturunan, dan sisanya adalah pengaruh polusi lingkungan, polusi lingkungan terbesar saat ini adalah Radiasi dari Perangkat Nirkabel, terlebih di kota – kota besar dengan tingkat penggunaan Perangkat Nirkabel yang sangat tinggi. Polusi Radiasi adalah polusi yang paling berbahaya, kenapa? karena polusi ini tidak terlihat atau tercium aromanya, dan kulit kita juga tidak bisa merasakanya, bagaimana kita bisa menghindar atau berlindung dari sesuatu yang kita sendiri tidak bisa melihatnya, mencium aromanya, atau merasakannya?.
    Saat kita berpikir tentang Radiasi penyebab Kanker kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa Radiasi tersebut aman, wajar karena memang tidak semua pengguna Perangkat Nirkabel terkena Kanker, karena Kanker adalah efek jangka panjang, butuh waktu 10 – 30 tahun untuk Radiasi bisa menyebabkan kanker, bagaimana dengan efek jangka pendeknya? inilah yang sudah bisa kita rasakan sekarang, terutama bagi kita yang masuk kategori pengguna Perangkat Nirkabel atau kita yang tinggal di lingkungan dengan tingkat paparan Radiasi yang tinggi, kita tidak perlu menjadi pengguna Perangkat Nirkabel untuk terkena paparan Radiasi,karena sudah banyak orang – orang disekitar kita yang menggunakan Perangkat tersebut.
    Efek jangka pendek dari Radiasi yang bisa kita rasakan diantaranya adalah :

    1 : Melemahnya Daya Ingat
    Pernahkah anda mengalami suatu kejadian dimana anda pergi atau berjalan ke suatu tempat dengan tujuan tertentu dan giliran sudah tiba ditempat tersebut anda lupa akan tujuan anda? padahal tempat yang dituju bukanlah tempat yang jauh, misalnya dari kamar tidur ke dapur. Kalau anda mengalami hal tersebut disaat usia anda dibawah 60 tahun itu tandanya kemungkinan besar bahwa Paparan Radiasi sudah melemahkan daya ingat anda, karena secara alami hal tersebut tidak akan terjadi sebelum usia kita menginjak 60th.

    2 : Menurunnya Daya Pendengaran
    Coba anda bandingkan sensitifitas pendengaran kita antara telinga yang biasa kita gunakan untuk menelepon dan yang tidak, dengan cara mendengarkan musik atau suara2 yang lain sambil menutup salah satu telinga kita, bisa dipastikan bahwa sisi telinga yang biasa kita gunakan untuk menelepon lebih lemah. hal itu terjadi karena Radiasi bisa melemahkan syaraf – syaraf pendengaran.

    3 : Susah Tidur
    Radiasi Perangkat Nirkabel menghambat produksi hormon Melatonin, Melatonin adalah hormon yang mempunyai beberapa fungsi utama, salah satunya adalah mengatur siklus tidur dan bangun seseorang, secara alami hormon Melatonin di produksi lebih banyak di waktu malam hari, dan sedikit di waktu siang hari, saat kita terkena paparan Radiasi bisa terjadi kebalikanya, akibatnya kita akan mengalami yang namanya susah tidur, atau kualitas tidur kita yang kurang. secara alami kita butuh waktu istirahat atau tidur yang cukup dan berkwalitas, untuk memberi waktu kepada sel sel tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.
    Banyak orang yang tidur dengan membawa Perangkat Nirkabel nya, dan mereka mengalami gangguan tidur atau kwalitas tidur yang buruk, banyak dari mereka yang tidak menyadari bahwa Radiasi dari perangkat tersebut mempengaruhi kwalitas tidur mereka, karena kenyataanya mereka tetap bisa tidur. Pernahkah saat tidur anda mengalami seperti terjatuh dari ketinggian atau jatuh dari kendaraan kemudian kaget dan terbangun, fenomena tersebut disebut dengan istilah hypnic jerk atau Sentakkan Hypnic atau sleep starts. Artinya adalah gerakan terkejut yang sangat tiba-tiba dan terjadi saat tidur, sampai membuat seseorang terjaga dan berdebar-debar. hal tersebut tidak akan terjadi kalau anda mempunyai kwalitas tidur yang bagus, jadi kejadian tersebut bisa sebagai tolak ukur untuk mengetahui kwalitas tidur kita.
    Selain berfungsi sebagai pengatur siklus tidur dan bangunnya seseorang, hormon Melatonin juga berfungsi sebagai antioksidan dan memperkuat sistem imun tubuh.

