«

»

Dec 07 2011

10 Penyebab Penyakit Osteoporosis

Di Indonesia penyakit osteoporosis sering disebut sebagai penyakit keropos tulang. Penyakit osteoporosis adalah penyakit pembunuh nomor tiga di dunia setelah penyakit jantung dan penyakit kanker. Penyakit osteoporosis sering juga disebut sebagai the silent killer,  karena banyak orang yang tidak mengetahui tanda-tanda dan gejala penyakit osteoporosis, maupun proses berjangkitnya penyakit ini sampai penderita meninggal dunia.

Berikut ini beberapa penyebab penyakit osteoporosis yang patut Anda ketahui :

1. Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium terutama di masa  kecil hingga remaja,  saat pembentukan masa tulang maksimal dapat menjadi penyebab  utama penyakit osteoporosis.

2. Faktor Keturunan

Bila salah seorang anggota keluarga Anda menderita osteoporosis, misalnya kakek, nenek, atau ibu Anda tampak lebih pendek bungkuk seiring dengan pertambahan usia, maka kemungkinan  besar 80% terkena osteoporosis, sedangkan sisanya tergantung pada olahraga dan pola makan sehari-hari.

3. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang / penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D sangat jarang diderita penduduk Indonesia karena selalu mendapatkan sinar matahari.

4. Gangguan Fisiologi

Penyakit pada usus kecil, hati, dan pangkreas serta factor gaya hidup yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok dapat mengurangi penyerapan kalsium.

5. Kafein

Mengkonsumsi kafein atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan soft drink secara berlebihan juga dapat meningkatkan pengeluaran air seni dan tinja serta melarutkan kalsium sehingga terjadilah kekurangan kalsium.

6. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal seperti kasus menopause dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membentuk tulang. Dengan menurunnya kadar estrogen, maka pembentukan tulang pada wanita penderita menopause tidak efisien lagi.

7. Kurang Bergerak

Penurunan masa tulang dapat terjadi bila kurang bergerak sehingga dapat memperparah osteoporosis. Ini terjadi pada seseorang yang duduk di kursi roda atau beristirahat di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama.

8. Salah diet

Kalau Anda melakukan diet yang salah dan terlalu ketat, sehingga tidak hanya membatasi asupan makanan sumber energi tetapi juga makanan sumber vitamin-mineral. Tandanya : Penurunan berat badan, mudah terserang influenza, kulit kasar, bibir kering, badan loyo dan disertai mata berkunang-kunang, tidur tidak nyenyak dan bangun tidur tidak terasa segar.

9. Stress

Jangan pernah Anda menumpuk masalah dan memikirkannya sendiri sehingga Anda stress dan tak mudah melepaskan diri dari beban pikiran yang menekan.

10. Uban dini

Hati-hati apabila rambut Anda sudah tampak memutih lebih awal dari pada orang lain seusia Anda , maka Anda dapat terkena resiko penyakit osteoporosis.

1 comment

  1. salamov

    Info sangat bermanfaat, sukses selalu gan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>