    3 : Radiasi Penyebab Stress
    Saat kita mengalami susah tidur atau kwalitas tidur kita buruk, hal yang akan terjadi adalah stress, saat tubuh kita mengalami peristiwa stress beberapa hormon yang disebut hormon stress akan dilepaskan kedalam aliran darah oleh kelenjar Adrenal.
    salah satu hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal adalah Adrenalin, bisa dibilang kita sudah akrab dengan namanya hormon adrenalin, adrenalin mempunyai fungsi antara lain : Meningkatkan denyut jantung, Meningkatkan aliran darah, Kontraksi otot dan pernapasan, hal ini tidak akan berbahaya bila terjadi sesekali, tapi bila hal tersebut sering kita alami tentu akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan kita.
    Saat kita sedang sakit dan stress kemudian kita pergi ke dokter pasti dokter tersebut akan menyarankan kita menghilangkan stress kita terlebih dahulu sebelum menjalani pengobatan, karena obat yang kita konsumsi tidak akan bekerja maksimal bahkan mungkin tidak akan bekerja samasekali kalau kita sendiri masih dalam keadaan stress. Selain itu kita juga tahu bahwa stress adalah sumber dari segala penyakit.
    Hormon kedua yang dilepaskan kelenjar adrenal adalah Kortisol, secara umum hormon Kortisol berfungsi untuk memelihara sistem dalam tubuh manusia. saat tubuh mengalami peristiwa stress baik secara mental atau fisik secara terus menerus maka produksi hormon Kortisol juga semakin meningkat, akibat tingginya hormon Kortisol dapat menekan sistem kekebalan tubuh, kadar gula dalam darah meningkat. dan akibat dari kondisi stress yang terus menerus akhirnya kelenjar adrenal menjadi lemah dan letih yang berarti tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar, akibatnya kemampuan untuk merespon stress juga terganggu, efek yang ditimbulkan antara lain, Gampang marah, Cepat lelah, Tekanan darah tinggi, Kehilangan kontrol kadar gula dalam darah, Menurunya nafsu makan, Dll.

    4: Radiasi Bagi Anak – Anak
    Dikarenakan efek Radiasi bersifat kumulatif maka bisa dipastikan bahwa anak – anak yang sekarang sudah mulai menggunakan Perangkat Nirkabel akan lebih berpotensi untuk terkena dampak buruk Radiasi kelak di saat mereka dewasa.
    Secara fisik pun anak – anak lebih rentan dibanding orang dewasa, anak – anak menyerap 2 kali lipat jumlah Radiasi dibandingkan orang dewasa, dengan resiko 10 kali lipat lebih besar dibanding orang dewasa, hal ini bisa terjadi karena kepala anak – anak yang lebih kecil tapi berisi jumlah cairan lebih banyak, cairan tersebut bersifat dan berfungsi sebagai konduktor yang bisa menghantarkan Radiasi Elektromagnetik.

    Hal – hal diatas adalah sebagian kecil dari beberapa efek buruk Radiasi dan merupakan efek jangka pendek dari Radiasi. Semakin lama kita terkena paparan Radiasi maka kemungkinan terkena dampak buruknya pun semakin besar.
    Menjaga kesehatan kita sendiri adalah salah satu cara kita bersyukur terhadap apa yang Tuhan anugerahkan kepada kita.
    Kemajuan tekhnologi menawarkan kita kehidupan yang lebih baik, dan kita dituntut untuk lebih hati – hati dalam memilih tekhnologi yang akan kita gunakan, tidak ada jaminan bahwa barang – barang yang legal selalu aman untuk kesehatan kita.

  7. Maaf sekedar untuk menambahkan di poin 13. Penggunaan Casing Anti Radiasi atau Stiker Anti Radiasi, pastikan bahwa anda memilih produk yang tepat, pastikan bahwa produk yang anda pilih sudah teruji dan bersertifikat internasional, kenapa harus sertifikat internasional? karena saat melakukan pengajuan sertifikasi pasti dilakukan uji coba di laboratorium, dan kalau badan yang menguji adalah badan tes berskala internasional sudah pasti di dukung dengan tenaga tenaga yang profesional, dan juga kemungkinan untuk berhadapan dengan pihak produsen HP juga lebih besar, banyak produk anti radiasi yang dibilang palsu oleh industri Ponsel, karena memang tidak terbukti. hal yang terjadi malah sebaliknya, mereka mengklaim bahwa mereka bisa menurunkan radiasi, tapi kenyataanya justru radiasinya malah semakin besar, kenapa bisa begitu? karena dengan Radiasinya diturunkan, otomatis sinyal juga turun, Ponsel atau Perangkat dipaksa untuk terus terhubung dengan jaringan dengan menggunakan daya yang lebih besar, semakin besar daya yang digunakan, semakin besar pula radiasi yang dihasilkan, jadi tetaplah berhati- hati saat memilih produk jenis anti Radiasi.
    Terimakasih

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan.